Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Dari Beberapa Istilah Jenis Data Dalam Statistika

Di bawah ini akan diberikan beberapa istilah dalam jenis jenis data dalam statistika. Istilah tersebut dilengkapi dengan pengertian dan defenisinya masing-masing.

Data kuantitatif . Pengertian dari Data kuantitatif ialah data yang didapatkan dari pengukuran pada objek penelitian dengan menilai dengan memanfaatkan skala angka atau numeric.

Data kualitatif.Defenisi dari ialah perolehan data dari objek penelitian dengan memanfaatkan skala kategorik atau data kategori. Dalam hal ini ada dua bentuk data kualitatif yaitu data nominal dan data ordinal.

Data ordinal. Arti dari data Ordinal ialah perolehan data yang berasal dari pengelompokkan setiap unsur yang diteliti. Dasar pengelompokkan data ini mempunyai strata atau tingkatan (ordered). Contoh data ordinal pada observasi terhadap sate; sanggup dibentuk pengumpulan data dengan kategori Suka – Biasa – Tidak Suka.

Data nominal. Pengertian data Nominal ialah perolehan data pada elemen objek observasi dimana pada pengelompokkan tidak mengenal urutan atau strata atau tingkatan. Contoh data nominal pengelompokkan menurut jenis kelamin. Perempuan atau Laki-Laki.

Data cross section. Arti dari Data Cross Section ialah perolehan data yang didapat dari variable yang berbeda namun hal tersebut dilakukakn pada standar waktu atau perioda waktu yang bersamaan.

Data time series. Arti dari data time series ialah perolehan data yang didapat dari variable yang sama. Namun dilakukan dalam waktu yang berbeda. Contohnya pada penelitian Tindakan Kelas.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Arti Dari Beberapa Istilah Jenis Data Dalam Statistika"