Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalkulator Menghitung Faktorial

Apa itu Faktorial? Apa Pengertian faktorial? Ini harus dikenal dulu sebelum lebih lanjut memakai kalkulator faktorial ini. Pengertian faktorial secara sederhana ialah mengalikan bilangan sampai dengan 1. Sebagai contoh, misalkan diketahui 5 faktorial maka kalikan 5 secara mundur sampai 1. Jadinya 5x4x3x2x1.

Pengenalan Faktorial


Telah disebutkan faktorial dipahami sebagai perkalian bilangan orisinil sampai batas tertentu. Faktorial dalam matematika disimbolkan dengan tanda seru. (!).  Ketika ingin menyatakan 4 faktorial, cukup ditulis dengan 4!. Artinya sama dengan 4x3x2x1. Secara umum faktorial sanggup ditulis dalam bentuk
n! = n. (n-1)! = n. (n-1).(n-2)...1
Beberapa sifat khusus terdapat dalam faktorial. Pertama, dalam faktorial tidak berlaku operasi menyerupai aljabar biasa. Perhatikan pola di bawah ini.

  1. 3!+5! bukan 8!. Untuk menyelesaiakan harus dihitung masing masing terlebih dahulu. 3! = 3x2x1 = 6. 5! = 5x4x3x2x1 = 120. Makara 3!+5! =126 bukan 8! Hal ini juga berlaku untuk pengurangan. 5!- 3! jadinya bukan 2!.
  2. 3! x 5! bukan 15! dan 15! : 3! bukan 5!. Penyelesaian tersebut harus dilakukan sebagai mana nomor satu. Selesaikan masin masing terlebih dahulu.
  3. n! = n.(n-1)! = n. (n-1).(n-2)! dan seterusnya. Contohnya : 5! = 5x4! = 5x4x3! dst
  4. Khusus untuk 0! =1. Ini merupakan sifat khusus faktorial. Berikut akan diperlihat kan buktinya kenapa 0! =1

Pembuktian 0! =1

Perhatikan kembali bentuk umum di atas. n! = n.(n-1)! = n. (n-1)...1. Atau sanggup dilihat sifat nomor 3 di atas. Pembuktian akan memakai bab tersebut.
n! = n.(n-1)!
maka (n-1)! = n! / n , ambil untuk n =1 maka akan diperoleh,
(1-1)! = 1!/1
0! = 1/1
0! = 1.  (Terbukti). Dengan cara yang sama sanggup dibuktikan juga bahwasany 1! =1, dengan mengambil n=2.

Kalkulator untuk Menghitung Faktorial

Untuk bilangan dengan nominal kecil, sanggup saja dikalikan dengan mudah. Seperti 5! tadi. Lalu bagaimana untuk perkara dengan nominal besar? Memang harus dikalikan juga, misal 20! (selamat mengalikan 20x19x18..1). Namun untuk mempermudah, kami menyediakan kalkulator yang sanggup dipakai untuk menghitung nilai faktorial. Misalkan 20!, sanggup dicoba di kalkulator ini.


Mau Menghitung. !

       
credit : marthayunanda

Itulah kalkulator yang gampang mudahan sanggup membantu dalam menghitung soal faktorial suatu bilangan. Untuk Kalkulator dan alat bantu hitung lainnya sanggup dilihat pada Daftar Isi/Sitemap blog ini dibagian menubar atas.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Kalkulator Menghitung Faktorial"