Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Dan Rumus Percepatan Linear (Tangensial) Gerak Melingkar Beserta Teladan Soal Dan Pembahasan

Gerak melingkar ialah salah satu dari sekian banyak jenis gerak dalam fisika yang sanggup dibilang paling unik. Kenapa unik? Karena kita tahu bemasukan-bemasukan dalam gerak melingkar ialah perpaduan dari bemasukan gerak lurus (linear) dengan gerak melingkar (anguler) itu sendiri. Bisa dibilang, bemasukan yang sejenis pada gerak melingkar akan mempunyai arti fisis dan nilai yang tidak sama.
Gerak melingkar ialah salah satu dari sekian banyak  Definisi dan Rumus Percepatan Linear (Tangensial) Gerak Melingkar Beserta misal Soal dan Pembahasan
Sebagai referensi bemasukan kecepatan. Dalam gerak melingkar terdapat dua jenis kecepatan, yaitu kecepatan linear (tangensial) yang arahnya selalu menyinggung bulat dan juga kecepatan sudut (anguler) yang arahnya mengikuti arah gerak benda sepanjang lintasan lingkaran.

Jadi sanggup dikatakan, kecepatan tangensial dan kecepatan anguler ialah bemasukan yang sejenis akan tetapi mempunyai arti fisis, nilai dan arah yang tidak sama. INI alasan kenapa gerak melingkar ialah jenis gerak yang paling unik. Lalu kini yang menjadi pertanyaannya ialah bagaimana dengan percepatan pada gerak melingkar? 


Percepatan pada gerak melingkar lebih unik lagi, alasannya ialah ada tiga jenis percepatan, yaitu percepatan linear (tangensial), percepatan sudut (anguler) dan percepatan sentripetal (radial). Namun dalam artikel ini spesialuntuk akan dibahas satu jenis percepatan saja, yaitu percepatan tangensial. Lalu  

Apa itu percepatan tangensial?

Konsep percepatan tangensial pada gerak melingkar itu sama dengan konsep percepatan linear pada gerak lurus berubah beraturan yang biasa disebut dengan “percepatan” saja. Dalam gerak lurus berubah beraturan atau GLBB, percepatan sanggup terjadi alasannya ialah ada perubahan kecepatan. Hal yang serupa juga berlaku pada gerak melingkar. Untuk lebih terperinci perhatikan gambar diberikut ini.

 Gerak melingkar ialah salah satu dari sekian banyak  Definisi dan Rumus Percepatan Linear (Tangensial) Gerak Melingkar Beserta misal Soal dan Pembahasan
Sebuah partikel mula-mula bergerak dari titik A dengan kecepatan linear v0. Kemudian dalam selang waktu t, partikel tersebut mencapai titik B dengan kecepatan linear v dan kecepatan sudut ω. Posisi sudut yang ditempuh partikel tersebut dalam selang t sebesar θ.

Dalam fisika, besarnya perubahan kecepatan linear partikel tersebut dalam selang waktu t selama bergerak melingkar disebut dengan percepatan linear atau tangensial (at) yang arahnya menyingung lingkaran. melaluiataubersamaini demikian sanggup kita simpulkan pengertian percepatan linear gerak melingkar yaitu sebagai diberikut:
Percepatan linear atau percepatan tangensial pada gerak melingkar didefinisikan sebagai perubahan kecepatan tangensial (linear) dalam selang waktu tertentu dimana arah percepatan tangensial selalu menyinggung lintasan gerak benda yang berbentuk lingkaran.

Dari definisi percepatan tangensial tersebut, maka kita sanggup menuliskan rumus atau persamaan percepatan linear pada gerak melingkar yaitu sebagai diberikut:
at
=
perubahan kecepatan tangensial
selang waktu

Atau sanggup kita tulis sebagai simbol diberikut
at
=
v  v0

t
at
=
v
…………pers. (1)
t

Keterangan:
at
=
percepatan tangensial (m/s2)
v
=
kecepatan tangen pada ketika t (m/s)
v0
=
kecepatan tangensial awal (m/s)
v
=
perubahan kecepatan tangen (m/s)
t
=
selang waktu (s)

Dalam kinematika gerak lurus, percepatan spesialuntuk sanggup terjadi kalau ada perubahan kecepatan pada gerak benda. melaluiataubersamaini kata lain benda melaksanakan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Begitu juga dalam gerak melingkar, percepatan tangensial spesialuntuk terjadi kalau ada perubahan kecepatan tangensial. melaluiataubersamaini kata lain, benda melaksanakan gerak melingkar berubah beraturan (GMBB).

Percepatan tangensial atau linear mempengaruhi kecepatan putar benda yang bergerak melingkar. Semakin besar percepatan tangensial, maka semakin cepat pula perubahan kecepatan linear (tangensial) dan kecepatan sudut (anguler) benda. Arah percepatan tangensial (at) sanggup sama atau berlawanan dengan arah kecepatan linear.

Jika percepatan tangensial searah dengan kecepatan linear, maka benda akan mengalami percepatan sehingga semakin usang kecepatan putar benda akan semakin meningkat. Sedangkan kalau percepatan tangensial berlawanan arah dengan kecepatan linear maka benda akan mengalami perlambatan yang membuat kecepatan putar benda semakin menurun. Untuk lebih memahami ihwal percepatan linear gerak melingkar, silahkan kalian pelajari referensi soal diberikut.

#misal Soal
Sebuah benda mula-mula diam, kemudian setelah 5 sekon benda tersebut bergerak melingkar dengan kecepatan tangensial sebesar 25 cm/s. Jika diameter lintasan benda ialah 10 cm, tentuka percepatan tangensial benda tersebut!

Penyelesaian
Diketahui:
v0 = 0 (benda diam)
v = 25 cm/s = 0,25 m/s (konversi satuan)
t = 5 s
R = ½ × diameter = ½ × 10 cm = 5 cm = 0,05 m
Ditanya: percepatan tangensial (at)
at = v/t
at = (v  v0)/ t
at = (0,25  0)/5
at = 0,05 m/s
jadi percepatan tangensial benda tersebut ialah 0,05 m/s atau 5 cm/s.

Demikianlah artikel ihwal pengertian dan rumus percepatan tangensial atau percepatan linear dalam gerak melingkar beserta referensi soal dan pembahasannya. Semoga sanggup bermanfaa untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan hingga jumpa di artikel diberikutnya.

Sumber https://www.fisikabc.com/

Post a Comment for "Definisi Dan Rumus Percepatan Linear (Tangensial) Gerak Melingkar Beserta Teladan Soal Dan Pembahasan"