Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Dana Dan Bentuk Surat Berharga Pasar Uang

Sumber dana Pasar Uang - Dalam pembahasan sebelumnya wacana pasar uang sudah dijelaskan wacana pengertian pasar uang secara umum, menurut pembahasan tersebut saudara dikenalkan wacana apa itu pasar uang, nah kini dalam postingan ini akan dijelaskan wacana sumber dana dalam pasar uang, atau dengan kata lain postingan ini akan mengulas pihak mana sajakah yang menjadi penyedia dana dalam pasar uang.


Dalam postingan ini juga akan dijelaskan wacana produk-produk yang diperjual belikan dalam pasar uang atau bentuk surat berharga yang diperjual belikan dalam pasar uang. Secara lengkap wacana pembahasan sumber dana pasar uang dan bentuk surat berharga pasar uang ialah sebagai diberikut.

Sumber Dana dalam Pasar Uang

 Dalam pembahasan sebelumnya wacana pasar uang sudah dijelaskan wacana  SUMBER DANA DAN BENTUK SURAT BERHARGA PASAR UANG
Dalam pasar uang akan dijumpai jual beli surat berharga yang berjangka pendek atau berjangka kurang dari 1 tahun, Dalam jual beli tersebut tentu terdapat penjual dan pembeli, nah dalam pasar uang pihak yang menjual surat berharga ialah pihak yang membutuhkan uang sedangkan pihak yang membeli surat berharga ialah pihak yang mempunyai uang yang berlebih sehingga berfikir untuk menginvestasikan (membeli) uang berlebih tersebut (iddle money) dalam surat berharga jangka pendek pada pasar uang. Kaprikornus darimanakah sumber dana pasar uang? Sumber dana dalam pasar uang berasal dari pihak-pihak yang mempunyai kelebihan uang (iddle money) yang membeli produk-produk dalam pasar uang, lebih jelasnya silahkan baca ilustrasi transaksi di pasar uang. Adapun pihak-pihak tersebut antara lain sebagai diberikut :
  1. Dana dari perusahaan-perusahaan (seperti perusahaan manufaktur, perusahaan jasa dan dagang).
  2. Dana masyarakat umum
  3. Dana dari bank (baik bank pemerintah atau swasta).
  4. Dana dari kelebihan kas BUMN (Badan Usaha Milik Negara).
  5. Dana dari forum keuangan bukan bank (seperti Yayasan Dana Pensiun).

Bentuk-Bentuk Surat Berharga Pasar Uang



Dalam pasar uang yang menjadi produk untuk diperjual belikan ialah surat berharga jangka pendek saja, apa saja bentuk surat berharga jangka pendek? Untuk mengetahuinya silahkan anda lihat diberikut ini:
  1. Sertifikat Bank Indonesia (SBI).
  2. Pinjaman sewaktu-waktu (Call Money).
  3. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).
  4. Surat Utang Negara (SUN).
  5. Aksep (Banker’s Acceptent).
  6. Promes (Promissory Notes).
  7. Wesel dagang (Treasurry Bill).
  8. Sertifikat deposito jangka pendek.
  9. Reporchase Agreement.
  10. Kertas perbendaharaan negara (Commercial Paper).
Demikianlah Pembahasan sumber-sumber dana dalam pasar uang dan bentuk-bentuk surat berharga dalam pasar uang, setelah memahami artikel ini dengan baik, silahkan anda lanjutkan pemahaman wacana pasar uang selanjutnya yaitu wacana manfaat dan resiko dalam pasar uang. Semoga postingan ini sanggup menambah pemahaman anda wacana pasar uang khususnya terkait sumber dana dan bentuk surat berharga pasar uang.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Sumber Dana Dan Bentuk Surat Berharga Pasar Uang"