Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Serta Perbedaan Pembuluh Darah Nadi, Arteri, Vena Dan Kapiler Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia

Berikut ini akan dibahas tentang sistem peredaran darah pada manusia, sistem peredaran darah, peredaran darah, sistem peredaran darah manusia, peredaran darah manusia, peredaran darah pada manusia, pembuluh darah manusia, pembuluh darah, macam-macam pembuluh darah, pembuluh nadi, pembuluh vena, pembuluh darah vena, pembuluh darah arteri, arteri, pembuluh arteri, pembuluh kapiler, pembuluh darah kapiler, pembuluh nadi terbesar, perbedaan pembuluh arteri dan vena.

Pembuluh Darah

Pembuluh darah ialah jalan bagi darah yang mengalir dari jantung menuju ke jaenteng tubuh, atau sebaliknya. Pembuluh darah sanggup dibagi menjadi tiga macam, yaitu pembuluh nadi, pembuluh vena, dan pembuluh kapiler.

a. Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi atau pembuluh arteri ialah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju kapiler. 

Arteri vertebrata dilapisi endotel dan memiliki dinding yang relatif tebal yang mengandung jaenteng ikat lentur dan otot polos. Arteri cenderung terletak agak lebih dalam di jaenteng badan. Dinding arteri besar (aorta) yang keluar dari jantung banyak mengandung jaenteng ikat. 

Kekuatan tiap sistol ventrikel mendorong darah ke dalam arteri dan melebarkannya biar sanggup menampung darah tersebut. 

Pada waktu diastol, kelenturan dinding bab pertama arteri tersebut memmenolong mendorong darah ke bab arteri yang menjadi lebar. 

Elastisitas arteri yang besar itu mengubah arus darah menjadi mantap dan tenang. Peregangan dan kontraksi arteri yang terjadi bergantian dengan sangat cepat menuju perifer (7,5 m per detik) yang sanggup dirasakan sebagai denyut nadi. 

Sesudah arteri mencapai jaenteng, arteri akan bercabangcabang. Pada tiap cabang rongga jalan masuk menjadi makin sempit, tetapi jumlah luas penampang makin besar sehingga kecepatan arus darah berkurang dan tekanannya menurun.

 Berikut ini akan dibahas tentang sistem peredaran darah pada insan Macam-Macam Serta Perbedaan Pembuluh Darah Nadi, Arteri, Vena dan Kapiler Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia
Arteri dan Vena Manusia

b. Pembuluh vena

Pembuluh vena atau pembuluh balik ialah pembuluh darah yang membawa darah ke arah jantung. Pembuluh vena terdiri atas tiga lapisan, ibarat pembuluh arteri. 

Dari lapisan dalam ke arah luar ialah endotel, jaenteng elastik dan otot polos, serta jaenteng ikat fibrosa. Pada sepanjang pembuluh vena, terdapat katup-katup yang mencegah darah kembali ke jaenteng tubuh. 

Pembuluh vena terletak lebih ke permukaan pada jaenteng tubuh daripada pembuluh arteri. Perbedaan pembuluh arteri dengan pembuluh vena sanggup dilihat pada Tabel diberikut.

 Berikut ini akan dibahas tentang sistem peredaran darah pada insan Macam-Macam Serta Perbedaan Pembuluh Darah Nadi, Arteri, Vena dan Kapiler Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia
Perbedaan pembuluh arteri dan vena
Pada insan dan mamalia, selain pembuluh darah vena dari jaenteng tubuh yang kembali ke jantung, ada pula vena yang sebelum kembali ke jantung singgah lampau ke suatu alat tubuh, contohnya darah dari usus sebelum ke jantung singgah dulu ke hati. Peredaran darah ini disebut sistem vena porta.

c. Pembuluh kapiler

Pembuluh kapiler ialah pembuluh darah kecil yang memiliki diameter kira-kira sebesar sel darah merah, yaitu 7,5 μm. 

Meskipun diameter sebuah kapiler sangat kecil, jumlah kapiler yang timbul dari sebuah arteriol cukup besar sehingga total tempat akutan melintang yang tersedia untuk fatwa darah meningkat. 

 Berikut ini akan dibahas tentang sistem peredaran darah pada insan Macam-Macam Serta Perbedaan Pembuluh Darah Nadi, Arteri, Vena dan Kapiler Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia
Pertukaran kapiler
Pada orang sampaumur kira-kira ada 90.000 km kapiler. Dinding kapiler terdiri atas satu lapis sel epitel yang permiabel daripada membran plasma sel. 

Oksigen, glukosa, asam amino, banyak sekali ion dan zat lain yang diharapkan secara praktis sanggup berdifusi melalui dinding kapiler ke dalam cairan interstitium mengikuti gradien seriusnya. 

Sebaliknya, karbondioksida, limbah nitrogen, dan hasil sampingan metabolisme lain sanggup dengan praktis berdifusi ke dalam darah.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Macam-Macam Serta Perbedaan Pembuluh Darah Nadi, Arteri, Vena Dan Kapiler Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia"