Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Pernapasan Serta Prosedur Pernapasan Dada Dan Perut Dalam Sistem Respirasi Pada Manusia

Berikut ini akan dijelaskan wacana sistem pernapasan pada manusia, sistem pernapasan, sistem pernapasan manusia, sistem respirasi pada manusia, prosedur pernapasan, proses pernapasan, macam macam pernapasan, pernapasan dada, prosedur pernapasan dada, pernapasan perut, prosedur pernapasan perut, pernafasan diafragma, ekspirasi dan inspirasi.

Mekanisme Pernapasan

Dalam pernapasan terjadi proses ide dan ekspirasi. Berdasarkan proses ini, pernapasan pada insan dibedakan menjadi dua macam, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

a. Pernapasan dada

Pada pernapasan dada melibatkan otot antartulang rusuk (interkortalis). Saat ide (udara dihirup), otot interkostalis berkontraksi → tulang rusuk terangkat → rongga dada membesar → tekanan udara dalam dada (toraks) menurun → paru-paru mengembang → tekanan udara dalam paru-paru lebih rendah daripada tekanan luar sehingga udara masuk ke paru-paru.

Saat ekspirasi (udara diembuskan), otot interkostalis berelaksasi → tulang rusuk turun → rongga dada mengecil → tekanan udara dalam torak meningkat → paru-paru mengempis → tekanan udara dalam paru-paru lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara luar sehingga udara keluar dari paruparu.

b. Pernapasan perut

Dalam pernapasan perut, otot yang terlibat yaitu otot diafragma. Saat inspirasi, otot diafragma berkontraksi → diafragma menjadi datar → rongga dada membesar → paruparu mengembang → tekanan udara dalam paru-paru lebih rendah daripada tekanan udara luar sehingga udara masuk ke paru-paru.

 Berikut ini akan dijelaskan wacana sistem pernapasan pada insan Macam-Macam Pernapasan serta Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut Dalam Sistem Respirasi Pada Manusia
Ekspirasi dan Inspirasi
Saat ekspirasi, otot diafragma berelaksasi → diafragma  melengkung ke arah rongga dada → rongga dada mengecil → paru-paru mengempis → tekanan dalam paru-paru lebih tinggi dari tekanan udara luar sehingga udara keluar dari paru-paru.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Macam-Macam Pernapasan Serta Prosedur Pernapasan Dada Dan Perut Dalam Sistem Respirasi Pada Manusia"