Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Faktor-Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Berikut ini akan kita bahas terkena perdagangan internasional, pengertian perdagangan internasional, faktor pendorong perdagangan internasional, faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional, artikel perdagangan internasional, faktor faktor pendorong perdagangan internasional, alasannya ialah terjadinya perdagangan internasional.

Perdagangan Internasional

Mengapa timbul perdagangan internasional? Tahukah kalian bahwa tidak ada suatu negara yang bisa memenuhi kebutuhan sendiri (autokrasi) mengingat sumber daya, baik alam maupun insan yang dimiliki setiap negara tidak sama dan terbatas. 

Oleh alasannya ialah itu suatu negara membutuhkan sumber daya atau barang dan jasa dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya. 

Faktor itulah yang menyebabkan munculnya perdagangan internasional. Sebagai pola Indonesia lantaran keadaan alam dan iklimnya bisa menghasilkan watu bara, gas LPG, biji besi, karet dan, hasil pertanian. 

Sedangkan Jepang bisa menghasilkan barang-barang industri contohnya kendaraan beroda empat atau mesin, lantaran mempunyai SDM yang baik. 

Agar kedua negara bisa memenuhi kebutuhannya, maka perlu mengadakan perdagangan antarnegara/internasional.

Pengertian Perdagangan Internasional

Telah dijelaskan di depan bahwa untuk memenuhi kebutuhannya setiap negara sudah tentu akan melaksanakan perdagangan dengan negara lain atau perdagangan internasioal.

Adapun yang di maksud dengan perdagangan internasional ialah suatu acara transaksi atau tukar-menukar barang dan jasa antarnegara melalui acara ekspor dan impor.

Ekspor artinya mengirim atau menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor artinya menhadirkan atau membeli barang dari luar negeri. 

Makara inti dari acara perdagangan internasional ialah ekspor dan impor. Perdagangan internasional itu sendiri ada yang bersifat bilateral, regional, maupun multilateral.

Faktor-Faktor yang Mendorong Perdagangan Internasional

Setiap negara sudah barang tentu akan melaksanakan perdagangan internasional. Apa yang mendorong suatu negara melaksanakan perdagangan dengan negara lain? Ada beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu sebagai diberikut.

a. Perbedaan Sumber Daya Alam

Setiap negara mempunyai kekayaan alam yang tidak sama-beda, ada yang kaya akan minyak bumi, hasil hutan, hasil pertanian, atau hasil tambang. 

Karena perbedaan sumber daya alam itulah yang menyebabkan hasil produksi suatu negara juga akan tidak sama. 

Seperti Indonesia mempunyai banyak kekayaan alam yang melimpah, salah satu contohnya di sektor kelautan dan gas bumi, sehingga Indonesia bisa mengekspor hasil maritim dan gas bumi ke banyak sekali negara yang belum sempurnanya diantaranya ke negara-negara Eropa. 

Sedangkan negara –negara Arab mempunyai kekayaan alam yang melimpah berupa minyak bumi, sehingga negara Arab ibarat Arab Saudi dan Iran akan bisa mengekspor minyak bumi ke negara-negara lain yang belum sempurnanya minyak bumi. 

melaluiataubersamaini demikian sanggup dikatakan bahwa Indonesia mempunyai keunggulan di sektor kelautan dan gas bumi, sedangkan negara negara Arab mempunyai keunggulan di sektor minyak bumi. Perbedaan sumber daya alam inilah yang akan mendorong timbulnya perdagangan antarnegara.

b. Perbedaan Iklim dan Kerindangan Tanah

Perbedaan iklim dan tingkat kerindangan tanah yang dimiliki suatu negara juga akan kuat terhadap hasil produksi negara tersebut. 

contohnya Indonesia yang diberiklim tropis dengan tanahnya yang rindang mempunyai hasil hutan dan hasil pertanian yang lebih baik bila dibandingkan dengan negara-negara yang tanahnya relatif kurang rindang dan diberiklim subtropis. 

melaluiataubersamaini keadaan ini Indonesia bisa mengekspor hasil hutan ibarat kayu dan karet ke negara-negara lain yang belum sempurnanya.

c. Perbedaan Kebudayaan dan Gaya Hidup

melaluiataubersamaini adanya perbedaan kebudayaan dan gaya hidup masyarakat negara satu dengan negara lain, sanggup menyebabkan perbedaan terhadap produk yang dihasilkannya.

contohnya Indonesia dengan produk batiknya yang populer di mancguagara, Turki dengan karpetnya yang terkenal, dan Jepang dengan pakaian kimononya. 

Perbedaan produksi lantaran perbedaan kebudayaan dan gaya hidup suatu negara ini juga sanggup mendorong terjadinya perdagangan antarnegara.

d. Perbedaan Iptek

Tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki suatu negara juga akan menyebabkan perbedaan hasil produksi dan tingkat kualitas produksi yang dihasilkan.

Misalnya Jepang bisa memproduksi kendaraan beroda empat dengan kualitas relatif lebih baik bila dibandingkan dengan produk kendaraan beroda empat dari Korea. 

Negara Amerika Serikat dan negara negara Eropa bisa memproduksi pesawat terbang, sedangkan negara-negara berkembang belum bisa memproduksi barang-barang yang berteknologi tinggi itu. 

melaluiataubersamaini demikian perbedaan Iptek akan menyebabkan perbedaan barang hasil produksinya sehingga bagi negara yang menguasai Iptek tinggi akan bisa menjual atau mengekspor produksinya ke negara-negara yang belum menguasai Iptek dengan baik.

e. Perbedaan Sumber Daya Manusia

Kualitas masyarakat suatu negara akan sangat memilih produk yang dihasilkannya. Bagi masyarakat suatu negara yang tingkat pendidikannya tinggi, sudah barang tentu kualitas sumber daya manusianya juga tinggi sehingga bisa menghasilkan produk yang berteknologi dan berkarakter. 

Sebagai pola produk komputer, hand phone, lap top, kendaraan beroda empat dan pesawat terbang yang dihasilkan oleh negara maju akan sanggup diekspor ke negara-negara yang belum bisa memproduksinya.

melaluiataubersamaini adanya perbedaan tersebut menyebabkan pada suatu negara terdapat keunggulan atau kelebihan hasil produksi dan di sisi lain negara juga mengalami belum sempurnanya hasil produksi. 

Negara yang kelebihan produksi akan mengekspor ke negara lain, sedangkan di negara yang belum sempurnanya produksi akan mengimpor dari negara lain.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Faktor-Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional"