Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Terbentuknya Norma Dan Prilaku Kelompok Dalam Masyarakat

Berikut ini merupak klarifikasi ringkas terkena sikap kelompok, norma, proses terbentuknya norma, norma sosial, norma norma, jelaskan proses terbentuknya norma dalam masyarakat.


Terbentuknya Norma dan Prilaku Kelompok

Perilaku kelompok, sangat dipengaruhi oleh norma-norma yang berlaku dalam kelompok itu. Dalam dunia sosial pada umumnya, acara dalam kelompok tidak muncul secara acak. 

Setiap kelompok mempunyai suatu pandangan tentang sikap mana yang dianggap pantas untuk dijalankan para anggotanya. 

Dalam hal ini, adanya anutan atau patokan biar seseorang sanggup berperilaku sebagaimana hukum yang sudah disahkan bersama berupa hukum atau kaidah yang mengatur kehidupan anggotanya, baik berupa suatu keharusan, anjuran, maupun larangan. 

Aturan atau kaidah tersebut sering disebut sebagai norma kelompok dan norma-norma ini mengarahkan interaksi kelompok.

Norma muncul melalui proses interaksi yang perlahan-lahan diantara anggota kelompok. Pada ketika seseorang berperilaku tertentu, pihak lain menilai kepantasan atau ketidakpantasan sikap tersebut, atau menyarankan sikap alternatif. 

Norma terbentuk dari proses akumulatif interaksi kelompok. Oleh alasannya yakni itu, ketika seseorang masuk ke dalam sebuah kelompok, perlahan-lahan akan terbentuk norma, yaitu norma kelompok. 

misalnya, kedisiplinan dalam kelompok Paskibra di sekolah, kolaborasi dalam klub sepakbola. Apabila salah seorang pemain sepakbola tidak mengerti hukum kerja sama, ia dikenakan hukuman dengan dikeluar kan dari klubnya. 

melaluiataubersamaini kata lain, norma kelompok ialah ukuran suatu kelompok yang memilih apa yang harus dilakukan, apa yang harus dimiliki, dipercayai, dan dikehendaki oleh seseorang sebagai anggota kelompok tersebut.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Proses Terbentuknya Norma Dan Prilaku Kelompok Dalam Masyarakat"