Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Anatomi Fisiologi Bagian-Bagian Pengecap Dan Macam-Macam Papila Serta Fungsi Prosedur Rasa Pada Alat Indra Pengecap Manusia

Berikut ini akan kita bahas terkena panca indera, panca indra, alat indra, panca indera manusia, alat indra pada manusia, 5 panca indra pada manusia, sistem panca indra, indra perasa, indra pengecap, indera pengecap, bagian-bagian lidah, indra pengecap lidah, indera perasa, alat indra pengecap, anatomi lidah, papila lidah, indera pengecap lidah, alat indera pengecap, rasa pada lidah, macam macam papila, papila pada lidah, prosedur indera pengecap, gambar lidah, fungsi lidah, anatomi fisiologi lidah.

Indra Perasa (Pengecap)

Permukaan pengecap bersifat kasar, alasannya mempunyai tonjolan yang disebut papila. Menurut bentuknya papila dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

a. Papila filiformis

Papila filiformis berbentuk benang halus, banyak terdapat pada bab depan lidah.

b. Papila fungiformis

Papila fungiformis berbentuk tonjolan menyerupai kepala jamur, banyak terdapat pada bab depan pengecap dan bab sisi lidah.

c. Papila sirkum valata

Papila sirkum valata berbentuk bulat, tersusun menyerupai abjad V terbalik di belakang lidah. Di dalam satu papila terdapat banyak reseptor pengecap (tastebud). Setiap tasebud terdiri atas dua jenis sel, yaitu:

1) Sel penyokong yang berfungsi untuk menopang.

2) Sel pengecap (sel rambut sebagai reseptor) yang mempunyai tonjolan, menyerupai rambut yang menonjol keluar dari reseptor pengecap.
 Berikut ini akan kita bahas terkena panca indera Gambar Anatomi Fisiologi Bagian-Bagian Lidah dan Macam-Macam Papila serta Fungsi Mekanisme Rasa pada Alat Indra Pengecap Manusia
a) struktur lidah; b) papila
Reseptor untuk rasa pahit, terutama terletak pada awal lidah. Sedangkan, untuk rasa bagus dan asin banyak terdapat di ujung lidah, untuk rasa asam terdapat di sisi pengecap bab dalam. Ditinjau dari zat kimia penimbul rasa, indera perasa dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

1) Pahit yang ditimbulkan oleh alkaloid tumbuhan, menyerupai kina, zat ini banyak yang bersifat racun.
2) Asin, ditimbulkan oleh kation Na, K, Ca.
3) Manis ditimbulkan oleh gugus OH. Gugus ini terdapat pada gula, keton dan asam amino tertentu.
4) Asam yang ditimbulkan oleh ion H.

Zat tersebut jikalau masuk ke dalam lisan akan terlarut dalam ludah, mengadakan kontak dengan reseptor rasa, merangsang sel rambut, timbul impuls pada sel rambut yang akan dijalarkan sepanjang saraf otak VII dan IX bab sensoris menuju otak. 

Impuls ini akan diinterpretasikan sebagai rasa pada korteks orak dilobus parientalis tempat kecap primer dan memulai terjadinya refleks pengeluaran air ludah melalui saraf otak VII dan IX bab motoris.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Gambar Anatomi Fisiologi Bagian-Bagian Pengecap Dan Macam-Macam Papila Serta Fungsi Prosedur Rasa Pada Alat Indra Pengecap Manusia"