Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Penanganan Limbah Gas Dan Debu?

Penanganan limbah gas dan debu
Filter udara dipakai untuk menangkap debu/partikel yang keluar dari cerobong . Berikut ini beberapa macam filter udara, mencakup :

(1) Pengendapan siklon, ialah alat yang dipakai untuk mengendapkan debu atau bubuk yang ikut dalam gas membuangan atau udara dalam ruang pabrik yang berdebu. Prinsip kerja pengendap siklon ialah memanfaatkan gaya sentrifugal dari udara atau gas membuang yang sengaja dihembuskan melalui tepi dinding tabung

siklon, sehingga partikel yang relatif berat akan jatuh ke bawah. Debu, bubuk atau partikel yang sanggup diendapkan oleh siklon ialah berukuran antara 5 – 40 mikro. Makin besar ukuran debu, semakin cepat partikel diendapkan.
(2) Filter basah, ialah alat yang dipakai untuk memmembersihkankan udara kotor dengan cara menyemprotkan air dari kepingan atas alat, sedangkan udara kotor dari kepingan bawah alat. Pada ketika udara kotor kontak dengan air, maka debu akan ikut semprotan air untuk turun ke bawah. Bila ingin hasil yang lebih baik, sanggup digabungkan pengendap siklon dengan filter basah. Penggabungan kedua alat ini menghasilkan alat penangkap debu yang dinamakan pengendap siklon filter basah.


(3) Pengendap sistem gravitasi, ialah alat yang dipakai untuk memmembersihkankan udara kotor yang ukuran partikelnya relatif cukup besar, sekitar 50 mikro atau lebih. Prinsip kerja alat ini ialah dengan mengalirkan udara kotor ke alat, sehingga pada waktu terjadi perubahan kecepatan secara tiba-tiba, debu akan jatur terkumpul ke bawah akhir gaya beratnya sendiri. Kecepatan pengendapan tergantung pada dimensi alat yang digunakan.

(4) Pengendap elektrostatik, ialah alat yang dipakai untuk memmembersihkankan udara kotor dalam jumlah (volume) besar dan waktu yang singkat, sehingga udara yang keluar dari alat ini relatif membersihkan. Alat ini berupa tabung silinder, dimana dindingnya didiberi muatan positif, sedangkan tengahnya ada sebuah kawat, yang ialah sentra silinder, sejajar dinding tabung, didiberi muatan negatif. Adanya tegangan yang tidak sama akan mengakibatkan corona discharge di tempat sekitar sentra silinder. Hal ini mengakibatkan udara kotor seperti mengalami ionisasi. Kotoran menjadi ion negatif yang akan ditarik dinding tabung, sedangkan udara membersihkan akan berada di tengah silinder kemudian terhembus keluar.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Bagaimana Cara Penanganan Limbah Gas Dan Debu?"