Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalkulator Untuk Menghitung Transformasi Geometri

Transformasi geometri yaitu perubahan bentuk geometrik dari sebuah objek. Objek tersebut sanggup saja titik, garis dan bangun. Untuk dasar transformasi geometri ini maka dipakai titik. Misalkan titik (3,1) ditransformasikan sehingga menjadi titik (4,2).
Transformasi geometri yaitu perubahan bentuk geometrik dari sebuah objek Kalkulator untuk Menghitung Transformasi Geometri

Transformasi Geometri : Translasi

Translasi merupakan perubahan posisi. Bentuk objek tidak akan berubah saat di translasikan. Dalam bahasa Indonesia translasi ini dikenal dengan pergeseran.

Untuk mencari pergeseran tergolong mudah. Nilai selesai di sanggup dari penjumlahan masing masing titik awal dengan vektor pen-translasinya. Misalkan titik (x,y) ditranslasikan dengan (a,b). Maka hasil balasannya yaitu (x+a, y+b). Contoh soal dan Pembahasan translasi.

Tentukan bayangan (hasil)  titik (2,4) yang ditranslasikan sejauh ( 5,1). Untuk menjawabnya kita tinggal menjumlah (2+5, 4+1) = (7,5). Kaprikornus hasil balasannya yaitu titik (7,5). Memang sangat gampang sekali, tetapi berikut ada kalkulator transformasi geometri untuk translasi yang mungkin nanti diperlukan saat sudah transformasi lebih dari 2 kali.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Translasi/Geser


Titik x = dan y=
ditranslasi oleh
a = dan b = .

     Copyright : marthayunandaTM

Transformasi Geometri : Rotasi

Rotasi, bumi berotasi pada sumbunya. Artinya bumi berputar pada sumbunya. Rotasi yaitu bentuk perubahan posisi suatu objek yang diputar dengan sudut tertentu. Dalam hal ini ada rotasi titik (x,y) dengan sudut A pada sentra (a,b). Atau rotasi titik (x,y) dengan sudut A pada sentra (0,0). Contoh soal dan Pembahasan soal perihal Rotasi ini misalnya:

Tentukan bayangan titik (1,4) yang dirotasikan sejauh 90 derajat dengan sentra (2,3)? Oh iya dalam rotasi juga harus diperhatikan jikalau sudut negatif rotasi searah jarum jam dan jikalau sudut faktual rotasi berlawanan arah dengan jarum jam.

Sekarang kita tidak akan membahas bagaiman menuntaskan rotasi. Di sekolah kau pasti sudah diajarkan. Tetapi, disini ada cara cepat menuntaskan soal rotasi. Yaitu dengan kalkulator menghitung rotasi di bawah ini.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Rotasi/Putar


Titik x = dan y=

dirotasi sebesar (Sudut) : derajat.

Dengan sentra a = , b = . (*Masukkan a= 0 dan b=0 jikalau sentra di O atau tidak diketahui)

     Copyright : marthayunandaTM

Transformasi Geometri Refleksi

Refleksi biasa juga diistilahkan dengan pencerminan. Semua tergantung cermin yang digunakan. Bisa dicerminkan terhadap sumbu x, pencerminan terhadap sumbu y, pencerminan terhadap garis x =k dan pencerminan terhadap garis y=k dan lain lain. Masing masing punya penyelesaian sendiri.

Pada Contoh soal dan Pembahasan Refleksi pasti biasa akan ditemui soal. Tentukan hasil pencerminan /refleksi dari titik (5,2) terhadap sumbu x, pencerminan terhadap garis y = -2 dan lain lain. Kita tidak akan membahas penyelesaian yang banyak tersebut. Untuk memudahkan kau sanggup memakai kalkulator untuk menuntaskan soal transformasi geometri refleksi di bawah ini. Silahkan dipilih nanti direfleksikan terhadap apa.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Refleksi/Pencerminan


Titik x = , y = .
k= . [ Isikan kolom ini dengan nilai k untuk refleksi x=k atau y = k, jikalau tidak biarkan kosong ]



     Copyright : marthayunandaTM


Transformasi Geometri : Dilatasi

Dilatasi merupakan sebuatan untuk perubahan ukuran. Perubahan ukuran tersebut dikarenakan perbesaran/diperkecil dengan skala k. Pada pola soal dan pembahasan dilatasi sanggup saja ditemukan dua tipe soal.

Dilatasi titik (x,y) dengan sentra (0,0). Tipe kedua Dilatasi titik (x,y) dengan sentra (a,b). Namun pada kesempatan ini kita tidak akan bahas bagaimana menyelesaikannya dengan berkarya di kertas. Kita akan menuntaskan dengan kalkulator untuk transformasi geometri : dilatasi di bawah ini.

Kalkulator Menyelesaikan Soal Dilatasi/ Perbesaran


Titik x = dan y=

di dilatasi sebesar k =

dengan sentra a = , b = .(*Masukkan a= 0 dan b=0 jikalau sentra di O atau tidak diketahui )

    Copyright : marthayunandaTM
Itulah kalkulator transfomasi geometri untuk menuntaskan soal translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi. Semoga kalkulator berikut ini sanggup mempunyai kegunaan dan membantu kau ya.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Kalkulator Untuk Menghitung Transformasi Geometri"