Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Unsur Kisah Pendek Yang Harus Kau Ketahui Sebelum Menulis Cerpen

Unsur Unsur Cerpen - Cerpen tentu sudah banyak dimuat di surat kabar, majalah majalah, majalah sastra maupun buku kumpulan cerpen dan tentunya di Internet. Jenis cerpen yang ditulis pun beraneka ragam. Cerpen sebagai karya fiksi dibangun oleh unsur-unsur pembangunan yang sama, cerpen dibangun dari dua unsur yaitu Intrinsik dan ekstrinsik. Cerpen juka mempunyai unsur peristiw, plot, tema, tokoh, latar, sudut pandang dan lain lain yang akan satu persatu di bahas di bawah ini.

Tema



Dalam menentukan tema cerpen harus berisi satu tema lantaran ceritanya yang sangat pendek. Hal itu berkaitan dengan keadaan jalan kisah yang juga tunggal dan tokoh yang terbatas. Tema juga harus menyangkut ide kisah dan amanat atau pesan yang hendak disampaikan dalam isi cerpen, anda sanggup menentukan tema yang sudah umum menyerupai tema persahabatan, kasih sayang atau cinta, permusuhan dan lain lain.

Mencari arti sebuah cerpen intinya yaitu mencari tema yang terkandung dalam cerpen yang akan anda tulis jadi alangkah baiknya anda sudah mempersiapkan tema yang akan anda usung untuk cerpen anda.

Jalan Cerita dan Plot



Plot merupakan kepingan rangkaian perjalanan kisah yang tidak tampak. Jalan kisah dikuatkan pula dengan hadirnya plot. Adapun plot sanggup anda isi dengan insiden dalam rangkaian perjalanan kisah anda supaya pembaca sanggup membayangkan dan ikut hanyut dalam perjalanan sang tokoh. Dan perlu anda ingat bahwa dengan kita mengikuti jalan kisah maka kita sanggup menemukan plotnya.

Konflik



Adapun kehadiran konfik dalam cerpen harus ada sebabnya, secara sederhana konflik lahir dari mulai pengenalan hingga penyelesaian konflik. Untuk lebih jelasnya inilah tingkatan konflik.
Pengenalan konflik > Timbul permasalahan (konflik) > Permasalahan Memuncak > Permasalahan Mereda > Penyelesaian masalah.

 Cerpen tentu sudah banyak dimuat di surat kabar 8 Unsur Cerita Pendek Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menulis Cerpen
Unsur Unsur Cerita Pendek Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menulis Cerpen

Tokoh dan Perwatakan



Tokoh atau pelaku kisah dalam cerpen hanya terbatas. Berbeda dengan novel yang digambarkan secara mendetail dan juga tokoh tokohnya sangat banyak. Mutu sebuah cerpen banyak ditentukan oleh kepandaian penulis menghidupkan adab para tokoh tokohnya. Dan kehadiran tokoh cerpen haruslah mempunyai kepribadian sendiri serta jati diri walaupun harus digambarkan secara implisit (langsung).

Latar (Setting)


Latar atau setting dalam cerpen merupakan salah satu kepingan cerpen yang dianggap penting sebagai aktivis cerita. Latar juga mempengaruhi unsur lain menyerupai tema atau penokohan. Dalam cerpen yang baik latar harus benar benar sebuah syarat untuk menggarap tema dan aksara kisah sehingga sanggup menyatu dengan tema, watak, gaya maupun kebijakan kisah yang diambil hikmahnya oleh pembaca.

Sudut Pandang (Point of View)


Sudut pandang bekerjasama dengan siapakah yang menceritakan kisah dalam cerpen yang akan anda tulis. Cara yang dipilih anda akan menentukan sekali gaya dan corak kisah dalam cerpen anda. Tiap orang punya pandangan hidup masing masing, cara berfikir, iktikad dan sudut emosi yang berbeda beda.

Gaya


Gaya di sini bukanlah gaya perihal fashion tokoh, melainkan menyangkut pada cara khas anda dalam mengungkapkan lisan bercerita dalam cerpen yang akan anda tulis. Seperti gaya dilema dan cara anda dalam menceritakan cerpen anda.

Amanat


Amanat yaitu kepingan final yang merupakan sebuah pesan dari kisah atau sanggup disebut pesan yang tersirat keseluruhan dari cerita. Dalam hal ini anda harus menitipkan nilai nilai kehidupan yang sanggup diambil dari cerpen yang anda tulis.

Itulah beberapa unsur unsur yang sanggup anda ketahui sebelum menulis cerpen yang akan anda tuliskan, semoga bermanfaat bagi anda yang akan menulis cerpen dan semoga juga talenta anda dalam menulis sanggup menginspirasi sahabat sahabat maupun orang lain dan juga diri sendiri. Terimakasih atas waktunya dalam membaca artikel ini.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "8 Unsur Kisah Pendek Yang Harus Kau Ketahui Sebelum Menulis Cerpen"