Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Yang Memengaruhi Penawaran Uang Atau Uang Beredar

Seperti halnya usul uang, penawaran uang juga bersifat fluktuatif, artinya penawaran uang atau uang beredar bersifat tidak tetap atau selalu berubah-ubah. Hal tersebut terjadi lantaran terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penawaran uang.


melaluiataubersamaini kata lain kenaikan maupun penurunan jumlah penawaran uang disebabkan oleh beberapa faktor, faktor yang mengakibatkan penawaran uang terus mengalami perubahan antara lain ialah sebagai diberikut:

INI 5 Faktor yang mempengaruhi penawaran uang

Faktor Kebijakan Moneter Bank Sentral

Penawaran uang  atau jumlah uang yang beredar sangat dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan moneter yang dijalankan oleh Bank Sentral, dalam negara indonesia yaitu bank Indonesia. Bank sentral sanggup menambah atau mengurangi jumlah uang bereder melalui kebijakan moneter. Apa saja kebijakan moneter yang sanggup mempengaruhi penawaran uang? Kebijakan moneter yang dilakukan bank sentral antara lain ialah sebagai diberikut:
  1. Kebijakan Pasar Terbuka yaitu suatu kebijakan untuk melaksanakan pembelian atau penjualan surat berharga.
  2. Kebijakan Diskonto yaitu suatu kebijakan yang dilakukan dengan peningkatan atau penurunan tingkat suku bunga.
  3. Kebijakan Cadangan kas yaitu suatu kebijakan yang dilakukan dengan menambah atau mengurangi cadangan kas minimum.
  4. Kebijakan kredit selektif dan kredit longgar.
  5. Kebijakan mencetak uang gres dan menarikdanunik uang lama.

Faktor Tingkat Pendapatan Masyarakat



Tingkat pendapatan masyarakat mempunyai dampak yang kuat terhadap penawaran uang, semakin tinggi tingkat pendapatan masyarakat, maka akan mengakibatkan jumlah uang yang dimiliki masyarakat semakin banyak, sehingga jumlah penawaran uang atau jumlah uang yang beredar akan semakin banyak, demikian sebaliknya, kalau pendapatan masyarakat rendah maka jumlah uang yang dimiliki masyarakat juga sedikit sehingga penawaran uang juga sedikit.

Faktor Tingkat Harga

 penawaran uang juga bersifat fluktuatif FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENAWARAN UANG ATAU UANG BEREDAR
Faktor tingkat harga sangat kuat terhadap penawaran uang, Semakin tinggi tingkat harga barang atau jasa, maka akan mengakibatkan akan mengakibatkan jumlah penawaran uang juga meningkat. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Untuk memahaminya penulis ilustrasikan sebagai diberikut, Baru-baru ini dalam negara indonesia sudah terjadi kenaikan harga BBM, kenaikan Harga BBM tersebut memicu kenaikan biaya produksi, sehingga mengakibatkan Tingkat harga barang atau jasa mengalami kenaikan, dengan terjadinya kenaikan harga barang dan jasa maka otomatis ketersediaan uang beredar harus ditingkatkan jumlahnya biar masyarakat bisa membayar kenaikan harga barang dan jasa tersebut.

melaluiataubersamaini demikian jelaslah bahwa tingkat harga barang dan jasa sanggup mempengaruhi jumlah penawaran uang, semakin tinggi tingkat harga barang maka semakin banyak penawaran uang begitu juga sebaliknya.

Faktor Selera Masyarakat

Apabila terjadi peningkatan selera masyarakat terhadap suatu barang dan jasa maka akan mendorong terjadinya peningkatan usul terhadap barang dan jasa tersebut. Nah saat usul terhadap barang dan jasa meningkat, maka harga barang dan jasa tersebut akan mengalami peningkatan juga sehingga hal ini mengharuskan pemerintah menambah jumlah uang yang beredar, sehingga masyarakat bisa membayar kenaikan harga tersebut.

Faktor Peningkatan Produksi Barang dan Jasa

Terjadinya peningkatan produksi barang dan jasa akan mempengaruhi kenaikan penawaran uang, hal ini terjadi lantaran dengan terjadinya peningkatan produksi barang dan jasa maka pemerintah harus menambah jumlah uang beredar atau penawaran uang biar tidak terjadi deflasi. Karena apabila peningkatan produksi barang dan jasa tidak diimbangi dengan penambahan jumlah uang yang beredar akan mengakibatkan deflasi.

Faktor Kebijakan Anggaran yang Dianut

Kebijakan Anggaran yang dianut suatu negara sanggup mempengaruhi penawaran uang, contohnya saja apabila suatu negara menjalankan kebijakan anggaran defisit, maka semakin besar belanja negara akan mengakibatkan semakin banyak jumlah uang beredar atau penawaran uang, Hal ini lantaran pemerintah melalui bank Sentral harus berupaya menyediakan jumlah uang lebih banyak biar sanggup menutupi anggaran yang defisit.  Bagaimana caranya? Salah satu cara yang ditempuh ialah dengan melaksanakan pencetakan uang baru.

Demikianlah pembahasan wacana Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang. Sesudah memahami artikel ini maka dimasukankan kepada saudara untuk memahami juga artikel faktor-faktor yang mempengaruhi usul uang serta artikel kurva usul dan Kurva penawaran uang. Semoga artikel ini sanggup membuat anda lebih memahami wacana faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Faktor Yang Memengaruhi Penawaran Uang Atau Uang Beredar"