Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Forum Penunjang Pasar Modal Dengan Benar

Lembaga Penujang Pasar Modal - Dalam pembahasan sebelumnya sudah disampaikan klarifikasi ihwal pelaku utama pasar modal, dalam pembahasan artikel ini akan dijelaskan ihwal Lembaga Penunjang Pasar Modal. Apakah forum penunjang pasar modal itu? Apa saja lembaga-lembaga yang menunjang acara pasar modal? Kedua pertanyaan inilah yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Lembaga penunjang pasar modal diartikan sebagai sebuah forum yang berperan untuk menunjang segala acara utama yang terjadi dalam pasar modal, lembaga-lembaga tersebut yaitu  bank kustodian, wali amanat, agen manajemen efek, penasihat investasi, penjamin emisi dan pemeringkat efek. Untuk lebih mengenal secara umum ihwal lembaga-lembaga tersebut silahkan simak pemaparan forum penunjang pasar modal diberikut ini:

6 Jenis Lembaga Penunjang Pasar Modal



1. Biro Administrasi Efek (BAE)
Biro manajemen ialah forum yang berperan untuk melaksanakan segala acara manajemen imbas untuk emiten yang mencakup acara pembukuan, acara transfer, acara registrasi, pemecahan surat kolektif saham, pembayaran dividen dan sebagainya.

2.Bank Kustodian
Bank kustodian ialah sebuah bank yang mempunyai fungsi untuk melaksanakan penyimpanan serta melaksanakan pengamanan fisik terhadap dokumen-dokumen efek.

3.Wali Amanat
Wali amanat ialah pihak-pihak yang sudah menerima iktikad untuk mewakili kepentingan para pedagang obligasi.

4.Pemeringkat Efek
Pemeringkat imbas ialah sebuah pihak yang mempunyai kiprah untuk mempersembahkan pendapat ihwal resiko suatu imbas secara adil, jujur, serta tidak memihak.

5.Penasihat Investasi
Penasihat investasi ialah sebuah pihak yangmemiliki kiprah untuk mempersembahkan pesan yang tersirat terkena investasi. Penasihat investasi hampir sama dengan manajer investasi. Namun terdapat perbedaan antara keduanya, perbedaannya yakni bila penasihat investasi spesialuntuk berperan untuk mempersembahkan nasihat, sedangkan manajer investasi berperan untuk memdiberi pesan yang tersirat sekaligus mengelola dana.

6.Penjamin Emisi
Penjamin emisi ialah sebuah pihak yang mempunyai kiprah mempersembahkan jaminan untuk membeli saham yang tidak sanggup habis terjual biar modal atau dana yang diharapkan emiten sanggup tercukupi.

Demikianlah Pembahasan ihwal macam-macam forum penunjang pasar modal. Sesudah memahami artikel ini silahkan baca artikel Kebaikan dan Keburukan Bursa Efek atau pasar modal. Semoga dengan artikel ini anda sanggup mengenal lembaga penunjang pasar modal dengan benar.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mengenal Forum Penunjang Pasar Modal Dengan Benar"