Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengukur Nilai Kendala Light Dependent Resistor (Ldr)

Light Dependent Resistor atau dikenal dengan kependekan LDR ialah resistor yang nilai resistansinya bergantung pada intensitas cahaya yang diterima. Ketika intensitas cahaya yang berinteraksi sedikit maka nilai kendala menjadi lebih rendah dan sebaliknya.

Kenaikan resistansi pada LDR ini berbanding lurus dengan intensitas cahaya yang diterima. Rata-rata nilai resistansi LDR mencapai 200 kOhm dikala kondisi gelap dan mencapai 500 kOhm pada kondisi terang.

Salah satu bentuk aplikasi LDR ini ada pada sensor lampu penerang jalan otomatis, shutter pada kamera dan sistem keamanan (alarm).

Adapun bentuk dan simbol dari LDR sebagai berikut,



Mengukur LDR dengan Multimeter

Untuk mengukur nilai resistansi LDR dapat anda gunakan Multimeter. Ketika mengukur, pastikan anda dapat berada dikondisi jelas dan kondisi gelap.

Menguji LDR di Kondisi Terang

Langkah pengujian LDR pada kondisi jelas sebagai berikut,
  1. Skala selektor pada multimeter diposisikan pada Ohm
  2. Probe merah dan hitam dihubungkan pada kaki LDR. Karena LDR tidak mengenal kutub, maka anda bebas memasang di kaki manapun
  3. LDR diberikan cahaya
  4. Bisa anda lihat nilai kendala pada layar multimeter. Kisaran nilai kendala 500 Ohm.
Mengukur LDR di Kondisi gelap bergotong-royong sama saja langkahnya. Anda cukup mengkondisikan LDR berada dalam kondisi gelap. Kisaran nilai kendala pada kondisi gelap sekitar 200 Ohm.

Hasil pengukuran yang diperoleh bergantung pada intensitas cahaya pada LDR. Untuk satuan 'keterangan' cahaya dipakai Lux. Pada elektro LDR juga dikenal dengan nama Photo Resistor, Photocell atau Photo Conduction.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Cara Mengukur Nilai Kendala Light Dependent Resistor (Ldr)"