Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Ilmu Ekonomi

Jenis-jenis Pengangguran - Negara didunia ini niscaya menghadapi dilema dalam hal ketenagakerjaan, dilema tersebut diantaranya wacana dilema pengangguran. Masalah penggangguran ini terkait dengan banyak aspek diantaranya tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi, kriminalitas, dan pembangunan dalam bidang ekonomi.


Untuk sanggup memahami dilema pengangguran maka dibahwah ini akan dibahas wacana jenis-jenis penggangguran secara sempurna dan benar sesuai dengan kajian ilmu ekonomi.

Untuk megampangkan mempelajari jenis-jenis pengangguran maka ilmu ekonomi menggolongkan jenis pengangguran  berdasarkan usang waktu kerja dan penyeban terjadinya pengangguran tersebut.

Jenis Pengangguran berdasarkan Lama Waktu Kerja

Penggolongan jenis pengangguran berdasarkan usang waktu kerja, sanggup dibedakan menjadi tiga antara lain sebagai diberikut:

Pengangguran terbuka atau open unemployment

 Negara didunia ini niscaya menghadapi dilema dalam hal ketenagakerjaan JENIS-JENIS PENGANGGURAN MENURUT ILMU EKONOMI

Pengangguran terbuka jenis pengangguran dimana kondisi tenaga kerja benar-benar tidak mempunyai pekerjaan atau dalam hal ini tenaga kerja tidak bekerja sama sekali. Pengangguran  jenis ini terjadi lantaran lapangan kerja yang tidak tersedia  atau lantaran adanya ketidaksesuaian  antara lapangan kerja dengan pendidikan serta keahlian pencari kerja.

Jenis pengangguran Setengah menganggur atau under unemployment

under unemployment diartikan sebagai kondisi penggangguran dimana seseorang  sudah bekerja namun masih belum optimal jikalau diukur berdasarkan jam kerja, produktivitas maupun besar pendapat yang diterima.

Jenis Pengangguran terselubung atau disguised unemployment

Pengangguran terselubung sanggup diartikan kondisi dimana seseorang sudah bekerja akan tetapi  pekerjaanya tersebut belum sesuai dengan pendidikan dan keahlian yang dimiliki orang tersebut. misalnya, seseorang dengan gelar Sarjana pendidikan bekerja sebagai  teller bank , padahal seorang dengan sarjana pendidikan seharusnya bekerja didunia pendidikan baik sebagai guru maupun tutor.

Jenis Pengangguran berdasarkan Penyebab Terjadinya



Penggolongan jenis pengangguran menurut  sebabnya, sanggup dibedakan menjadi empat antara lain sebagai diberikut:

Jenis Pengangguran struktural

Pengangguran sruktural adalah jenis pengangguran yang terjadi karena  adanya perubahan dalam struktur perekonomian suatu negara. contohnya, perubahan struktur perekonomian yang awalnya struktur pertanian  bermetamorfosis struktur perindustrian, akhir terjadinya perubahan struktur perekonomian tersebut, maka tenaga kerja dituntut mempunyai keahlian dalam bidang perindustrian semoga sanggup bekerja, keahlian tersebut contohnya keahlian dalam mengoperasikan mesin pabrik dan sebagainya.  Apabila seseorang tidak mempunyai keahlian dalam sektor perindustrian maka ia tidak sanggup bekerja dalam sektor industri sehingga  hal tersebut akan menjadikan terjadinya pengangguran stuktural.

Jenis Pengangguran konjungtural atau pengangguran siklikal

Pengangguran konjungtural sanggup diartikan pengangguran yang terjadi lantaran terjadinya perubahan naik atau turunnya acara perekonomian dalam suatu negara.  Dalam perekonomian terdapat tiga perubahan, adakalanya terjadi perubahan yang konkret dalam hal ini berarti terjadi masa pertumbuhan naik, kadang juga terjadi perubahan yang bersifat negatif dalam hal ini dinamakan masa resesi maupun masa depresi . Ketika terjadi masa resesi maupun depresi, masyarakat  dalam suatu negara tersebut mengalami penurunan daya beli karenanya permintaan  barang maupun  jasa mengalami penurunan. melaluiataubersamaini terjadinya Penurunan tersebut maka produsen melaksanakan pengurangan produksi barang maupun jasa, pengurangan produksi yang dilakukan produsen sanggup dilakukan dengan cara mengurangi jumlah karyawan atau buruh, pengurangan tenaga kerja ini menjadikan terjadinya  pengangguran konjugtural.  Pada tahun 1997 dikala terjadi krisisi ekonomi berbagai pekerja yang mengalami PHK, kondisi krisis tersebut memicu terjadinya pengangguran konjungtural.

Jenis pengangguran friksional atau pengangguran sukarela (voluntary unemployment)

Pengangguran friksional  sanggup dimaknai sebagai pengangguran yang terjadi lantaran adanya pergeseran (friksi) pekerja dari perusahaan satu ke perusahaan yang diinginkan,  pergeseran tersebut dilandasi oleh keinginan  untuk mencari pekerjaan yang lebih sesuai dengan dirinya dan lebih terjamin. Ketika dalam masa-masa mencari pekerjaan baru, maka pekerja tersebut menganggur, sehingga pekerja tersebut termasuk pengangguran friksional.

Jenis Pengangguran musiman

Pengangguran musiman adalah pengangguran terjadi lantaran adanya perubahan demam isu atau Pengangguran yang terjadi lantaran adanya perubahan seruan tenaga kerja yang terjadi secara berkala.  Salah satu pola pengangguran musiman diantaranya; petani yang menganggur setelah demam isu pguan tiba. misal lainnya contohnya dikala ada pembangunan suatu rumah, para tukang bangunan sanggup bekerja, akan tetapi dikala rumah tersebut sudah jadi, maka para tukang tersebut menjadi pengangguran musiman sampai ada pembangunan rumah selanjutnya . Demikianlah pembahasan jenis-jenis pengangguran yang sanggup disajikan dalam blog ini, semoga sanggup menambah pengetahuan anda.

Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Ilmu Ekonomi"