Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Sifat-Sifat Serta Syarat-Syarat Forum Sosial Berdasarkan Para Ahli

Berikut ini akan dijabarkan terkena forum sosial, pengertian forum sosial, pengertian forum sosial berdasarkan para ahli, definisi forum sosial, jelaskan pengertian forum sosial, pengertian forum sosial berdasarkan koentjaraningrat, sifat sifat forum sosial, syarat syarat forum sosial.


Lembaga Sosial

Apa yang dimaksud forum sosial itu? Dalam pecahan ini, Anda akan mempelajari ihwal banyak sekali forum sosial yang hidup dalam masyarakat beserta fungsi dan proses terbentuknya. 

Anda diharapkan bisa memahami dan mendeskripsikan banyak sekali forum sosial yang sanggup menunjang kebutuhan insan dalam kehidupan ber masyarakat. 

Manusia ialah makhluk yang dinamis. Kedinamisan insan tersebut dipakai untuk memenuhi segala kebutuhan dalam hidupnya. 

Meskipun kebutuhannya bersifat eksklusif atau kelompok, insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan masyarakat sebab insan pada hakikatnya ialah makhluk sosial. 

Oleh sebab itu, diharapkan sesuatu yang sanggup mengatur sikap insan dan memenuhi kebutuhan hidup di masyarakat. Sesuatu yang sanggup mengatur sikap tersebut ialah forum sosial. 

Lembaga sosial (sosial institution) atau sanggup disebut juga dengan pranata sosial ialah suatu himpunan norma yang mengatur segala tindakan insan dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dalam kehidupan bermasyarakat. 

Adapun norma ialah sejumlah ukuran atau patokan terkena sikap anggota masyarakat yang dijadikan pedoman dalam mengatur kehidupan bersama. 

Semua norma tersebut kalau berkaitan dengan pengaturan terhadap suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat, akan berubah menjadi suatu forum sosial. 

Manusia mempunyai kebutuhan yang majemuk dan forum sosiallah yang memenuhi kebutuhan individu pada masyarakat. misalnya, insan membutuhkan pendidikan. 

Orangtua akan mendaftarkan anaknya pada sekolah yang dituju, kemudian mengikuti tes atau ujian masuk, mematuhi peraturan sekolah, membayar iuran pendidikan atau uang sekolah, mengikuti pelajaran, dan lain sebagainya. 

Semua hal yang berkaitan dengan pendidikan diatur pada forum pendidikan. Manusia membutuhkan nafkah atau penghasilan, forum ekonomi yang mengaturnya. Misalnya, bekerja, berdagang, atau melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi lainnya.

Pengertian Lembaga Sosial

Di dalam kehidupan bermasyarakat terdapat norma yang berfungsi mengatur sikap anggota-anggotanya. Proses terbentuknya norma itu sendiri berawal dari sejumlah nilai-nilai yang terinternalisasi dalam sikap masyarakatnya. 

Proses ini melalui proses yang panjang dan membutuhkan waktu lama. Norma-norma tersebut kemudian membentuk sistem norma yang kita kenal sebagai pranata sosial. Proses sejumlah norma menjadi pranata sosial disebut pelembagaan atau institusionalisasi. 

Oleh sebab itu, pranata sosial sering disebut sebagai forum sosial. Secara garis besar, munculnya forum sosial sanggup diklasi fikasikan ke dalam dua cara, yakni secara tidak bersiklus dan terencana. 

Secara tidak bersiklus artinya bahwa forum tersebut lahir secara sedikit demi sedikit (berangsur-angsur) dalam praktik kehidupan masyarakat. Hal ini biasanya terjadi saat insan dihadapkan pada masalah-masalah yang bekerjasama dengan pemenuhan kebutuhan hidupnya.

misalnya, dalam kehidupan ekonomi. Sistem tukar barang (tukar barang) sudah dianggap tidak efisien, masyarakat memakai mata uang untuk mendapat barang yang diinginkan dengan cara membelinya dari orang lain.

Adapun cara bersiklus yaitu forum sosial muncul melalui suatu perencanaan yang matang oleh seorang atau kelompok orang yang mempunyai kekuasaan dan wewenang. 

misalnya, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, pemerintah membentuk Koperasi Unit Desa (KUD). Hal tersebut dilakukan semoga petani sanggup menampung hasil pguan dan membelinya dengan harga yang menguntungkan petani. 

