Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Sistem Dan Asas Pemungutan Pajak

 Pemungutan pajak ialah suatu hal yang perlu diperhatikan dengan baik MENGENAL SISTEM DAN ASAS PEMUNGUTAN PAJAK
Sistem dan asas pemungutan pajak - Pemungutan pajak ialah suatu hal yang perlu diperhatikan dengan baik, semoga dalam proses pemungutan pajak kepada wajib pajak berjalan dengan lancar, maka pemerintah dihentikan absolut mengambilnya, Namun pemerintah harus memakai suatu cara yang tepat, cara menyerupai apa yang sempurna untuk mengambil pajak? Nah untuk mengetahuinya dengan baik maka silahkan anda pahami artikel ini, dalam artikel ini akan mengulas sistem dalam pemungutan pajak dan asas-asas dalam pemungutan pajak. Selengkapnya terkait sistem dan asas pemungutan pajak akan dipaparkan dalam uraian diberikut ini.

4 Sistem Pemungutan Pajak yang sering digunakan

Agar Pemungutan pajak berjalan dengan lancar, maka pelaksanaan pemungutan pajak kepada wajib pajak harus memakai sistem yang tepat, apa saja sistem yang ada dalam pemungutan pajak? Untuk mengetahui jenis-jenis sistem pemungutan pajak, silahkan simak klarifikasi diberikut:


Sistem pemungutan pajak dengan Semi-Self Assesment System

Dalam sistem ini, proses penghitungan pajak dilakukan oleh masyarakat yang menjadi wajib pajak bersama dengan aparatur pajak. Kemudian wajib pajak melaksanakan pembayaran pajak yang sudah dihitung bersama tersebut.

Sistem Pemungutan pajak dengan Official Assesment System

Dalam sistem ini, proses penghitungan pajak dilaksanakan oleh aparatur pajak atau kantor pajak, sedangkan para wajib pajak tinggal membayar pajak yang menjadi tanggungannya, berdasarkan hasil perhitungan pajak yang sudah dihitung oleh aparatur pajak atau kantor pajak.

Sistem Pemungutan pajak dengan With Holding System

Dalam sistem ini, Proses penghitungan pajak dilakukan oleh pihak ketiga yang sudah ditunjuk, jadi baik wajib pajak maupun aparatur pajak tidak melaksanakan penghitungan besarnya pajak yang harus dibayar wajib pajak.

Sistem pemungutan pajak dengan Self Assesment System

Dalam sistem ini, wajib pajak melaksanakan sendiri proses penghitungan pajak, setelah diketahui hasil perhitungan besarnya pajak maka selanjutnya wajib pajak melaksanakan pembayaran pajak sesuai hasil perhitungan yang sudah dilakukannya.

4 Asas Pemungutan Pajak berdasarkan bapak ekonomi (adam smith)



Pemungutan pajak hendaknya mengutamakan terciptanya kondisi yang adil dan tidak memberatkan wajib pajak, Untuk menuju terciptanya keadilan dan tidak membebani rakyat maka dalam pemungutan pajak harus memperhatikan beberapa asas atau prinsip dalam pemungutan pajak sebagaimana yang sudah dipaparkan oleh bapak ekonomi yaitu Adam Smith, yang lalu dikenal dengan istilah Smith’s Canon. Adapun istilah smith’s Canon terdiri dari 4 asas atau prinsip, selengkapnya tentang smith’s Canon yaitu sebagai diberikut:

Prinsip atau asas Kepastian (Certainly)

Prinsip certainly, menyatakan bahwa Pemungutan pajak harus terang dan pasti, sehingga wajib sanggup mengerti, selain itu sanggup memdiberi kegampangan dalam proses perhitungan dan administrasi.

Prinsip atau asas Keadilan/Kesamaan (Equity)

Prinsip Equity, menyatakan bahwa Pemungutan pajak harus dilakukan dengan adil dan sesuai dengan kemampuan setiap wajib pajak.

Prinsip atau Asas Ekonomi (Economy)

Prinsip Economy, menyatakan bahwa Pemungutan pajak wajib memenuhi syarat ekonomi, maksudnya yaitu bahwa hasil pajak sanggup untuk memenuhi kebutuhan negara dan pemungutan pajak tidak menghambat kemajuan ekonomi.

Prinsip atau asas Kelayakan (Convenience)

Prinsip Convenience, menyatakan bahwa Pemungutan pajak dihentikan memberatkan para wajib pajak, sehingga wajib pajak sanggup merasa bahagia dan tidak terbebani dalam membayar pajak.

Demikianlah pembahasan tentang sistem pemungutan pajak dan asas pemungutan pajak. Sesudah memahami artikel sistem dan asas pemungutan pajak ini dimasukankan kepada anda untuk melanjutkan pembelajaran anda tentang pajak khususnya perihal  Jenis-jenis pajak dan tarif pajak. Semoga anda sanggup memahami sistem dan asas pemungutan pajak setelah membaca artikel ini dengan baik.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mengenal Sistem Dan Asas Pemungutan Pajak"