Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Perihal Materi Fero Dan Materi Non Fero Pada Logam?

Bahan Fero
bahan logam dibedakan menjadi Logam Besi (ferro), yaitu tiruana jenis logam yang mengandung unsur besi sampai 100%. Logam besi sendiri dikelompokkan menjadi baja dan besi tuang. Dari segi proses pembuatan logam besi atau logam ferro juga sanggup dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

a. Baja, Adalah sebuah paduan dari besi karbon dan unsur-unsur lain, dimana kadar karbonnya jarang melebihi 2%. Jenis-jenis baja ibarat baja bukan paduan (baja konstruksi), baja paduan (baja perkakas dan baja khusus).

b. Besi tuang, ialah paduan dari besi, karbon dan hampir selalu silicium serta unsur-unsur lain. Kadar karbonnya biasanya terletak antara 2,5 dan 4%, tetapi dalam hal khusus sanggup lebih rendah atau lebih tinggi. Jenis-jenis besi tuang ibarat besi tuang putih, besi tuang kelabu, besi tuang noduler.

 Bahan Non Fero
Logam Bukan Besi (Non Ferro) ialah tiruana logam yang tidak mengandung unsur besi atau spesialuntuk sedikit mengandung unsur besi. Logam bukan besi dikelompokkan lagi menjadi logam berat dan logam enteng. Logam berat, Adalah logam bukan besi yang memiliki berat jenis tinggi (masa jenis > 5000 kg/m3). Logam yang paling penting ialah tembaga (Cu) alasannya logam ini banyak juga digunakan dalam bentuk murni, tetapi kebanyakan sebagai paduan tembaga ibarat kuningan dan perunggu. Jenis logam berat yang lain ibarat timbel (timah hitam), timah putih, nikel, dan chrom.


Logam enteng, ialah logam-logam bukan besi yang memiliki berat jenis rendah (masa jenis < 5000 kg/m3), terutama Aluminium dan Magnesium. Aluminium banyak digunakan dalam bentuk murni, tetapi lebih sering sebagai aluminium paduan. Aluminium banyak juga dipadu dengan silicium (silumin), tembaga (duralium), dan magnesium. Magnesium boleh dikata tidak digunakan dalam dunia metode dalam keadaan tidak terpadu. Paduan-paduan magnesium ditetapkan juga dengan nama kumpulan elektron. Titanium jarang sekali digunakan dalam dunia metode, oleh alasannya sangat mahal harganya. Ia ialah materi yang sangat enteng dengan kekuatan yang tinggi alasannya itu digunakan dalam penjelajahan ruang angkasa.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Perihal Materi Fero Dan Materi Non Fero Pada Logam?"