Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kultum Singkat Perihal Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Berpuasa

Kultum Keutamaan Ramadhan dan Berpuasa – Setelah sebelumnya kami sudah memperlihatkan teladan kultum perihal menyambut datangnya bulan ramadhan dan langkah-langkahnya maka kali ini satubahasa ingin membagikan kultum singkat lain yang tentunya masih berafiliasi dengan ramadhan dan puasa, sebab dalam berpuasa di bulan ramadhan tentunya banyak keutamaan-keutamaan yang harus kita ketahui. Nah bagi kau yang sedang mencari materi kultum yang singkat perihal keutamaan berpuasa eksklusif saja baca selengkapnya di bawah ini.

Kultum Singkat Keutamaan Bulan Ramadhan dan Berpuasa


>>>>>>>>> Muqaddimah <<<<<<<<<<<

Assalamualaikum Wr. Wb
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Dalam kesempatan ini, kita akan mengkaji beberapa wasiat Nabi kepada para sobat dia perihal keutamaan bulan Ramadan. Puasa yang dilakukan pada bulan bulan pahala merupakan salah satu ibadah yang paling banyak manfaat serta paling banyak pengaruhnya dalam membersihkan jiwa dan mengukir akhlaqul karimah.

Begitu banyak keutamaan yang sanggup kita ambil dari bulan ini, diantaranya sebagaimana firman Allah SWT. berikut:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَالْيَصُمْهُۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا أَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَۗ (البقرة: 185)
“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi insan dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa diantara kau yang hadir (di negara daerah tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa di bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib baginya baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain”. (QS. Al-Baqarah/2 : 185)
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Dalam ayat ini Allah SWT. menyebutkan dua keistimewaan bulan pahala yaitu:
•    Bulan diturunkannya al-Quran; dan
•    Bulan disyari’atkannya puasa.
Selain itu, Rasulullah pun bersabda:
قَدْ جَآءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مَبَارَكٌ اِفْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامُهٗ تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ، وَتُغَلُّ فِيْهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِيْنِ، لِلّٰهِ فِيْهِ لِيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرُهَا فَقَدْ حُرِمَ. (رواه النسائي)
“Telah tiba pada kalian bulan Ramadan, bulan penuh berkah, Allah telah mewajibkan pada kalian untuk berpuasa, pada bulan itu, dibuka pintu-pintu surga, dan ditutup pintu-pintu neraka dan setan-setan akan dibelenggu, pada bulan tersebut ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalangi untuk mendapatkannya, maka sungguh ia telah dihalangi (benar-benar tidak akan mendapatkannya”. (HR. Nasa’i).
 Setelah sebelumnya kami sudah memperlihatkan teladan kultum perihal menyambut datangnya bulan  Kultum Singkat Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan dan Berpuasa
Kultum Singkat Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan dan Berpuasa

Dari hadits ini sanggup kita ketahui beberapa keistimewaan bulan Ramadhan, yaitu:
•    Pada bulan ini, pintu nirwana dibuka
•    Pada bulan ini pula, pintu neraka ditutup
•    Setan-setan dibelenggu, dan
•    Pada bulan ini, terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan yang dinamakan lailatul Qadar.

Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Tentang keutamaan orang yang berpuasa, diantaranya menyerupai disabdakan Nabi SAW. sebagai berikut:
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلٰى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ، قَالَ اللهُ تَعَالٰى: إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهٗ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهٖ، تَرَكَ شَهْوَتَهٗ وَطَعَامَهٗ وَشَرَابَهٗ مِنْ أَجْلِى. لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ: فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهٖ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهٖ، وَلَخُلُوْفُ فَمِ الصَائِمِ عِنْدَ اللهِ أَطْيَبُ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ.
“Setiap amal kebaikan anak adam ialah baginya 10 kali yang semisal darinya hingga 700 kali lipat. Allah ta’ala berfirman: “kecuali puasa, sebab puasa ialah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwatnya, makannya, minumnya sebab Aku”. Bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan: kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan ketia berjumpa Tuhannya. Dan sungguh, anyir ekspresi orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari pada anyir misik”. (HR. Bukhori dan Muslim)
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Hadits ini memperlihatkan beberapa keutamaan orang yang berpauasa yaitu:
•    Pertama, pahala orang yang berpuasa dilipat gandakan dengan kelipatan yang tidak sanggup dihitung kecuali oleh Allah SWT.
•    Kedua, keikhlasan orang yang berpuasa melebihi keikhlasan saat menjalankan amalan lain.
•    Ketiga, Allah sendiri yang akan memperlihatkan akibat bagi orang yang berpuasa.
•    Keempat, orang yang berpuasa menerima dua kebahagiaan: kebahagiaan saat ia berbuka dan kebahagiaan saat ia berjumpa Rabbnya kelak.
•    Kelima, anyir ekspresi orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari pada anyir misk.
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Dalam hadits lain, Rasulullah SAW. bersabda:
إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهٗ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ.
“Sesungguhnya di dalam surga, terdapat sebuah pintu yang disebut ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan memasukinya pada hari selesai zaman yang tidak akan memasukinya orang-orang selain dari mereka”. (HR. Bukhori Muslim).

Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Selain itu, keutamaan orang yang berpuasa masih banyak lagi. Rasulullah SAW. bersabda:
صُمْتُ الصَّائِمِ تَسْبِيْحٌ وَنَوْمُهٗ عِبَادَةٌ وَدُعَاؤُهٗ مُسْتَجَابٌ وَعَمَلُهٗ مُضَاعَفٌ
“Diamnya orang yang berpuasa ialah tasbih, tidurnya dalah ibadah, do’anya mustajab dan amanya dilipatgandakan (pahalanya)”. (HR. Abi Dawun dan at-Tarmidzi).

Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Apa yang telah saya sampaikan tadi hanyalah sebagian kecil dari keutamaan dan keistimewaan bulan bulan pahala dan orang yang berpuasa. Oleh sebab itu marilah kita terus tingkatkan kualitas ibadah puasa kita dan memperbanyak amal ibadah kita di bulan yang istimewa ini.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَآئِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.

Itulah teladan kultum singkat perihal keutamaan bulan ramadhan dan orang-orang yang berpuasa, supaya bermanfaat dan sanggup menjadi materi materi kultum yang baik untuk anda. Jika ada salah-salah kata mohon maaf.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Kultum Singkat Perihal Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Berpuasa"