Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Sesudah sebelumnya sudah dibahas tentang Penggolongan jenis kebutuhan manusia, kini dalam artikel ini akan dibahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.




Diharapkan dengan artikel ini sanggup memperkuat pemahaman tentang konsep ekonomi terkait kebutuhan manusia. Pembahasan selengkapnya ialah sebagai diberikut. Kebutuhan masing-masing orang tidak sama-beda, perbedaan tersebut terjadi alasannya ialah terdapat faktor yang mempengaruhinya. Kebutuhan orang yang tinggal di tempat gerah tentu tidak sama dengan kebutuhan orang yang tinggal di tempat dingin. Kebutuhan seorang nelayan tentu tidak sama dengan kebutuhan seorang guru. pemaparan diberikut akan mengulas faktor yang menjadikan kebutuhan setiap orang tidak sama, antara lain:

8 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

1. Keadaan Alam
Orang di tempat gerah membutuhkan baju tipis supaya tidak kegerahan, sebaliknya orang di tempat hirau taacuh (kutub) membutuhkan baju tebal supaya tidak kedinginan. contohnya orang-orang yang hidup di tempat kutub selalu menggunakan mantel tebal alasannya ialah mereka sangat membutuhkan pakaian hangat.

2. Pekerjaan
Seorang nelayan membutuhkan bahtera dan jala untuk menangkap ikan. Akan tetapi, seorang guru tidak membutuhkan barang tersebut. Seorang guru membutuhkan buku-buku sebagai materi ajar.

3. Agama
Orang yang beragama Islam membutuhkan kain sarung, mukena, dan sajadah sebagai peralatan salat. Kebutuhan ini tidak sama dengan orang yang beragama Kristen, Hindu, dan Budha.


4. Adat Istiadat
Setiap tempat mempunyai adat istiadat yang tidak sama. Adat istiadat yang tidak sama menuntut kebutuhan yang tidak sama. Sebagai contoh: pesta perkawinan adat Betawi menuntut kebutuhan yang tidak sama dengan pesta perkawinan adat Jawa.

5. Status Ekonomi dan Sosial
Orang kaya tentu mempunyai kebutuhan yang tidak sama dengan orang yang biasa-biasa. Umumnya orang kaya dalam membeli kebutuhan memerhatikan merek-merek tertentu, sedangkan orang yang biasa-biasa tidak.

6. Usia atau umur seseorang
Kebutuhan bayi tidak sama dengan kebutuhan remaja, tidak sama pula dengan kebutuhan orang lanjut usia.

7. Hobi atau kesenangan
Orang yang mempunyai hobi memancing membutuhkan pancing, sedangkan orang yang hobi bersepeda membutuhkan sepeda.

8. Peradaban
Orang yang tinggal di pedalaman dan suku-suku terasing mempunyai kebutuhan yang tidak sama dengan orang yang tinggal di masyarakat yang sudah modern

Demikianlah pembahasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, semoga artikel ini bermanfaa untuk saudara
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia"