Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Jarak, Kecepatan Dan Percepatan Dari Grafik Glb-Glbb

Dalam artikel wacana macam-macam grafik gerak benda dan cara membacanya, sudah dijelaskan bahwa grafik gerak benda (gerak lurus) secara umum ada tiga jenis yaitu grafik jarak terhadap waktu (grafik s-t), grafik kecepatan terhadap waktu (grafik v-t) dan grafik percepatan terhadap waktu grafik a-t).

Dalam artikel itu juga sudah dijelaskan terkena cara memilih jarak, kecepatan dan percepatan benda menurut grafik gerak benda tersebut. Namun dalam artikel tersebut belum dijelaskan secara spesifik terkena jenis grafik geraknya, apakah termasuk grafik gerak lurus beraturan (GLB) atau gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

Oleh alasannya yaitu itu, artikel kali ini akan mengulas secara spesifik terkena cara menenetukan jarak, kecepatan dan juga percepatan dari grafik GLB dan GLBB serta grafik adonan antara GLB dengan GLBB. Untuk itu silahkan kalian pelajari dengan seksama pola cara menghitung nilai beberapa bemasukan gerak dari aneka macam jenis grafik diberikut ini.

misal Soal 1
Grafik di bawah ini menawarkan kekerabatan antara jarak yang ditempuh s dan waktu t untuk sebuah benda yang bergerak dalam garis lurus.
macam grafik gerak benda dan cara membacanya Teknik Menghitung Jarak, Kecepatan dan Percepatan dari Grafik GLB-GLBB
Tentukan:
  1. Kecepatan benda
  2. Percepatan benda
  3. Jarak tempuh benda dalam waktu 2 ½ sekon
  4. Kecepatan benda dikala t = 4 sekon

Penyelesaian
Perhatikan gambar grafik di atas, bentuk kurva grafik s-t tersebut yaitu linear sehingga benda bergerak lurus beraturan (GLB).
  1. Kecepatan benda
Kecepatan benda ialah kemienteng kurva grafik s-t
v = (s  s0)/(t  t0)
v = (0  4)/(5  0)
v = 4/5
jadi kecepatan benda adalah 4/5 cm/s. Karena kecepatan ialah bemasukan vektor maka besar kecepatan sanggup berharga negatif. Tanda negatif menawarkan bahwa benda bergerak mundur.

  1. Percepatan benda
Karena benda ber-GLB maka percepatan benda yaitu nol atau a = 0. (ingat ciri-ciri gerak lurus berubah beraturan)

  1. Jarak tempuh selama t = 2 ½  sekon
melaluiataubersamaini memakai rumus jarak pada GLB, maka:
s = s0 + vt
s = 4 + {(4/5)( 2 ½)}
s = 4 + (2)
s = 2
jadi jarak yang ditempuh benda selama 2 ½ bergerak yaitu 2 cm

  1. Kecepatan dikala t = 4 sekon
Pada gerak lurus beraturan (GLB) kecepatan benda selalu tetap di titik manapun sepanjang lintasan. Kaprikornus kecepatan benda dikala t = 4 detik adalah 4/5 cm/s.

misal Soal 2

Sebuah kendaraan beroda empat bergerak lurus dengan grafik kecepatan terhadap waktu ibarat pada gambar di bawah ini.
macam grafik gerak benda dan cara membacanya Teknik Menghitung Jarak, Kecepatan dan Percepatan dari Grafik GLB-GLBB
Tentukan
Percepatan benda dalam selang waktu:
  1. 0 4 sekon
  2. 4 sekon  10 sekon
  3. 10 sekon  12 sekon

