Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendeskripsikan Jenis-Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Sesudah dilakukan pembahasan tentang pasar persaingan tepat maka untuk melengkapi pemah MENDESKRIPSIKAN JENIS-JENIS PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Sesudah dilakukan pembahasan tentang pasar persaingan tepat maka untuk melengkapi pemahaman kita tentang pasar barang atau pasar out put, dalam pembahasan ini akan dipaparkan jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna. Sekedar mereview bahwa pasar barang mempunyai dua kelompok besar yaitu pasar persaingan tepat dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tepat sanggup didefinisikan sebagai pasar yang mempunyai banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak bisa memengaruhi harga pasar, sedangkan pasar persaingan tidak tepat ialah pasar persaingan tepat yang tidak lengkap ciri-cirinya, contohnya kalau jumlah penjual tidak banyak contohnya pasar spesialuntuk didominasi oleh satu atau beberapa penjual saja sehingga penjual bisa leluasa mengubah harga. Atau pasar yang spesialuntuk didominasi oleh satu atau beberapa pembeli sehingga pembeli bisa menekan harga dan membeli dengan harga rendah menyerupai yang diinginkannya.


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai pasar persaingan tidak sempurna. Ciri pasar persaingan tidak tepat yaitu kalau satu atau beberapa ciri dari pasar persaingan tepat tidak terpenuhi. melaluiataubersamaini demikian sanggup dikatakan bahwa pasar persaingan tidak tepat yaitu pasar tepat yang tidak lengkap ciri-cirinya. Di Indonesia banyak rujukan pasar persaingan tidak sempurna, menyerupai pasar BBM (dikuasai satu penjual atau produsen yakni Pertamina), pasar telepon (dikuasai beberapa penjual atau produsen, yakni PT Telkom,PT Indosat dan sebagainya), pasar kendaraan beroda empat (dikuasai beberapa produsen), dan lain-lain. Berdasarkan jumlah penjual dan jumlah pembeli, ada beberapa bentuk pasar persaingan tidak sempurna, berdasarkan jumlah penjual terdiri dari pasar monopoli, monopolistik, pasar duopoli,dan pasar oligopoli sedangkan berdasarkan pembelinya terdiri dari pasar persaingan monopsoni dan pasar oligopsoni. Deskripsi dari jenis pasar persaingan tidak sempurna sebagaimana yang disebutkan di atas yaitu sebagai diberikut:


Jenis pasar berdasarkan jumlah penjualnya terdiri dari pasar monopoli yaitu pasar yang dikuasai oleh satu penjual atau satu perusahaan, pasar oligopoli yaitu pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual, pasar duopoli yaitu pasar yang dikuasai oleh dua penjual, pasar monopolistik yaitu pasar yang mempunyai jumlah penjual atau produsen banyak, walaupun tidak sebanyak pada pasar persaingan tepat dan pada pasar ini setiap perusahaan mempunyai kekuasaan monopoli walau kecil, yakni sebatas pada barang yang diproduksinya sendiri.Sedangkan jenis pasar berdasarkan jumlah pembelinya terdiri dari pasar monopsoni yaitu pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli, pasar oligopsoni yaitu pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.

Demikianlah pembahasan tentang jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna. Semoga setelah membaca post ini pengetahuan anda tentang pasar persaingan tidak tepat semakin meningkat. Selengkapnya tentang pembahasan masing-masing jenis pasar persaingan tidak tepat secara detail akan dibahas pada artikel selanjutnya. Untuk menguasai masing-masing jenis pasar persaingan tidak tepat dengan baik maka dimasukankan kepada anda untuk memahami artikel memahami pasar monopoli dengan benar, memahami pasar oligopoli dengan benar, memahami pasar monopolistik dengan benar, memahami pasar monopsoni dengan benar dan memahami pasar oligopsoni dengan benar.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mendeskripsikan Jenis-Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna"