Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Adat Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berpidato Di Depan Umum

Etika Berpidato - Sahabat niscaya sudah mengenal betul wacana pidato, yang pada umumnya berpidato haruslah menguasai diri dan menguasai para hadirin yang ada. Tentu ini merupakan suatu pengalaman tersendiri bagi seseorang untuk sanggup mengambarkan seberapa sanggup untuk melaluinya.

Namun perlu kita ketahui bahwa dalam berpidato juga ada unsur-unsur yang harus diperhatikan. Salah satunya yakni etika, ya adat yang baik maka akan menghasilkan pidato yang baik pula.

Ketika berpidato di depan orang banyak, ada beberapa adat yang harus diikuti. Baiknya adat berpidato diadaptasi dengan hadirin yang menyimak pidato atau dengan kata lain dengan siapa kita berpidato. Baiklah eksklusif saja kita pada poin utama dalam adat berpidato dibawah ini :

 Sahabat niscaya sudah mengenal betul wacana pidato 6 Etika Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berpidato di Depan Umum


1. Etika berpidato di depan umum

Berpidato didepan umum sebaiknya kita mengenakan pakaian yang sesuai dengan suasana (sopan). Dan tampil dengan bersahaja (rendah hati), sesekali buatlah beberapa humor dalam berpidato dan gunakan kata-kata yang sopan. Ketika akan menutup pidato, baiknya mengucapkan kata maaf jikalau terdapat tutur kata yang kurang berkenan.

2. Etika berpidato di depan pejabat (orang penting)

Berpidato di depan orang penting haruslah rendah hati, jangan tampil seperti kau menggurui atau lebih tahu. Jangan memperlihatkan penghormatan yang berlebihan pada hadirin.

3. Etika berpidato di depan pemuka agama

Berpidato di depan pemuka agama haruslah tidak mengeluarkan kata-kata yang sanggup menyinggung    antar umat beragama, jangan ada nada merendah atau memuji agama tertentu dan perbanyaklah istilah-istilah keagamaan.

4. Etika berpidato di depan cowok / mahasiswa
Baiknya pidato harus mengutamakan budi sehat yang berkaitan dengan dunia anak muda, jangan mengeluarkan kata-kata yang bersifat menentang dan jangan mengkritik dan menyalahkan anak muda.

5. Etika berpidato di depan para perempuan (ibu-ibu/muslimah)

Bila pembicara seorang pria maka berhati-hatilah jangan hingga menyinggung harkat dan martabat seorang wanita, gunakanlah istilah-istilah yang sempurna menyerupai ibu-ibu dan saudari sekalian.
Hindarilah kata-kata senonoh yang kurang sopan.

6. Etika berpidato di depan masyarakat desa

Jangan sesekali berbohong, gunakan kata-kata yang sopan dan sederhana, jikalau perlu sisipkan istilah bahasa setempat.


Baiklah mungkin menyerupai itu 6 adat yang harus anda ketahui sebelum berpidato di depan orang banyak. Semoga dengan adanya goresan pena ini sobat jadi lebih sopan dan ber-etika dalam memberikan pidato.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "6 Adat Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berpidato Di Depan Umum"