Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Pasar Oligopsoni Dengan Benar

Pasar oligopsoni yaitu salah satu jenis dari pasar persaingan tidak tepat yang dikelompokan menurut jumlah pembeli dalam pasar tersebut, dalam pembahasan sebelumnya sudah dibahas perihal pasar monopsoni yakni pasar yang didalamnya spesialuntuk terdapat satu pembeli, dalam pembahasan ini akan dibahas perihal pasar oligopsoni secara tepat. Pasar oligopsoni yaitu sebuah pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.


Dalam pasar oligopsoni jumlah penjual atau produsen banyak, namun spesialuntuk terdapat beberapa pembeli. misalnya pasar wortel di suatu perkampungan. Dalam perkampungan tersebut para petani wortel spesialuntuk sanggup menjual wortelnya ke beberapa pedagang untuk dijual lagi ke kota. Dalam rujukan ini maka jelaslah bahwa para petani wortel sebagai produsen yang jumlahnya banyak spesialuntuk sanggup menjual ke beberapa tengkulak (pembeli) yang kemudian akan dijual kembali ke kota.

Ciri-ciri pasar oligopsoni

 yaitu salah satu jenis dari pasar persaingan tidak tepat yang dikelompokan berdasa MEMAHAMI PASAR OLIGOPSONI DENGAN BENAR
Untuk memahami bentuk pasar oligopsoni maka dirasa perlu untuk mengetahui ciri-ciri dari pasar oligopsoni. Secara detail ciri-ciri pasar oligopsoni sanggup dipahami dalam pemaparan diberikut ini:

a. Hanya terdapat beberapa pembeli.
b. Pembeli umumnya bukan konsumen yang pribadi memakai produk untuk memenuhi kebutuhan hidup, melainkan pedagang yang akan menjual kembali atau produsen yang akan mengolah dulu produk tersebut.
c. Barang yang diperjualbelikan umumnya materi mentah bukan barang jadi buatan pabrik.
d. Harga cenderung stabil. Karena jikalau salah seorang pembeli menurunkan harga maka para penjual segera berpindah ke pembeli lain. Tetapi jikalau salah seorang pembeli bersedia menaikkan harga belinya maka para penjual akan berbondong-bondong menjual produk kepadanya. Untuk menghindari hal tersebut maka umumnya harga pada pasar ini cenderung tidak berubah (stabil).

Kelebihan pasar oligopsoni



Pasar oligopsoni mempunyai kelebihan, sebagai diberikut:
  1. Penjual lebih beruntung dibanding pada pasar monopsoni alasannya penjual sanggup beralih ke pembeli lain jikalau merasa dirugikan dalam hal harga atau perjanjian jual beli lainnya.
  2. Pembeli tidak sanggup seenaknya menekan penjual alasannya adanya tentangan pembeli yang lain.

Kekurangan pasar oligopsoni

Selain mempunyai kelebihan, pasar oligopsoni mempunyai belum sempurnanya, sebagai diberikut:
  1. Bila antarpembeli mengadakan kolaborasi maka pasar akan berubah menjadi bentuk monopsoni yang merugikan penjual.
  2. Kualitas barang kurang terjamin dibanding pada pasar monopsoni, alasannya penjual masih mungkin menjual ke pembeli lain sehingga kurang optimal dalam menjaga kualitas produknya.

Demikianlah pembahasan perihal pasar oligopsoni biar pembahasan ini sanggup menunjang keberhasilan anda dalam memahami pasar oligopsoni dengan baik. melaluiataubersamaini berahirnya pembahasan perihal pasar oligopsoni ini maka berahir juga pembahasan perihal pasar barang atau pasar out put, untuk meningkatkan pemahaman saudara perihal pasar dalam konsep ekonomi maka dimasukankan kepada saudara untuk memahami artikel diberikutnya perihal pasar input atau pasar faktor produksi.

Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Memahami Pasar Oligopsoni Dengan Benar"