Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Pola Paragraf Eksposisi Lengkap

Contoh Paragraf Eksposisi – Dalam menulis dan membaca dibutuhkan pengetahuan wacana membuatkan jenis pargraf. Salah satu jenis paragraf yang kerap digunakan yaitu paragraf eksposisi. Paragraf Eksposisi merupakan paragraf yang bertujuan untuk memberi info mengenai suatu hal sehingga sanggup memperluas pengetahuan pembacanya. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah nonfiksi. Sumber karangan paragraf eksposisi sanggup diperoleh dari hasil penelitian, pengamatan, atau pengalaman.

Paragraf eksposisi mempunyai ciri-ciri antara lain isi tulisannya yang memberi pegertian serta pengetahuan; menjawab pertanyaan wacana apa, kapan, mengapa, sertra bagaimana; disampaikan dengan lugas menggunakan bahasa baku, bersifat netral atau tidak memaksakan dan tidak memihak.
Paragraf eksposisi sendiri mempunyai banyak jenis yaitu eksposisi definisi, eksposisi proses, eksposisi klasifikasi, eksposisi ilustrasi, eksposisi perbandingan-pertentangan, serta eksposisi laporan. 

1.Paragraf eksposisi definisi

Eksposisi definisi merupakan paragraf eksposisi yang memaparkan definisi wacana topik tertentu. Definisi yang dijelaskan tidak hanya sebatas pengertiannya saja, namun meliputi segala hal wacana topik tersebut supa pembaca menerima info dengan sangat jelas.

Contoh Parafraf Eksposisi definisi:
Jahe merupakan tumbuhan rimpang yang sangatlah populer. Jahe biasa digunakan sebagai materi masakan dan penyedap rasa alami. Selain berfungsi sebagai rempah-rempah, jahe juga sanggup mengobati beberapa penyakit menyerupai panas dalam, batuk, dan lain-lain. Tanaman ini umumnya mempunyai tinggi sekitar 30 hingga 100 cm. Bentuk daunnya menyirip dengan panjang kurang lebih 15 hingga 23 mm serta panjang 8 hingga 15 mm. Jahe mempunyai akar rimpang berbentuk menyerupai jemari yang menggembung di bab ruas tengah. Akar inilah yang diambil serta dimanfaatkan sebagai jahe yang kerapkali diukonsumsi. Rasa pedas serta hangat pada jahe dikarenakan oleh senyawa keton yang mempunyai nama zingeron. Setidaknya ada 3 jenis jahe yang popular di pasaran yaitu jahe kuning, jahe gajah, serta jahe merah. 

2.Eksposisi Proses

Eksposisi proses merupakan cara atau langkah-langkah dalam melaksanakan suatu hal dari awal hingga akhir. Kaprikornus eksposisi proses merupakan paragaf yang memaparkan sebuah langkah-langkah atau proses suatu topik tertentu dengan terperinci serta urut. Umumnya paragraf eksposisi proses menandakan wacana proses terjadinya suatu hal, cara penggunaan atau cara menciptakan sesuatu.  

Berikut ini pola paragraf eksposisi proses:
Oksigen yang kita hirup yaitu hasil dari proses fotosistesis tumbuhan. Proses photosynthesis ini terjadi dalam daun. Pertama, flora akan mengumpulkan karbon dioksida (CO2), sinar matahari serta air sebagai materi utamanya. Karbon dioksida (CO2) ini diserap melalui stomata yang merupakan alat pernafasan flora pada daun, sinar matahari diserap oleh klorofil (zat hijau daun) dan air diangkut dari akar menuju daun dengan pembuluh xylem. Setelah semua materi tersebut terkumpu, barulah proses ini akan dimulai. Air (H2O) serta Karbon dioksida akan dipecah dengan santunan sinar matahari sehingga akan menghasilkan glukosa (C6H12O6) serta oksigen (O2). Glukosa ini kemudian digunakan oleh flora untuk kuliner mereka sedangkan oksigen akan dilepaskan kembali ke udara.

3.Paragraf eksposisi ilustrasi

Eksposisi gambaran berisi pemaparan wacana info atau klarifikasi tertentu dengan cara memberi citra sederhana mengenai sebuah topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat dalam hal tertentu. Meskipun terdapat 2 hal yang dibicarakan, paragaraf ini tak membandingkan tapi hanya menghubungkan atau mengasosiasikan kesamaan keduanya. 

