Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keunggulan Hasil Serta Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dalam Bidang Geologi, Industri Migas, Perencanaan Kota, Kehutanan, Arkeologi Dan Militer

Berikut ini akan dijelaskan terkena penginderaan jauh, manfaat penginderaan jauh, manfaat gambaran penginderaan jauh, manfaat penginderaan jauh bagi kondisi lingkungan hidup, memanfaatkan gambaran penginderaan jauh, keunggulan penginderaan jauh.


Hasil-Hasil Pengindraan Jauh dan Manfaatnya

Baik diukur dari segi jumlah maupun segi frekuensinya, pada empat dasawarsa terakhir ini penerapan pengindraan jauh mengatakan adanya peningkatan yang sangat pesat. Kenyataan ini tentunya dilandasi oleh banyak sekali alasan di antaranya ibarat diberikut ini.
  1. Citra atau hasil rekamannya menggambarkan objek yang: a. wujud dan letak dan posisinya ibarat dengan sebenarnya; b. relatif lengkap; c. mencakup tempat yang luas; serta d. permguan.
  2. Jenis gambaran tertentu sanggup memperoleh gambar tiga dimensi apabila pengamatannya dilakukan dengan stereoskop.
  3. Objek yang tidak tampak sanggup diwujudkan dalam bentuk gambaran sehingga objek tersebut sanggup dikenali.
  4. Citra sanggup dibentuk secara cepat meskipun secara terestrial objeknya sukar dijelajahi.
  5. Pengindraan jauh ialah satu-satunya cara yang efektif untuk pemetaan tempat bencana.
  6. Citra ialah alat yang sangat efektif untuk memantau perubahan yang cepat, ibarat pembukaan hutan, pemekaran kota, perubahan kualitas lingkungan, dan ekspansi lahan garapan.

melaluiataubersamaini banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh teknologi pengindraan jauh yang mulanya spesialuntuk digunakan dalam bidang kemiliteran, kini bidang-bidang lain, ibarat geologi, industri migas, perencanaan kota, kehutanan, dan arkeologi turut pula memanfaatkannya.

Pemanfaatan Pengindraan Jauh dalam Bidang Geologi

Pakar geologi, khususnya yang berkaitan dengan penanggulangan peristiwa alam, memerlukan isu dari teknologi ini untuk mengetahui/ memperkirakan potensi dan melokalisasi tempat rawan bencana.

 Berikut ini akan dijelaskan terkena penginderaan jauh Keunggulan Hasil Serta Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dalam Bidang Geologi, Industri Migas, Perencanaan Kota, Kehutanan, Arkeologi dan Militer
misal Pemanfaatan Penginderaan Jauh dalam Bidang Geologi
Kegiatan alam tersebut sanggup diamati melalui foto gambaran indra jauh, yang datanya kemudian dianalisis dan digunakan sebagai data dasar peta dampak lingkungan. 

Jadi, pengindraan jauh mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengidentifikasi tempat rawan peristiwa alam. Informasi potensi rawan yang dihasilkan oleh penafsiran pengindraan jauh sanggup berupa:
  1. jenis dan sebaran batuan;
  2. hubungan antarbatuan;
  3. struktur/ geologis, ibarat sesar dan pelipatan;
  4. morfologi tanah;
  5. sebaran, ancaman informasi-informasi itu, maka kita akan sangat termenolong dalam mengevaluasi kerawanan peristiwa dan risiko bahayanya.


Pemanfaatan Pengindraan Jauh dalam Industri Migas

Pada masa sekarang, industri minyak dan gas bumi (migas) ialah salah satu sektor yang banyak memanfaatkan teknolgi pengindraan jauh, yaitu mulai tahap eksplorasi, produksi, hingga pada tahap distribusi. 

Laboratorium pengolahan gambaran yang dikelola oleh industri migas sudah memanfaatkan teknologi ini dalam banyak sekali aktivitasnya, baik dalam kegiatan intern, penelitian bersama, maupun dalam rangka pelayanan jasa konsultasi teknologi kepada pihak luar.

