Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) Pada Cermin Datar

Berhubung aku seorang yang sangat bahagia sekali dengan geometri, salah satu bentuk aplikasi pencerminan atau refleksi yaitu ketika anda berbicara topik cermin datar. Lebih tepatnya yaitu perihal menggambar atau melukis bayangan pada cermin datar.

Berikut, aku akan berikan langkah dan cara melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar. Sebenarnya ini cukup sederhana.

Sebelumnya, sedikit kembali pada ilmu fisika, sifat bayangan dari pembentukan bayangan pada cermin datar yaitu maya, tegak dan sama ukurannya (sama besar). Ini disebabkan lantaran pantulan sinar dari cermin datar sangat teratur. Sederhananya, bagaimana bentuk benda maka menyerupai itu pula yang terlihat pada cermin datar tersebut.

Dalam pola cara melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar berikut ini kita akan ambil 3 kasus. Pertama cara melukis bayangan pada cermin datar untuk titik, kemudian menggambar bayangan pada cermin datar untuk garis dan berikutnya untuk sebuah bangkit dimensi 3.

Cara Menggambar Bayangan Titik pada Cermin Datar

Untuk menggambar bayangan titik pada cermin datar setidaknya harus memakai 2 berkas sinar tiba pada cermin. Berikutnya, menurut aturan Snellius, sudut tiba suatu berkas sinar sama dengan sudut pantulnya. Inilah yang menjadi prinsip utama cara melukis bayangan pada cermin datar.

Mari kita mulai,
Langkah 1: Misalkan anda diberikan sebuah titik dan cermin. Kemudian anda harus melukis bayangan titik pada cermin datar tersebut dimana jarak antara titik dan cermin sama dengan jarak bayangan pada cermin. Titik bayangan akan berada pada belahan dalam cermin tersebut lantaran kita ketahui sebelumnya sifat bayangan cermin datar yaitu maya. Artinya dapat kita bagi wilayahnya menyerupai berikut.
Berhubung aku seorang yang sangat bahagia sekali dengan geometri Langkah dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) pada Cermin Datar

Langkah 2: Gunakan dua sinar sembarang yang melewati benda. Anda boleh ambil 2 sinar datang, kemudian sudut sinar tiba tersebut dipantulkan sama dengan sudut pantul pada bidang pantul. Perhatikan sinar tiba yang berwarna kuning dan hijau di bawah ini. Sudut putih yaitu sudut tiba dan biru yaitu sudut pantul.
Berhubung aku seorang yang sangat bahagia sekali dengan geometri Langkah dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) pada Cermin Datar

Langkah 3: Perpanjang 'garis' pada pantul ke dalam cermin. Hingga garis pantul pertama (kuning) dan kedua (hijau) bertemu pada suatu titik. Di Titik tersebutlah bayangan benda kita. Hasil perpanjangannya dapat anda lihat sebagai garis putus putus di bawah ini.
Berhubung aku seorang yang sangat bahagia sekali dengan geometri Langkah dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) pada Cermin Datar
Sekarang anda telah mendapat bayangan titik merah, dimana bayangan tersebut ditunjukkan oleh titik berwarna biru.

Berikutnya, mari kita lanjutkan dengan melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar untuk objek 2 dimensi atau berupa garis.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Langkah Dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) Pada Cermin Datar"