Penyelesaian
Berdasarkan grafik v-t di atas, terdapat tiga interval waktu yaitu 0  4 s, 4  10 s dan 10  12 s. Misalkan benda bergerak dari titik a (0) ke titik b (4 s) kemudian ke titik c (10 s) dan terakhir ke titik d (12 s) digambarkan dalam grafik penyelesaian diberikut ini.
macam grafik gerak benda dan cara membacanya Teknik Menghitung Jarak, Kecepatan dan Percepatan dari Grafik GLB-GLBB
  1. Percepatan benda dalam selang waktu 0  4 sekon
Selang waktu 0  4 sekon berarti benda bergerak dari titik a ke titik b. alasannya yaitu kurva v-t dari titik a ke b yaitu linear naik, berarti benda bergerak lurus beraturan dipercepat (GLBB dipercepat) sehingga benda mengalami percepatan (a  0). Besar percepatan benda adalah:
a = v/t
a = (vb  va)/(tb  ta)
a = (20  0)/(4  0)
a = 20/4
a = 5
jadi dalam selang waktu 0  4 sekon percepatan benda yaitu 5 m/s2

  1. Percepatan benda dalam selang waktu 4  10 sekon
Selang waktu 4  10 sekon berarti benda bergerak dari titik b ke titik c. alasannya yaitu kurva v-t dari titik b ke c yaitu lurus horizontal (sejajar sumbu t), berarti benda bergerak lurus beraturan (GLB) sehingga percepatan benda yaitu nol (a = 0).

  1. Percepatan benda dalam selang waktu 10  12 sekon
Selang waktu 10  12 sekon berarti benda bergerak dari titik c ke titik d. alasannya yaitu kurva v-t dari titik c ke d yaitu linear turun, berarti benda bergerak lurus beraturan diperlambat (GLBB diperlambat) sehingga benda mengalami perlambatan. Besar perlambatan benda adalah:
a = v/t
a = (vd  vc)/(td  tc)
a = (0  20)/(12  10)
a = 20/2
a = 10
jadi dalam selang waktu 10  12 sekon perlambatan benda adalah 10 m/s2. Perlambatan yaitu percepatan yang berharga negatif.

misal Soal 3
Lisa melaksanakan perjalanan dengan memakai kendaraan beroda empat dari kota A ke kota B yang geraknya diperlihatkan dalam grafik di bawah ini.
macam grafik gerak benda dan cara membacanya Teknik Menghitung Jarak, Kecepatan dan Percepatan dari Grafik GLB-GLBB
Sumbu y sebagai komponen kecepatan dan sumbu x sebagai komponen waktu. Jarak yang ditempuh kendaraan tersebut selama selang waktu dari menit ke-0 hingga menit ke-180 adalah

Penyelesaian
Perhatikan kembali gambar grafik v-t  di atas. Satuan kecepatan pada grafik tersebut yaitu km/jam sedangkan satuan waktunya yaitu menit. Oleh alasannya yaitu itu kita perlu melaksanakan konversi satuan pada waktu, yaitu dari menit menjadi jam. Sesudah dikonversi, maka grafik di atas menjadi ibarat gambar diberikut.
macam grafik gerak benda dan cara membacanya Teknik Menghitung Jarak, Kecepatan dan Percepatan dari Grafik GLB-GLBB
Dari grafik kita dapatkan:
  • Gerak  ab (GLBB dipercepat)
aab = v/t
aab = vab/tab
aab = (40  0)/(0,5  0)
aab = 40/0,5
aab = 80 km/jam2

sab = vab tab + ½ aab tab2
sab = 0(0,5) + ½ (80)(0,5)2
sab = 0 + 10 km
sab = 10 km

  • Gerak  bc (GLB  kecepatan tetap)
sbc = vbc tbc
sbc = 40(1  0,5)
sbc = 20 km

  • Gerak  cd (GLBB diperlambat)
acd = v/t
acd = vcd/tcd
acd = (0  40)/(1,5  1)
acd = 40/0,5
acd = 80 km/jam2

scd = vcd tcd + ½ acd tcd2
scd = 40(0,5) + ½ (80)(0,5)2
scd = 20  10
scd = 10 km

  • Gerak  de  (GLB  benda membisu v = 0)
sde = vde tde
sde = 0(2  1,5)
sde = 0 km

  • Gerak  ef (GLBB diperlambat  berbalik arah)
aef = v/t
aef = vef/tef
aef = (40  0)/(2,5  2)
aef = 40/0,5
aef = 80 km/jam2

