Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beda Bencana Saling Lepas Dan Saling Bebas

Dalam bahan pembahasan peluang sering menjadi kebingungan antara insiden saling lepas dan saling bebas. Jika dibaca sekilas, maka ini tampaknya sama. Memang secara garis besar ini sama sebab melibatkan dua atau lebih kejadian. Tetapi, pada penerapannya, antara insiden saling lepas dan saling bebas terdapat beberapa perbedaan. Coba disimak klarifikasi berikut ini,

Kejadian Saling Lepas

Kejadian Saling lepas ialah dua insiden yang tidak saling menghipnotis satu sama lainnya. Contoh insiden saling lepas ini dalam kehidupan sehari hari menyerupai tidur dan makan. 2 insiden tersebut tidak sanggup terjadi secara bersamaan dan tidak saling menghipnotis (dalam artian waktu kejadian).

Secara matematis, insiden saling lepas ini sanggup dirumuskan sebagai berikut,
P(A∪B) = P(A)+P(B) 
Lawan dari insiden saling lepas ini ialah insiden tidak saling lepas. Rumus untuk insiden tak saling lepas ini adalah
P(A∪B) = P(A)+P(B)- P(A∩B)
Dimana A dan B ialah insiden pertama dan insiden kedua. Sederhananya antara insiden pertama dan insiden kedua tidak ada korelasi sama sekali. Biasanya pada soal soal matematika ini ditandai dengan kata hubung ATAU antara pernyataan insiden pertama dan pernyataan insiden ke-dua. LEPAS!

Kejadian Saling Bebas

Kejadian saling bebas ialah dua insiden dimana ada korelasi antara insiden pertama dan kedua. Dalam kata lain, insiden ini sanggup terjadi dalam waktu bersamaan. Contohnya dalam kehidupan sehari hari menonton TV dan makan. Kita sanggup melaksanakan hal tersebut dalam suatu waktu. Itulah arti dari insiden saling bebas.

Secara matematis, menghitung insiden saling bebas dipakai rumus,
P(A∩B) = P(A).P(B).
Terdapat perhiasan kepingan rumus yaitu  P(A∩B), ini merupakan peluang dimana insiden A dan B terjadi bersamaan. Pada soal matematika biasanya akan memakai kata hubung DAN antara insiden pertama dan insiden kedua.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Beda Bencana Saling Lepas Dan Saling Bebas"