Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Panjang Minimum Cermin Supaya Seluruh Badan Terlihat

Bercermin ialah salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan terutama bagi para kaum hawa. Cermin ialah alat optik yang digunakan untuk melihat wajah dan pecahan tubuh seseorang. Tanpa adanya cermin, kita tidak akan sanggup melihat bentuk wajah kita sendiri bukan? Tentunya sebelum ditemukannya kamera digital. Coba kalian amati gambar di bawah ini.

Bercermin ialah salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan te Rumus Panjang Minimum Cermin Agar Seluruh Tubuh Terlihat
Pada gambar di atas, seorang perempuan sedang melihat gaya busana yang dipakainya memakai cermin datar lebar dan panjang. Yang menjadi pertanyaannya adalah, kenapa perempuan tersebut memakai cermin yang lebar dan panjang? Iya, sebab bila memakai cermin yang kecil kita tidak akan sanggup melihat pecahan tubuh secara keseluruhan. Maksimal kita spesialuntuk sanggup melihat pecahan wajah kita saja tanpa menggeser cermin tersebut.

Lalu tahukan kalian berapa panjang minimum cermin biar seluruh tubuh kita sanggup terlihat? Nah, pada peluang kali ini kita akan mengulas ihwal cara mendapat rumus untuk memilih panjang minimum cermin biar seseorang sanggup melihat seluruh tubuhnya. Silahkan kalian simak baik-baik klarifikasi diberikut ini. Selamat belajar.

Rumus Panjang Minimum Cermin

Untuk memilih panjang minimum cermin biar seluruh tubuh tampak, kita sanggup melaksanakan analisis pembentukan bayangan pada cermin datar. Namun sebelum itu, kita bahas sedikit terkena Hukum Snellius pada pemantulan cahaya diberikut ini.
Hukum Snellius:
 Sinar hadir, garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
 Sudut hadir sama dengan sudut pantul.
 Sinar hadir tegak lurus cermin akan dipantulkan kembali.
Sekarang coba kalian cermati gambar ilustrasi pembentukan bayangan pada cermin datar diberikut ini.
Bercermin ialah salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan te Rumus Panjang Minimum Cermin Agar Seluruh Tubuh Terlihat
Pembentukan bayangan objek (manusia) pada cermin datar, diperlihatkan pada gambar di atas. Agar seluruh tubuh terlihat, maka sinar hadir harus berasal dari ujung kaki dan ujung kepala kemudian dipantulkan ke mata. Dari gambar di atas, mula-mula sinar 1 dari ujung kaki hadir menuju permukaan cermin dan dipantulkan ke mata. Lalu, sinar 2 hadir dari ujung kepala menuju permukaan cermin dan dipantulkan ke mata. Hasil perpantidakboleh sinar pantul 1 dan sinar pantul 2 menghasilkan bayangan yang bersifat maya.

Untuk mengetahui berapa panjang cermin yang diperlukan biar seluruh tubuh terlihat, kita harus menganalisis secara geometri bangun-bangun datar yang terbentuk hasil perambatan sinar-sinar hadir dan sinar pantul di atas. Oleh sebab itu, gambar di atas sanggup kita buat secara lebih sederhana ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Bercermin ialah salah satu acara yang tidak pernah lepas dari kehidupan insan te Rumus Panjang Minimum Cermin Agar Seluruh Tubuh Terlihat
Dari gambar di atas, AB yaitu tinggi insan sedangkan A”B” yaitu tinggi bayangannya pada cermin datar. Sementara itu, AB adalah panjang minimum cermin yang diperlukan biar seluruh tubuh terlihat. Berdasarkan Hukum Snellius, sudut hadir harus sama dengan sudut pantul, maka
BBO = OBE
Akibatnya BBE ialah segitiga sama kaki, sehingga:
BO = OE = ½ BE
Karena OE = BE maka
BE = ½ BE ………. Pers. (1)
melaluiataubersamaini cara yang sama, kita peroleh:
AE = ½ AE ………. Pers. (2)
Kemudian kita jumlahkan persamaan (1) dengan persamaan (2)
BE + AE = ½ BE + ½ AE
AB = ½ (BE + AE)
AB = ½ AB
Karena AB adalah panjang minimum cermin sedangkan AB yaitu tinggi manusia, maka rumus untuk memilih panjang minimum cermin yang diperlukan biar seseorang sanggup melihat seluruh tubuhnya yaitu sebagai diberikut.
Panjang Cermin Minimum
=
1
× tinggi badan
2

misal Soal dan Pembahasan
Hitunglah panjang minimum suatu cermin yang diperlukan biar seorang penari adab yang tinggi badannya 160 cm sanggup melihat seluruh tubuhnya.
Jawab:
Panjang minimum cermin yang diperlukan yaitu setengah kali tinggi tubuh seseorang, sehingga:
Panjang cermin minimum = ½ × tinggi badan
Panjang cermin minimum = ½ × (160 cm)
Panjang cermin minimum = 80 cm
Jadi, penari adab tersebut sanggup melihat seluruh tubuhnya apabila berdiri di depan cermin datar yang panjangnya 80 cm.

Demikianlah artikel ihwal cara memilih rumus untuk menghitung panjang minimum cermin biar seseorang sanggup melihat seluruh tubuhnya beserta pola soal dan pembahasan lengkap. Semoga sanggup bermanfaa untuk Anda. Apabila terdapat kesalahan tanda, simbol, karakter maupun angka dalam perhitungan mohon dimaklumi. Terimakasih atas kunjungannya dan hingga jumpa di artikel diberikutnya.

Sumber https://www.fisikabc.com/

Post a Comment for "Rumus Panjang Minimum Cermin Supaya Seluruh Badan Terlihat"