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda pahami beberapa definisi terkena forum sosial dari para sosiolog diberikut ini.
  1. Robert Melver dan C.H. Page (Soekanto, 1990: 218), forum sosial ialah mekanisme atau tata cara yang sudah diciptakan untuk mengatur kekerabatan antarmanusia yang tergabung pada suatu kelompok dalam masyarakat.
  2. Leopold Von Wiese dan Becker (Soekanto, 1990: 219), forum sosial ialah jaenteng proses kekerabatan antarmanusia dan antarkelompok yang berfungsi memelihara kekerabatan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu serta kelompoknya.
  3. W.G. Sumner (Soekanto, 1990: 218), forum sosial ialah perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang mempunyai sikap awet serta bertujuan memenuhi kebutuhankebutuhan masyarakat. Lembaga berfungsi semoga ada keteraturan dan integrasi di dalam masyarakat.
  4. Koentjaraningrat (1964: 113), forum sosial ialah suatu sistem tata kelakuan dan kekerabatan yang berpusat kepada acara untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan dalam kehidupan manusia.
  5. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, forum sosial ialah kumpulan dari banyak sekali cara berperilaku (usage) yang diakui oleh anggota masyarakat sebagai masukana untuk mengatur hubungan-hubungan sosial.
  6. Soerjono Soekanto, forum sosial atau pranata sosial ialah himpunan norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

Dari uraian tersebut, sanggup kita simpulkan bahwa forum sosial berkaitan dengan seperangkat norma yang saling berkaitan, bergantung, dan saling memengaruhi; seperangkat norma yang sanggup dibentuk, diubah, dan dipertahankan sesuai dengan kebutuhan hidup; seperangkat norma yang mengatur kekerabatan antarmasyarakat masyarakat semoga sanggup berjalan dengan tertib dan teratur.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, forum sosial mempunyai ciri-ciri antara lain adanya tujuan, sanggup dipakai dalam jangka waktu yang relatif lama, tertulis atau tidak tertulis, diambil dari nilai-nilai dan etika istiadat yang berlaku di masyarakat, adanya pramasukana menyerupai bangunan dan lambang tertentu. 

Di dalam forum sosial akan ditemukan unsur budaya dan unsur struktural, yaitu berupa norma dan peranan sosial. Lembaga sosial sanggup dikatakan sebagai suatu etika kebiasaan dalam kehidupan bersama yang mempunyai hukuman yang sistematis dan dibuat oleh kewibawaan masyarakat. 

Selain itu, berdasarkan Harsoja forum sosial juga mempunyai sifat-sifat umum, yaitu sebagai diberikut.
  1. Lembaga sosial berfungsi sebagai satu unit dalam sistem kebudayaan yang ialah satu kesatuan bulat.
  2. Lembaga sosial biasanya mempunyai banyak sekali tujuan yang jelas.
  3. Lembaga sosial biasanya relatif kokoh.
  4. Lembaga sosial dalam melaksanakan fungsinya sering mengguna kan hasil kebudayaan material.
  5. Sifat karakteristik yang ada pada forum sosial ialah sebuah lambang.
  6. Lembaga sosial biasanya mempunyai tradisi tertulis atau lisan.

A. Suhandi beropini bahwa dalam suatu sistem sosial, terdapat forum sosial kalau mempunyai beberapa syarat, yaitu sebagai diberikut.
  1. Harus mempunyai hukum atau norma yang hidup dalam ingatan atau yang tertulis.
  2. Aktivitas-aktivitas bersama tersebut harus mempunyai suatu sistem kekerabatan yang didasarkan atas norma-norma tertentu.
  3. Aktivitas-aktivitas bersama tersebut harus mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu yang disadari dan dipahami oleh kelompok masyarakat yang bersangkutan.
  4. Harus mempunyai peralatan dan perlengkapan.

Oleh sebab itu, forum ialah kelompok individu yang mempunyai norma dan bekerjasama secara abadi, dan anggotanya mempunyai fungsi untuk mendukung fungsi forum itu sendiri.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian, Sifat-Sifat Serta Syarat-Syarat Forum Sosial Berdasarkan Para Ahli"