Pemanfaatan Pengindraan Jauh dalam Perencanaan Kota

Untuk perencanaan kota diharapkan data tepercaya, terinci, dan mutakhir. melaluiataubersamaini demikian, pengindraan jauh sebagai satu-satunya pilihan. 

melaluiataubersamaini teknologi ini, kota sanggup direkam secara cepat. Data yang diperolehnya menggambarkan wujud dan letak yang mendekati wujud dan letak bumi yang sebenarnya. 

Data yang direkam relatif lebih lengkap dibandingkan dengan cara-cara yang biasa digunakan. Benda atau fenomena yang relatif tidak terlalu kecil dan tidak terhalang oleh benda lain sanggup direkam dan dikenali.

Pemanfaatan Pengindraan Jauh dalam Pengelolaan Hutan

Hampir tiruana hebat kehutanan mengakui bahwa pengindraan jauh ialah sumber data yang efektif di bidang kehutanan. Para hebat kehutanan sudah banyak menggunakannya dalam mempersiapkan peta terkena tipe-tipe hutan.

Rencana pembangunan jalan-jalan hutan, pembuatan tata batas, inventarisasi contoh-contoh tetumbuhan, dan kegiatan-kegiatan kehutanan lainnya.

Kegiatan pemerolehan data kehutanan yang tiruanla dilakukan dengan cara manusia, dengan hadirnya teknologi pengindraan jauh, tugas-tugas hebat kehutanan menjadi lebih gampang. Tetapi, tidak tiruana tugasnya termenolong oleh kehadiran teknologi ini. 

Pengukuran-pengukuran yang lebih teliti, contohnya terkena diameter pohon, kelas, bentuk, serta cacat buatan spesialuntuk mungkin dilakukan di lapangan. 

melaluiataubersamaini demikian, pengindraan jauh digunakan untuk melengkapi, memperbaiki, atau mengurangi pekerjaan lapangan dan bukan sepenuhnya untuk mengganti pekerjaan lapangan tersebut.

Berdasarkan ketinggiannya, wahana terbagi 3 kelompok:
  1. Pesawat terbang rendah dan medium, yaitu ketinggian 1.000 – 9.000 meter, gambaran yang dihasilkan yakni foto udara.
  2. Pesawat terbang tinggi dengan ketinggian 18.000 meter, gambaran yang dihasilkan yakni multispectral scanners data.
  3. Satelit dengan ketinggian 400 km, gambaran yang dihasilkan yakni gambaran satelit.


Pemanfaatan Pengindraan Jauh dalam Survei Arkeologi

Ketidakjelasan lokasi dan data letak benda-benda peninggalan sejarah mendorong para arkeolog untuk memanfaatkan teknologi pengindraan jauh. 

melaluiataubersamaini teknologi ini, kegiatan survei arkeologi akan lebih cermat dan lebih gampang. Beberapa temuan yang diperoleh dengan menolongan pengindraan jauh, yaitu:
  1. teridentifikasinya lokasi Banten Girang sebagai sentra pemukiman masa lampau;
  2. teridentifikasinya parit-parit yang melingkari Kraton Surowangsan; serta
  3. teridentifikasinya lingkungan situs Tirtayasa yang diperkirakan sebagai bab dari Kraton Banten Tirtayasa.


Pemanfaatan Pengindraan Jauh dalam Kegiatan Militer

Kedigdayaan suatu negara dalam bidang militer, ketika ini tidak lagi ditentukan oleh lengkap tidaknya persenjataan tempur, melainkan juga ditentukan oleh ada tidaknya data gambaran satelit militer misalnya. Hal ini sudah dibuktikan:

a. perang Irak dengan sekutu Kuwait,
b. tertembaknya tokoh pejuang Republik Chechnya,
c. Foto Pentagon di Amerika Serikat

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Keunggulan Hasil Serta Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dalam Bidang Geologi, Industri Migas, Perencanaan Kota, Kehutanan, Arkeologi Dan Militer"