Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Dan Pengguna Sistem Isu Akuntansi Dan Laporan Keuangan Dalam Perusahaan

Berikut ini kita akan mengulas terkena artikel akuntansi, akuntansi, tugas akuntansi dalam perusahaan, sistem informasi akuntansi, fungsi administrasi keuangan, pengguna informasi akuntansi, tugas akuntansi, pengguna akuntansi, pemakai informasi akuntansi, pengguna laporan keuangan, pemakai laporan keuangan.

Peran Akuntansi dalam Perusahaan dan Pengguna Akuntansi

Pihak-pihak yang berkepentingan memakai laporan akuntansi sebagai sumber informasi utama untuk pengambilan keputusan. 

Proses dimana akuntansi menghasilkan informasi bagi pengguna dijelaskan menyerupai pada gambar ilustrasi dibawah.

 Berikut ini kita akan mengulas terkena artikel akuntansi Peran dan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi dan Laporan Keuangan Dalam Perusahaan
Informasi Akuntansi dan Pihak yang Berkepentingan
Informasi lainpun juga dibutuhkan dalam pengambilan keputusan perusahaan. Informasi-informasi tersebut ditampung menjadi satu, dianalisis dan pada alhasil digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Sebagai suatu sistem informasi, Akuntansi sangatlah dibutuhkan baik oleh pihak intern perusahaan, maupun dari luar perusahaan. Secara garis besar, pihak-pihak yang memerlukan informasi akuntansi adalah:

1. Manajer

Seorang manajer perusahaan memerlukan informasi akuntansi untuk penyusunan perencanaan perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai perusahaan, serta melaksanakan tindakan koreksi yang diperlukan.

2. Investor

Para investor sangat memerlukan data akuntansi suatu organisasi untuk menganalisis perkembangan organisasi yang bersangkutan. 

Investor sudah melaksanakan penanaman modal pada suatu usaha, dengan tujuan untuk mendapat hasil. Sehingga, investor harus melaksanakan analisis laporan keuangan perusahaan yang akan dipilihnya untuk disuntik dana dari investor.

3. Kreditor

Kreditor berkepentingan dengan data akuntansi, alasannya kreditor berkepentingan untuk pemdiberian kredit kepada calon nasabahnya. 

Nasabah yang dipilih kreditor ialah nasabah yang bisa mengembalikan pokok pemberian beserta bunganya pada waktu yang tepat. Oleh alasannya kreditor sangat berkepentingan dengan laporan keuangan calon nasabah dan nasabahnya.

4. Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah sangat berkepentingan dengan informasi akuntansi. Dari informasi keuangan suatu organisasi, pemerintah akan sanggup menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar oleh organisasi yang bersangkutan.

5. Organisasi Nirlaba

Meski organisasi nirlaba bertujuan tidak untuk mencari laba, organisasi ini masih sangat memerlukan informasi keuangan untuk tujuan penyusunan anggaran, membayar karyawan dan membayar beban-beban yang lain.

6. Pemakai lainnya

Informasi akuntansi juga dibutuhkan oleh organisasi lainnya menyerupai organisasi buruh, yang memerlukan informasi akuntansi untuk mengajukan kenaikan penghasilan, tuntidakboleh-tuntidakboleh, serta mengetahui kemajuan perusahaan dimana mereka bekerja.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Peran Dan Pengguna Sistem Isu Akuntansi Dan Laporan Keuangan Dalam Perusahaan"