Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Al Biruni

Abu Raihan Al Biruni atau lebih dikenal dengan nama singkat Biruni atau Al Biruni. Tokoh yang berasal dari Persia ini terkenal di berbagai bidang, matematika, astronomi, fisika filsafat, farmasi dan menulis ensiklopedia. Al Biruni juga dikenal sebagai seorang guru. Beberapa muridnya juga menjadi terkenal sebagai orang yang mempunyai tugas dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Al Biruni
Al Biruni dilahirkan di tempat pinggiran Kath erat kota Khawarizm. Daerah ini kini dikenal dengan Karakal, Pakistan. Dari bukti sejarah yang ditemukan nama Al Biruni berasal dari nama tempat tinggalnya Birun. Garis keturunannya berasal dari Tajik, memang bukan berasal dari garis keturunan darah biru. Selama 25 tahun kehidupan umurnya hanya di habiskan di tempat kelahirannya. Lebih lanjut mengenai keluarga, istri dan anaknya tidak ada ditemukan bukti sejarah.

Guru Al Biruni dikenal sebagai seorang ahli matematika juga. Sebut saja Abu Nashr Mansur. Sementara sahabat temanya juga bukan orang absurd lagi di dunia ilmu pengetahuan. Ada nama Abu Ali Al Hussain, Avicenna atau Ibn Sina. Dalam hubungannya dengan Ibn Sina, spesialis sejarah, filsuf terkenal di arab dimulai sebagai rekan kerja di sebuah universitas dan sentra ilmu yang dibangun oleh putra raja Abu Al Abbas Ma’mun. Dala rangka menambah ilmu yang dimiliki Al Biruni pernah mencar ilmu hingga ke negeri India.

Tujuan mencar ilmu ke India ialah untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa di sana. Terkait dengan banyaknya naskah ilmu pengetahuan yang berasal dari India, langkah ini diambil biar Al Biruni bisa menerjemahkan naskah tersebut ke dalam bahasa ibunya. Tidak hanya melaksanakan perjalan begitu saja. Dalam periode tersebut Al Biruni juga mengambil kesempatan untuk menulis sebuah buku yang berjudul Ta’rikh Al Hind (sejarah India). Buku tersebut berisi akan klarifikasi kebudayaan, budpekerti istiadat, kepercayaan masyarakat India pada kurun pertengahan. Meskipun semua tulisannya ditemukan dalam literatur bahasa arab, namun Al Biruni dikenal mempunyai kemampuan menguasai bahasa Yunani, Bahasa Sanskerta, Bahasa Syria dan bahasa Bar Bar. Baca: Hasil Karya Al Biruni.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Biografi Al Biruni"