Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Filsafat Sejarah Berdasarkan Gwf Hegel

Sejarah berdasarkan Hegel yaitu proses perkembangan dari roh dalam waktu. Sementara alam didefenisikn sebagai perkembangan gagasan dalam ruang. Unsur utama pembentukan sistem tersebut secara keseluruhan dibuat oleh ‘the great triad’ atau tiga unsur agung yaitu : roh, alam dan gagasan. Ketiga unsur tersebut terhubung menyerupai tabel di bawah ini.
Tesis
Antitesis
sintesis
Unsur
Ide
Alam
Roh
Struktur
Dialektika
Ruang dan waktu
Waktu
Ilmu
Logika
Geometri
Sejarah

Sejarah berdasarkan Hegel yaitu proses perkembangan dari roh dalam waktu Filsafat Sejarah Menurut GWF Hegel
GWF Hegel
Sejarah Asli yang memaparkan wacana peristiwa, tindaka serta kondisi yang pada waktu sebelumnya telah disaksikan. Roh dalam hal ni bersifat pribadi mengalami.Pengamatan insiden sejarah sanggup saja merujuk pada insiden yang dialami orang lain.

Sejarah reflektif, kehadiran ditransedentalkan melalui roh, tidak waktu. Dalam hal ini terdapat beberapa jenis utama.
  1. Sejarah Universal dimana pembahasan wacana keseluruhan sejarah di dunia atau suatu negara. Pembentuk sejarah universal ini yaitu bahan historik dan elaborasi.
  2. Sejarah Pragmatis. Penulisan dalam halini berbentuk bagaimana melibatkan diri dalam dunia asing. Ini akan membuka anutan terhadap aktualitas yang timbul.
  3. Sejarah Kritis, penulisan yang mengedepankan narasi dibanding mendepankan aktualitas. Penyampaian fakta dan tujuan bermodel narasi.
  4. Sejarah terbuka, penulisan dilakukan dengan abnormal dengan mengadopsi sudut pandang yang umum. Contohnya yaitu sejarah agama, sejarah seni.
Sejarah Filosofis, dimana metode penulisan sejarah ini yaitu bentuk kontenplasi yang berkaitan dengan filsafat. Kebenaran nilai sejarah bergantung pada intuisi oleh si-penyampai. Baca juga Biografi Georg Wilhelm Friedrich Hegel.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Filsafat Sejarah Berdasarkan Gwf Hegel"