Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Pembagian Terstruktur Mengenai Huruf?

Klasifikasi Huruf
Menurut James Craig, jenis karakter dibedakan menjadi :
Roman/Serif
Ciri dari karakter ini mempunyai sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman mempunyai ketebalan dan ketitipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan yakni klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin. misal : Times New Roman.

Sans Serif

Pengertian San Serif yakni tanpa sirip/serif pada ujung hurufnya dan mempunyai ketebalan karakter yang sama atau hamper sama. Kesan yang ditimbulkan yakni modern, kontemporer, dan efisien. misal : Helvetica dan Arial.

Script
Huruf Script mirip ukiran tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkan yakni sifat eksklusif dan akrab.


Monospace
Adalah jenis karakter yang mempunyai jarak/lebar yang sama setiap hurufnya. Huruf W dan I akan mempunyai ruang yang sama. misal : Courier. Huruf pada mesin ketik yakni juga karakter Monospace.



Dbuntutatif/Miscellguaous
Huruf jenis ini ialah pengembangan dari bentukbentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen atau garis-garis dbuntutatif. Kesan yang dimiliki yakni dbuntutatif dan ornamental. Cocok digunakan untuk Headline.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Pembagian Terstruktur Mengenai Huruf?"