Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggambar Kurva Seruan Menurut Fungsi Permintaan

Dalam post sebelumnya wacana cara mencari fungsi permintaan, sudah dijelaskan bagaimana mencari fungsi permintaan, nah setelah ditemukan fungsi ajakan maka kita sanggup menggambar kurva ajakan menurut fungsi permintaan. Bagaimanakan menggambar kurva ajakan menurut fungsi permintaan? Dalam post ini akan dijelaskan secara tuntas wacana cara menggambar kurva ajakan menurut fungsi permintaan.


Untuk sanggup menggambar kurva ajakan dari sebuah fungsi permintaan, maka kita harus memilih dua buah titik potong yaitu titik potong sumbu Q dan titik potong sumbu P. Untuk mentukan titik potong sumbu Q maka syaratnya nilai P harus 0 (nol) sedangkan untuk memilih titik potong sumbu P maka nilai Q harus sama dengan nol (0). Untuk lebih jelasnya perhatikan rujukan diberikut ini:

Diketahui fungsi ajakan bubur ayam yaitu Qd = 30 – 2P. Untuk menggambar kurva menurut fungsi ajakan tersebut, kita harus memilih titik potong sumbu Q dan titik potong sumbu P terlebih lampau (hal ini alasannya yaitu fungsi ajakan bubur ayam tersebut berbentuk garis lurus atau linear). sepertiyang yang disebutkan di atas untuk memilih titik potong sumbu Q maka nilai P harus sama dengan nol (0) sehingga untuk memilih titik potong sumbu Q gantilah abjad P yang terdapat dalam fungsi ajakan tersebut dengan angka nol (0) sedangkan untuk memilih titik potong sumbu P maka syaratnya nilai Q harus sama dengan nol (0) sehingga gantilah abjad Q dalam fungsi ajakan dengan angka nol (0).
melaluiataubersamaini demikian, penyelesaian soal di atas selengkapnya sanggup dipahami diberikut ini:

PEMBAHASAN
Diketahui Qd = 30 – 2P

Langkah 1 Menentukan titik potong sumbu Q
Syarat untuk memilih titik potong sumbu Q yaitu nilai P=0
Qd = 30 – 2P
Qd = 30 – 2(0)
Qd = 30 – 0
Qd = 30 melaluiataubersamaini demikian didapat titik (30,0)

Langkah 2 Menentukan titik potong sumbu P
Syarat untuk memilih titik potong sumbu P yaitu nilai Q = 0
Qd = 30 – 2P
0 = 30 – 2P
2P = 30
P = 15 melaluiataubersamaini demikian diperoleh titik (0,15)


Berdasarkan titik potong sumbu Q dan titik potong sumbu P yaitu titik (30,0) dan titik (0,15), maka kini kita sanggup menggambar kurva permintaannya, yaitu sebagai diberikut:

Dalam post sebelumnya wacana cara mencari fungsi ajakan CARA MENGGAMBAR KURVA PERMINTAAN BERDASARKAN FUNGSI PERMINTAAN

Keterangan:
Sesudah ditemukan titik potong sumbu Q dan tiktik potong sumbu P, maka langkah pertama yaitu membuat garis Q berupa garis horizontal dan garis P berupa garis vertikal, setelah dibentuk garis Q dan P maka diberilah angka-angka pada sepanjang garis Q dan Garis P dengan interval atau skala (jarak angka satu dengan angka lainnya) yang sama, dalam gambar kurva di atas memakai skala 15, sehingga dimulai dengan angka 0 kemudian 15, 30 dan seterusnya. Sesudah garis Q dan P didiberi angka-angka maka langkah terahir yaitu menetapkan titik potong sumbu q dan sumbu P sesuai dengan titik koordinat yang sudah ditemukan yaitu titik (30,0) dan titik (0,15) langkah terahir untuk menggambar kurva yaitu dengan menghubungkan kedua titik potong dengan sebuah garis.

KESIMPULAN
Untuk sanggup membuat kurva ajakan dari sebuah fungsi, maka langkah yang harus dilakukan yaitu memilih titik potong sumbu Q dan memilih titik potong sumbu P. Titik Potong sumbu Q sanggup dicari dengan syarat nilai P harus bernilai nol (0) sedangkan titik potong sumbu P sanggup dicari dengan syarat nilai Q harus sama dengan nol (0). Demikianlah pembahasan wacana cara membuat kurva ajakan menurut fungsi permintaan. Sesudah memahami konsep ajakan dengan baik mulai dari pengertian ajakan sampai pada fungsi ajakan serta kurva ajakan maka dimasukankan untuk memahami konsep penawaran.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Cara Menggambar Kurva Seruan Menurut Fungsi Permintaan"