Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pengertian Dan Tujuan Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran - Sesudah sebelumnya kita sudah mencar ilmu terkena anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN, maka dalam artikel ini kita akan mencar ilmu ihwal kebijakan-kebijakan pemerintah dalam pengelolaan Anggaran yang sudah disusun, dalam hal ini dikenal dengan kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran. Apa itu kebijakan fiskal? Mengapa pemerintah perlu melaksanakan kebijakan fiskal? Kedua pertanyaan tersebut selengkapnya sanggup anda tanggapan dengan sempurna setelah anda memahami artikel ini dengan khusu atau khitmat.

Pengertian Kebijakan Fiskal atau kebijakan Anggaran



Kebijakan fiskal dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai segala kebijakan yang dilakukan untuk mengatur kondisi perekonomian negara menuju arah yang nyata yang dilakukan oleh negara dengan cara mengubah jumlah penerimaan dan mengubah jumlah pengeluaran negara atau dengan kalimat lain kebijakan fiskal ialah kebijakan untuk melaksanakan aneka macam penyesuaian-penyesuaian dalam bidang pengeluaran negara dan penerimaan negara dalam rangka memperbaiki keadaan perekonomian Negara sesuai dengan tujuan negara.

Kebjakan Fiskal yang dilakukan pemerintah mencakup bidang perpajakan dan penerimaan negara bukan pajak, penganggaran belanja negara, pengelolaan utang dan optimalisasi pembiayaan anggaran, serta penataan kelembagaan keuangan negara. Untuk memahami aneka macam macam dari kebijakan fiskal, silahkan menuju artikel Jenis-jenis kebijakan fiskal.

Tujuan pemerintah melaksanakan Kebijakan Fiskal

Pemerintah melaksanakan kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran, hal ini alasannya yaitu pemerintah menginginkan negara yang dipimpinnya menjadi negara yang makmur, sanggup bangun diatas kaki sendiri dan para rakyatnya hidup sejahtera, secara rinci tujuan dilaksanakannya kebijakan fiskal yaitu sebagai diberikut:
  1. untuk mewujudkan stabilitas perekonomian negara
  2. untuk mewujudkan tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi
  3. untuk menjaga kestabilan harga barang dan jasa secara umum
  4. untuk mengusahakan terciptanya keadilan  pendistribusian pendapatan.
  5. untuk membuat dan meningkatkan lapangan kerja

Demikianlah Pembahasan pengertian atau makna dari kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran dan pembahasan ihwal beberapa tujuan dilakukannya kebijakan fiskal. Semoga artikel yang sudah anda baca ini sanggup meningkatkan pemahaman anda terkena pengertian kebijakan fiskal dan tujuan-tujuan kebijakan fiskal.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mengenal Pengertian Dan Tujuan Kebijakan Fiskal"