Berikut ini beberapa pola eksposisi ilustrasi:
Organisasi membutuhkan kerjasama yang baik supaya sanggup berjalan dengan baik. Layaknya bagai sebuah kendaraan beroda empat yang bergerak lantaran mesin kendaraan beroda empat serta komponen lain yang berkerjasama didalamnya. Organisasi juga memerlukan komponen menyerupai ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, humas serta anggota kelompok. Mereka inilah penggagas organisasi tersebut. Seperti mobil, bila satu komponen saja rusak atau tidak ada, maka akan menghambat jalannya kendaraan beroda empat atau bahkan tidak sanggup jalan sama sekali. Begitu juga dengan organisasi, semua pihak mempunyai fungsi serta kiprah yang sanggup menggangu jalannya organisasi bila salah satu dari mereka tidak bekerja atau tidak ada. Bahkan bab yang paling kecil sekalipun menyerupai anggota sangatlah penting kedudukannya di dalam sebuah organisasi.
 Dalam menulis dan membaca dibutuhkan pengetahuan wacana membuatkan jenis pargraf 6 Contoh Paragraf Eksposisi Lengkap

4.Paragraf eksposisi perbandingan atau pertentangan

Paragraf eksposisi perbandingan merupakan paragraf yang dibentuk untuk menandakan atau menjelaskan sesuatu dengan menggunakan kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lainnya. Sedangkan paragraf eksposisi kontradiksi hampir sama dengan eksposisi perbandingan. Bedanya, hal yang dibandingkan tersebut berisi wacana sebuah hal yang bertentangan.

Paragraf eksposisi perbandingan mempunyai ciri-ciri pemakain kata hubung demikian juga, menyerupai halnya, sesuai dengan, sama dengan dan berbeda dengan. Hal yang digunakan sebagai pembanding dalam paragraf ini harus bersifat kasatmata serta telah diketahui secara umum.

Sedangkan paragraf ekposisi kontradiksi mempunyai kata hubung yang mempertentangkan inspirasi atau gagasan lain menyerupai walaupun, biarpun, berbeda, akan tetapi, berbeda dengan, sebaliknya, namun, melainkan, meskipun begitu.

Contoh paragraf eksposisi perbandingan:
Tinju bukanlah jenis olahraga yang mempunyai banyak peminat, namun yang banyak justru penggemarnya. Berbeda dengan olahraga menyerupai jogging atau jalan kaki, yang mempunyai banyak peminat, namun penggemar sedikit. Kenapa begitu? Hal ini karena, tidak adanya orang yang menonton orang lain yang berjalan kaki atau jogging.

Contoh paragraf eksposisi pertentangan:
Orang yang gemar bersepeda pada umumnya yaitu orang yang menyayangi lingkungan serta alam. Sebaliknya, orang yang tidak pernah bersepeda kebanyakan meruapakan orang kota yang terbiasa naik kendaraan beroda empat yang nyaman dikala bepergian. Mereka akan protes jikalau bertemu dengan jalan yang sempit menyerupai lorong lorong atau pada pedesaan.

5.Paragraf eksposisi klasifikasi

Eksposisi pembagian terstruktur mengenai ini mempunyai yang berisi pengelompokan sesuatu dalam suatu kelas atau group.
Contoh eksposisi klasifikasi:
Makanan yang dikonsumsi dalam keseharian kita sanggup dibagi menjadi beberapa kelompok. Pertama, jenis kuliner bergizi. Makanan ini sangatlah penting bagi badan kita alasannya yaitu mengandung aneka macam mineral atau zat yang sangat baik bagi tubuh. Contohnya saja ikan, buah, susu, daging dan lain – lain. Yang kedua, jenis kuliner kurang bergizi. Makanan ini tidak berbahaya bila dimakan, alasannya yaitu hanya memberi efek kenyang saja, namun kuliner ini hanya mengandung sedikit mineral atau vitamin  bahkan tidak mengandung samasekali, contohnya saja singkong, umbi jalar, serta nangka muda. Yang ketiga yaitu kuliner berbahaya. Makanan ini tidak baik bagi badan bila dikonsumsi secara berlebihan. Disamping tidak bergizi, kuliner jenis ini juga mengandung zat berbahaya menyerupai pewarna, pengawet, dan perasa. Contohnya saja menyerupai junk mie instan, food, dan lain-lain. 

6.Paragraf Eksposisi Laporan

Pernahkah Anda melihat laporan keuangan, laporan BPS atau juga artikel pada koran yang ada hubungannya dengan daftar korban tragedi atau perekonomian. Hal itu merupakan beberapa contoh paragraf eksposisi laporan. Paragraf eksposisi laporan sendiri merupakan paragraf yang dibentuk dengan bentuk rincian yang disertai dengan aneka macam data yang valid dan tidak mempunyai pendapat di dalamnya, yang ada hanya menajabarkan data dalam bentuk paragraf.

Contoh paragraf eksposisi laporan:
Penerbangan Garuda Airlines Boing 702  hilang kontak dalam penerbangan dari Indonesia, menuju Beijing, China pada Sabtu (10/12/2015) pagi. Diantara 160 penumpang, yang termasuk 5 bayi serta 12 kru pesawat, terdapat 60 WNI. Sebelumnya disebutkan disebutkan bahwa penumpang berasal dari delapan negara. Namun naytanya terdapat 9 kewarganegaraan.

Demikianlah pemaparan mengenai paragraf eksposisi, yang sanggup lebih dipahami bila disertai dengan Contoh Paragraf Eksposisi. semoga bermanfaat.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "6 Pola Paragraf Eksposisi Lengkap"