sef = vef tef + ½ aef tef2
sef = 0(0,5) + ½ (80)(0,5)2
sef =0  10
sef = 10 km

  • Gerak  fg (GLBB dipercepat  berbalik arah)
afg= v/t
afg= vfg/tfg
afg= 0(40)/(3  2,5)
afg= 40/0,5
afg= 80 km/jam2

sfg= vfg tfg + ½ afg tfg2
sfg= 40 (0,5) + ½ (80)(0,5)2
sfg= 20 + 10
sfg= 10 km

Jarak tempuh dari lintasan a hingga g yaitu sebagai diberikut:
sab = 10 km
sbc = 20 km
scd = 10 km
sde = 0 km
sef = 10 km
sfg= 10 km

Perhatikan sef dan sfg yang bernilai negatif. Karena jarak ialah bemasukan skalar, maka jarak selalu berharga positif. melaluiataubersamaini demikian jarak total yang ditempuh kendaraan dari menit ke-0 hingga ke-180 yaitu sebagai diberikut:
stotal = sab + sbc + scd + sde + sef  + sfg
stotal = 10 + 20 + 10 + 0 + |10| + |10|
stotal = 60 km.
Selain dengan memakai rumus, jarak tempuh total pada grafik di atas sanggup ditentukan dengan memakai luas berdiri yang dibuat kurva dengan sumbu t positif.

Dari grafik v-t di atas didapat:
s = luas grafik v-t
s = luas I + luas II + luas III
s = luas trapesium + garis + luas segitiga
s = ½ (1,5 + 0,5)40 + 0 + ½ (1)(40)
s = 40 +  20
s = 60 km.

misal Soal 4

Grafik dibawah ini melukiskan kekerabatan antara kecepatan dengan waktu benda P dan Q.
macam grafik gerak benda dan cara membacanya Teknik Menghitung Jarak, Kecepatan dan Percepatan dari Grafik GLB-GLBB
Berdasarkan grafik tersebut, tentukan:
  1. Pecepatan Q
  2. Percepatan P
  3. Waktu ketika P dan Q bertemu
  4. Jarak P dan Q bertemu diukur dari posisi awal
  5. Kecepatan P dan Q dikala bertemu

Penyelesaian
  1. Pecepatan Q
aQ = v/t
aQ = (15  0)/(3  2)
aQ = 15 m/s2

  1. Percepatan P
aP = v/t
aP = (15  0)/(3  0)
aP = 5 m/s2

  1. Waktu ketika P dan Q bertemu
P dan Q bertemu dikala sP = sQ
Misalkan P dan Q bertemu pada dikala tS dan tP = tS maka tQ = tS  2.
sP
=
sQ
½ aPtP2
=
½ aQtQ2
½(5)tS2
=
½(5)(tS  2)2
tS2
=
3 (tS2  4tS + 4)
tS2
=
3tS2  12tS + 12
tS2  6tS + 6
=
0
melaluiataubersamaini rumus ABC maka
tS
=
6 ± {62  (4)(1)(6)}
2 × 1
Didapat nilai tS yang mungkin
tS = 3 + 3  4,7 detik.
  1. Jarak P dan Q bertemu diukur dari posisi awal
P dan Q akan bertemu pada jarak:
s = sP
s = ½ aPtP2
s = ½ (5)(3 +3)2
s = 30 + 153 m
s  55,5 m

  1. Kecepatan P dan Q dikala bertemu
P dan Q bertemu dikala kecepatannya:
vP = v0P + aPtP
vP = 0 + 5(3 + 3)
vP = 15 + 53 m/s

Demikianlah artikel wacana cara menghitung jarak, kecepatan dan percepatan dari grafik gerak lurus beraturan (GLB) dan grafik gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Semoga sanggup bermanfaa untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan hingga jumpa di artikel diberikutnya.

Sumber https://www.fisikabc.com/

Post a Comment for "Cara Menghitung Jarak, Kecepatan Dan Percepatan Dari Grafik Glb-Glbb"