Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Dunia

Globalisasi bukanlah sebuah fenomena gres dalam perkembangan dunia.  Globalisasi dianggap sebagai paradigma ilmu (grand theory) yang mengarah pada perubahan terhadap pola perkembangan sosial, sains, sampai tekhnologi.  Globalisasi identik dengan pengembangan dalam ajaran perdagangan bebas, mengurangi kedaulatan sebuah negara, menghilangkan batas wilayah sebuah wilayah negara, penyempitan ruang negara, serta kemajuan dalam teknologi.  Globalisasi pada pada dasarnya ialah mewujudkan negara yang bebas tanpa batas.


1990an globalisasi mulai masuk. melaluiataubersamaini seketika  pola perkembangan teknologi berkembang menjadi penuh cita rasa dan lebih humanis dan bisa menggeser perkembangan kapitalisme yang meraih kejayaan pada era 1970an dan banyak mengadopsi perkembangan teknologi tinggi.
 bukanlah sebuah fenomena gres dalam perkembangan dunia GLOBALISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERUBAHAN DUNIA
Perkembangan kapitalisme dimulai semenjak ditemukannya mesin uapa pada kurun simpulan 18 sampai awal kurun 19. Secara konkrit terjadi dua akhir dari temuan mesin uap tersebut dalam bidang politik  yaitu perkembangan paham kapitalisme dan persaingan antara tuan tanah untuk mendapat kekuasaan.  Hal tersebut berdampak pada perkembangan bidang ilmu sosial berkembang jauh dengan munculnya pendekatan marxisme dimana pendekatan tersebut bisa memutus rantai serakahisme dari manusia.

Di tahun keemasan kapitalisme yaitu pada era 1970an, lahirlah skenario pembangunan pada ketergantungan antar negara dunia ketiga dengan negara maju.  Di era ini benyak negera-negara ketiga yang menyebarkan banyak sekali teknologi dalam mesin berat maupun manufaktur.  Pada masa inilah lahir anti tesa gres pada pendekatan ilmu sosial secara umum yaitu pendekatan neo-marxisme. Neo-marxisme mengajak banyak sekali negara dunia untuk terlepas dari skenario pembangunan dalam ketergantungan

Globalisasi mempunyai multi implikasi yaitu tidak spesialuntuk menghasilkan pendekatan ilmu sosial, tetapi juga menyentuh seluruh perkembangan ilmu sains dan teknologi.  Hal tersebut kontras pola perkembangan teknologi yang terjadi secara dramatis berubah.  Perkembangan teknologi menjadi berkembang menjadi humanisme yang juga memperhatikan aspek estetikan dan seni sehingga tidak spesialuntuk terpacu pada teknologi saja.  Salah satu referensi dari perkembangan globalisasi ialah banyaknya produk HP (handphone) yang tidak spesialuntuk berfungsi sebagai alat komunikasi semata, tapi juga juga membuat produk HP dengan penemuan yang lebih baru.  Bahkan para vendor HP mulai bersaing untuk membuat banyak sekali produk unggulan.

Kesimpulan
Perkembangan globalisasi di dunia bisa menggeser perkembangan kapitalisme sehingga tidak spesialuntuk terpacu pada kemajuan teknologi semata tapi juga mencakup banyak sekali aspek menyerupai seni, estetika, dan sebagainya.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Perubahan Dunia"