Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Pasar Monopsoni Dengan Tepat

 Sesudah mengulas jenis pasar persaingan tidak tepat yang dikategorikan menurut jum MEMBAHAS PASAR MONOPSONI DENGAN TEPAT
Sesudah mengulas jenis pasar persaingan tidak tepat yang dikategorikan menurut jumlahnya diantaranya monopoli, oligopoli duopoli , maka pada pembahasan ini akan dibahas jenis pasar persaingan tidak tepat yang dikelompokan menurut jumlah pembeli yang terdapat dalam pasar dalam hal ini khususnya pasar monopsoni. Pasar monopsoni ialah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli. Jadi, dalam pasar ini jumlah penjualnya banyak, tetapi pembelinya spesialuntuk ada satu. misalnya: pasar sayuran di kawasan terpencil, umumnya akan kesusahan menjual produknya ke tempat lain. Oleh alasannya itu, mereka terpaksa menjualnya ke seorang pedagang yang ada di kawasan tersebut. melaluiataubersamaini demikian, pedagang yang spesialuntuk seorang itu menguasai pembelian sayuran di kawasan tersebut.


Demikian juga halnya dengan peternak susu sapi perah yang spesialuntuk sanggup menjual produknya ke koperasi terdekat. Koperasi menguasai pembelian susu alasannya mempunyai akomodasi pengolah susu dan sudah mempunyai jaenteng pemamasukan yang baik. Jadi, tidak ada jalan lain bagi peternak susu sapi perah kecuali menjualnya ke koperasi tersebut. Agar lebih praktis dalam memahami pasar monopsoni maka perlu untuk memahami ciri-ciri pasar monopsoni, adapun ciri-ciri dari pasar monopsoni secara lengkap ialah sebagai diberikut:

  1. Hanya terdapat seorang pembeli.
  2. Pembeli umumnya bukanlah konsumen yang akan pribadi memakai produk untuk memenuhi kebutuhan hidup, melainkan pedagang atau produsen yang akan menjual kembali atau yang akan mengolah produk tersebut lebih dulu sebelum dijual.
  3. Barang yang diperjualbelikan umumnya ialah materi mentah, ibarat susu mentah, daun teh, sayur, dan lain-lain. Jadi, dalam pasar monopsoni tidak menjual barang jadi, ibarat tv, sabun mandi, dan lain-lain.
  4. Tinggi rendahnya harga jual sangat ditentukan oleh cita-cita pembeli.


Pasar monopsoni mempunyai kebaikan dan keburukan. Kebaikan pasar monopsoni adalah:
  • Kualitas produk akan terpelihara alasannya antarpenjual saling bersaing meningkatkan mutu. Bila mutu produk lebih jelek, ada kemungkinan tidak akan dibeli oleh monopsonis (pemegang monopsoni).
  • Para penjual akan berusaha berhemat dalam biaya produksi biar memperoleh untung lebih besar. Ini ialah cara penjual mempertahankan mata pencahariannya biar tidak rugi, alasannya dalam pasar ini pembeli sangat berkuasa dalam memilih harga.

Selain mempunyai kebaikan, pasar monopsoni juga mempunyai keburukan adapun keburukan pasar monopsoni antara lain sebagai diberikut:
  • Pembeli sanggup menekan penjual seenaknya, terutama dalam penentuan harga.
  • Produk yang tidak sesuai dengan cita-cita pembeli tidak akan dibeli dan sanggup termembuang.

Demikianlah pembahasan Membahas Pasar Monopsoni dengan tepat, atas segala belum sempurnanya dalam pembahasan ini penulis minta maaf dan atas kelebihan dari pembahasan ini itu tiruana ialah dari Allah SWT. Sesudah memahami pembahasan materi ini maka dimasukankankepada saudara untuk memahami pasar monopolistik.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Membahas Pasar Monopsoni Dengan Tepat"