Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Pengertian Pasar Uang Dalam Ekonomi

 Pernahkan anda mendengar istilah pasar uang MEMAHAMI PENGERTIAN PASAR UANG DALAM EKONOMI
Pengertian Pasar Uang - Pernahkan anda mendengar istilah pasar uang? Mungkin bila pasar ikan, pasar buah atau pasar sayuran sudah sering terdengar dalam kehidupan keseharian anda, namun untuk istilah “pasar uang” sanggup jadi belum familiar dalam diri anda, nah untuk mengetahui dengan baik maka dalam postingan ini akan dibahas ihwal pengertian pasar uang. Pasar uang dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai sebuah pasar yang memperjualbelikan uang dalam bentuk surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu kurang dari satu tahun. melaluiataubersamaini demikian menurut pengertian ini, maka dalam pasar uang yang diperjual belikan ialah uang, apakah dalam pasar uang akan dijumpai penjual yang sedang menjajakan uang sebagaimana penjual buah yang menjajakan buah-buahan?? Tentu tidak menyerupai itu, dalam pasar uang anda tidak akan menjumpai penjual yang sedang menjajakan uang, namun anda akan menjumpai penjual yang sedang menjajakan surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu yang singkat yaitu kurang dari 1 tahun.


Dalam bahasa yang lain pasar uang sanggup pula diartikan sebagai sebuah pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran uang dalam bentuk surat-surat berharga yang berjangka waktu kurang dari satu tahun (jangka pendek).

Kaprikornus dari kedua pengertian yang sudah disampaikan diatas, maka sanggup diketahui bahwa Pasar uang termasuk golongan pasar abstrak.

Pasar absurd yaitu pasar yang  memperjualbelikan barang tetapi barangnya tidak tersedia dipasar tersebut, yang ada spesialuntuklah  Barang sebagai referensi yang bentuknya berupa: barang itu sendiri (dalam jumlah sedikit) dan surat-surat berharga. Selengkapnya ihwal produk dari pasar uang yang diperjual belikan silahkan lihat dalam artikel bentuk-bentuk surat berharaga jangka pendek pasar uang.

Dalam pasar uang, siapakah yang membutuhkan uang atau pihak yang memerlukan uang tunai? Dan siapakah pihak yang menyediakan uang tunai (dana) dalam pasar uang? Mungkin kedua pertanyaan itu akan muncul dalam anutan anda, oke penulis akan tanggapan satu persatu pertanyaan tersebut.

Pertanyaan pertama ihwal siapa pihak yang membutuhkan uang. Dalam pasar uang, Permintaan uang atau kebutuhan uang berasal dari pihak yang ingin meminjam atau pihak yang membutuhkan kredit, contohnya saja para pengusaha yang sedang membutuhkan uang untuk sebuah keperluan tertentu secepatnya, sementara pengusaha tersebut tidak mempunyai uang yang cukup untuk keperluannya tersebut, nah pada posisi ini maka pengusaha biasanya tetapkan untuk pergi ke pasar uang untuk memenuhi kebutuhan akan uang yang diharapkan tersebut dan menjual beberapa surat-surat berharga jangka pendek yang dimilikinya untuk menerima sejumlah uang tunai.


Sedangkan pertanyaan yang kedua terkena siapa yang menjadi penyedia atau sumber dana dalam pasar uang. Dalam pasar uang, penawaran uang berasal dari pihak  yang mempunyai kelebihan uang, biasanya dalam sebuah perusahaan tertentu mempunyai jumlah persediaan uang yang berlebih, nah alasannya ialah terdapat uang yang berlebih maka perusahaan tersebut tetapkan untuk menginvestasikan uang yang berlebih tersebut dalam pasar uang dengan cara membeli surat-surat berharga jangka pendek yang ada di pasar uang, dari investasi yang dilakukan tersebut diharapkan perusahaan yang membeli surat berharga jangka pendek itu akan menerima keuntungan.

Kesimpulan
Definisi pasar uang ialah pasar sebuah pasar yang memperjualbelikan uang dalam bentuk surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu kurang dari satu tahun, namun pada perkembangan zaman kini ini, pengertian pasar uang sudah berkembang lebih luas, pasar uang kini tidak lagi didefinisikan sebagai pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga jangka pendek saja tetapi dalam pasar uang juga diperjualbelikan valuta absurd atau mata uang asing. Jadi, dalam hal ini pasar valuta absurd dianggap sebagai salah satu bentuk dari pasar uang.

melaluiataubersamaini demikian, secara luas pasar uang diartikan sebagai pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga jangka pendek dan jugamemperjualbelikan valuta-valuta asing, selengkapnya ihwal pasar valuta absurd sanggup dipahami dalam pembahasan diberikutnya ihwal mengenal definisi pasar valuta asing.

Demikianlah pembahasan ihwal pengertian pasar uang dalam situs www.ekonomikontektual.com , biar apa yang disampaikan dalam artikel ini sanggup memmenolong anda dalam memahami pengertian pasar uang secara tepat sesuai bahan ekonomi kelas XI.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Memahami Pengertian Pasar Uang Dalam Ekonomi"