Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengukur Silicon Controlled Rectifier (Scr) Dengan Multimeter

Silicon Controlled Rectifoer atau biasa disingkat denga SCR yaitu dioda yang memiliki 3 terminal. 2 Terminal sebagai anoda dan katoda dengan fungsi yang sama dengan dioda pada lazimnya. Sementara 1 terminal lagi sebagai Gate yang berfungsi sebagai pengendali.
Silicon Controlled Rectifoer atau biasa disingkat denga SCR yaitu dioda yang memiliki  Cara Mengukur Silicon Controlled Rectifier (SCR) dengan Multimeter
SCR akan menghantarkan arus listrik bila diberi tegangan maju (Forward-Bias) dan harus memperoleh tegangan konkret di Gate. Untuk menguji SCR ini anda dapat gunakan multimeter. Berikut langkah pengujian SCR dengan memakai multimeter.

  1. Sakelar multimeter diposisikan pada R atau Ohm x10.000
  2. Probe hitam dihubungkan pada Anoda, dan Merah pada terminal katoda
  3. Perhatikan layar multimeter. Ini seharusnya mengatakan nilai kendala yang tinggi. Jika diperoleh nilai kendala rendah, dapat dibilang SCR telah rusak
  4. Sekarang ganti posisi Probe hitam dan merah. Perhatikan lagi menyerupai langkah ke tiga.
  5. Ketika posisi probe hitam dan merah dilangkah 4, anda hubungkan anoda dan Gate SCR dengan kabel jumper. Pada dikala ini SCR yang baik akan mengatakan nilai kendala yang rendah. Jumper tersebut berfungsi sebagai pemicu arus ke Gate.
Sebagai catatan, anda dapat mengunakan sakelar ke Ohm x100 atau x100 kalau arus yang diberikan multimeter tidak cukup untuk mengaktifkan SCR.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Cara Mengukur Silicon Controlled Rectifier (Scr) Dengan Multimeter"