Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Bilangan Persistence?

 jikalau dibawakan dalam bahasa Indonesia artinya yaitu bilangan persistence Apa itu Bilangan Persistence?

Persistence Number, jikalau dibawakan dalam bahasa Indonesia artinya yaitu bilangan persistence. Cukup membingungkan juga untuk diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sepenuhnya. Ketika saya terjemahkan secara bahasa; Persistence Number artinya Bilangan Gigih/Tekun.

Mungkin sanggup didefenisikan begitu, bilangan gigih atau bilangan tekun. Untuk sementara, biar lebih yummy disebut persistence number saja.

Disebut persistence (tekun/gigih), sebab bilangan ini merupakan jumlah seberapa 'gigih' atau seberapa tekun harus dioperasikan sehingga ditemukan satu digit bilangan. Anda akan ragu dengan klarifikasi ini. Lanjutkan saja membaca terlebih dahulu.

Bilangan persistence ini ada dua jenis yang menurut operasi hitung matematika. Yang saya maksud,

1. Bilangan persistence Penjumlahan

Bilangan persistence penjumlahan ini yaitu berapa kali anda menjumlahkan digit digit bilangan sehingga didapatkan satu digit angka (digital-root). Persistence, ya kegigihan. Atau dalam istilahnya proses sehingga ditemukannya akar digital (digital root) bilangan tersebut. Lebih lengkap perihal akar digital anda sanggup baca Apa itu Akar Digital (Digital Root) Sebuah Bilangan?

Contoh Cara Mencari bilangan persistence,
a) Diketahui bilangan 2379.
Sekarang lakukan proses digital root.
2+3+7+9=21 (1)
2+1=3 (2)
Disini kita telah mendapat akar digital atau digital root 2379 yaitu 3. Hal tersebut dilakukan dengan 2 kali penjumlahan. 2 inilah yang menjadi bilangan persistence dari 2379. "butuh 2 kali kegigihan biar ditemukan digital root"
Makara digital root 2379 yaitu 3 dengan bilangan persistence penjumlahan 2.

2. Bilangan Persistence Perkalian.

 Defenisi atau pengertian bilangan persistence perkalian ini hampir sama dengan penjumlahan di atas. Hanya saja operasi yang dilakukan yaitu operasi perkalian - hingga ditemukan hingga satu digit.

Contoh cara mencari bilangan peristence perkalian
Diketahui bilangan 2379
Sekarang lakukan perkalian semua angka pada bilangan tersebut.
2379=2x3x7x9 = 378 (1)
3x7x8 =168  (2)
1x6x8=48  (3)
4x8=32  (4)
3x2=6  (5) (telah sanggup 1 digit)

Perhatikan, dari 2379 hingga dikalikan sesama digitnya hingga ditemukan 1 digit yaitu 6 dilakukan sebanyak 5 proses. Artinya Bilangan Persistence perkalian 2379 yaitu 5.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Apa Itu Bilangan Persistence?"