Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Penawaran Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Sesudah menguasai konsep permintaan dengan baik maka kini saatnya memahami konsep penawaran. Penawaran dalam ilmu ekonomi didefinisikan sebagai jumlah produk baik berupa barang maupun jasa yang ditawarkan oleh penjual atau produsen pada aneka macam tingkat harga dalam kurun waktu tertentu. melaluiataubersamaini demikian dalam definisi penawaran terdapat tiga poin penting untuk dikuasai yang pertama adanya produk yang ditawarkan, yang kedua adanya tingkat harga (produk yang ditawarkan memiliki harga tertentu), dan yang ketiga adanya kurun waktu tertentu,bisa per hari, per bulan dan sebagainya.


Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali penerapan penawaran, contohnya saja ketika anda pergi ke pasar buah, dalam pasar buah tersebut tentu anda akan melihat banyak penjual buah yang sedang menjajakan barang dagangannya, ada yang menjual anggur, jeruk, semangka dan sebagainya. Kalau kita sesuaikan definisi penawaran dengan penerapannya dalam pasar buah tersebut, maka produk yang ditawarkan dipasar buah yaitu buah-buahan menyerupai anggur, jeruk dan sebagainya, produk yang ditawarkan oleh penjual buah memiliki harga (tidak gratis) contohnya harga harga 1 Kg jeruk Rp 10.000.

Penawaran sanggup dikelompokkan menjadi dua yaitu penawaran individu dan penawaran kolektif atau penawaran pasar. Penawaran individu yaitu penawaran yang berasal dari seorang penjual, contohnya penawaran dari Hasan atau penawaran dari ardi. Penawaran kolektif atau penawaran pasar, yaitu penawaran yang ialah kumpulan dari penawaran individu. Untuk lebih jelasnya ihwal penawaran individu dan penawaran kolektif atau penawaran pasar, silahkan lihat tabel diberikut ini:

Sesudah menguasai konsep permintaan dengan baik maka kini saatnya memahami konsep  PENGERTIAN PENAWARAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Faktor yang mensugesti penawaran




Sesudah memahami definisi atau pengertian penawaran dan jenis penawaran maka selanjutnya anda diperlukan untuk memahami faktor-faktor yang mensugesti penawaran. sepertiyang halnya permintaan, penawaran juga bersifak fluktuatif atau bersifat berubah-ubah (tidak tetap). Penawaran bisa naik dan turun atau sanggup bertambah atau berkurang. Cohtohnya ketika menjelang Idul Fitri, para produsen atau penjual busana muslim baik baju koko, sarung, gamis dan sebagainya berlomba-lomba menambah penawaran. melaluiataubersamaini aneka macam cara, produsen berusaha menarikdanunik minat pembeli biar bersedia membeli aneka macam barang dan jasa yang ditawarkan contohnya dengan mempersembahkan serpihan harga terhadap barang yang dijualnya. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi naik turunnya penawaran, untuk lebih jelasnya silahkan pahami pemaparan diberikut ini:

a)Faktor Harga Barang atau Jasa
Bila harga suatu barang atau jasa naik, penjual atau produsen akan menambah penawarannya sebaliknya apabila harga suatu barang atau jasa tertentu turun, maka penjual atau produsen akan mengurangi penawaran barang atau jasa tersebut.

b)Faktor Biaya Produksi
Jika biaya produksi suatu barang atau jasa tertentu naik maka penjual atau produsen akan menurunkan penawaran barang atau jasa tersebut, hal ini sebab jika harga jual tetap sedangkan biaya produksi naik maka laba yang didapat makin sedikit atau bahkan bisa mengalami kerugian. Sebaliknya, jika biaya produksi turun, penjual atau produsen akan menambah penawarannya.

c)Faktor Tingkat Teknologi
Apabila produsen dalam proses produksi barang atau jasa memakai teknologi modern maka hal ini sanggup meningkatkan penawaran sebab dengan teknologi yang modern bisa menghasilkan barang atau jasa dengan lebih cepat dan lebih banyak.

d)Faktor Jumlah Produsen
Munculnya produsen gres otomatis akan menambah penawaran sebab bertambahnya jumlah barang atau jasa yang diproduksi, sebaliknya berkurangnya jumlah produksi akan mengurangi penawaran.

e)Faktor Jenis Barang atau Jasa
Apabila barang atau jasa yang ditawarkan termasuk jenis musiman maka jika hadir musimnya penawaran akan meningkat sebaliknya jika musimnya lewat penawaran akan berkurang kemudian menghilang. misal: penawaran buah-buahan, menyerupai durian dan lain-lain. Pada ekspresi dominan durian, jumlah durian yang ditawarkan melimpah ruah. Dan jika musimnya lewat, penawaran durian berkurang kemudian menghilang.

KESIMPULAN:
Penawaran yaitu jumlah barang maupun jasa yang ditawarkan produsen atau penjual pada aneka macam tingkat harga dalam jangka waktu tertentu. Penawaran sanggup dikelompokan kedalam dua kelompok atau dua jenis yaitu penawaran individu dan penawaran kolektif atau penawaran pasar. Penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga penawaran bersifat tida tetap atau berubah-ubah bisa meningkat dan bisa turun. Demikianlah pembahasan pengertian penawaran dan faktor yang mempengaruhinya, setelah menguasai bahan ini dimasukankan kepada saudara untuk memahami hukum penawaran
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Pengertian Penawaran Dan Faktor Yang Mempengaruhinya"