Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

harga barang menghipnotis jumlah undangan FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN
Sesudah dibahas wacana pengertian dan jenis-jenis permintaan dalam post sebelumnya, maka sebagai kelanjutan dari pembahasan terkait undangan atau demand dalam post ini akan dipaparkan wacana faktor-faktor yang menghipnotis permintaan.Permintaan tidak selalu tetap. Permintaan sanggup naik atau turun, bertambah atau berkurang. Kita lihat dikala menjelang Idul Fitri undangan akan pakaian, daging sapi, asesoris rumah, dan guaka masakan ringan cantik lebaran akan meningkat. Dan sehabis Idul Fitri selesai, undangan akan barang-barang tersebut akan turun kembali. Demikian pula menjelang tahun aliran baru, undangan akan buku tulis, bolpoin, tas sekolah atau sepatu sekolah akan melonjak tinggi, kemudian berangsur-angsur turun kembali bila tahun aliran gres sudah lewat. Ternyata ada banyak faktor yang sanggup mengakibatkan naik turunnya permintaan.

Salah satunya yaitu faktor yang menghipnotis undangan yaitu harga. Bila harga suatu barang atau jasa naik maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut akan meurun. Mengapa hal ini terjadi? Ya benar, hal tersebut terjadi lantaran orang pada umumnya tidak suka membeli sesuatu yang harganya tinggi atau mahal. Tetapi sebaliknya, bila harga suatu barang atau jasa turun maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung akan meningkat, lantaran orang lebih suka membeli sesuatu dengan harga yang lebih murah. Masih banyak faktor lain yang sanggup memengaruhi naik turunnya permintaan. Berikut akan diuraikan secara rinci faktor-faktor yang memengaruhi permintaan.



a. Faktor Harga Barang atau Jasa
Faktor harga barang atau jasa sangat menghipnotis jumlah undangan barang atau jasa itu sendiri, apabila harga suatu barang atau jasa naik maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut akan turun. Dan sebaliknya, bila harga turun maka undangan akan naik.

b. Faktor Pendapatan
Bila pendapatan pembeli atau konsumen meningkat maka undangan terhadap barang atau jasa cenderung akan bertambah. Sebaliknya, bila pendapatan menurun maka undangan terhadap barang dan jasa pun akan berkurang.

c. Faktor Intensitas Kebutuhan
Intensitas kebutuhan yaitu mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Bila kebutuhan akan barang atau jasa bersifat mendesak maka undangan akan barang atau jasa tersebut akan meningkat. misalnya, menjelang demam isu hujan orang akan terdesak untuk membeli payung dan jas hujan, sehingga undangan terhadap dua barang tersebut akan meningkat.

d. Faktor Selera
Bila selera konsumen pada suatu barang atau jasa sedang naik, undangan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Selera dewasa yang tinggi pada sepeda motor matic membuat undangan akan sepeda motor matic meningkat. Demikian pula sebaliknya.

e. Faktor Jumlah Penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan. Sebaliknya, jumlah penduduk sanggup mengurangi permintaan. Jumlah penduduk sanggup berkurang dengan aneka macam cara di antaranya lantaran musibah dan peperangan.


f. Faktor Perkiraan terhadap Harga pada Masa yang akan Datang
Bila diperkirakan harga akan naik pada masa yang akan hadir maka konsumen akan cepat-cepat menambah permintaannya sebelum harga betul-betul menjadi naik. Sebaliknya, bila diperkirakan harga akan turun, konsumen cenderung mengurangi permintaannya sambil menunggu harga benar-benar turun.

g. Faktor Perkiraan terhadap Pendapatan pada Masa yang akan Datang
Bila diperkirakan pendapatan akan naik pada masa yang akan hadir maka konsumen akan lebih berani menambah permintaannya. Sebaliknya,bila pendapatan diperkirakan akan turun maka konsumen akan mengurangi permintaannya.

h. Faktor Harga Barang Substitusi
Bila harga barang pengganti (substitusi) turun, maka undangan terhadap barang yang digantikan akan turun, lantaran orang akan beralih membeli barang pengganti (substitusi). misal: Laptop ialah pengganti komputer (PC), bila harga laptop turun maka orang akan lebih banyak membeli laptop dibanding komputer. melaluiataubersamaini demikian, undangan terhadap komputer jenis PC akan menurun.

i. Faktor Harga Barang Komplementer (Pelengkap)
Bensin yaitu barang komplementer bagi sepeda motor. Bila harga bensin naik maka undangan terhadap sepeda motor akan turun. Begitu juga sebaliknya jikalau harga bensin turun maka undangan terhadap sepeda motor akan naik.

j. Faktor Promosi
Bila promosi terhadap suatu barang atau jasa dilakukan secara gencar dan menarikdanunik maka undangan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Sebaliknya, bila promosi sedikit dan tak menarikdanunik maka undangan umumnya akan susah meningkat.

KESIMPULAN
Permintaan terhadap barang atau jasa selalu berubah-ubah kadang mengalami kenaikan kadang mengalami penurunan, kondisi ini disebabkan lantaran terdapat beberapa faktor yang menghipnotis undangan yaitu harga barang atau jasa itu sendiri, pendapatan, intensitas kebutuhan, selera, jumlah penduduk, asumsi harga dimasa depan, asumsi pendapatan dimasa depan, harga barang subtitusi dan haraga barang komplementer serta faktor promosi. Setalah saudara memahami faktor-faktor yang menghipnotis undangan maka dimasukangkan untuk memahami hukum permintaan.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan"