Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Monopoli

Teknik mengatasi belum sempurnanya pasar monopoli MENGANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR MONOPOLI
Sesudah dibahas tentang ciri dan jenis pasar monopoli,maka untuk meningkatkan pemahaman anda tentang pasar monopoli penulis dalam artikel ini mengajak saudara menganalisis kelebihan dan belum sempurnanya pasar monopoli. sepertiyang yang kita ketahui bersama bahwa dalam pasar monopoli spesialuntuk terdapat satu penjual atau satu produsen dalam pasar. Apakah kondisi pasar yang spesialuntuk terdiri dari penjual tunggal itu baik atau sebaliknya? Untuk selengkapnya silahkan pahami dalam pemaparan diberikut ini:

Pasar monopoli mempunyai kebaikan dan keburukan. Kebaikan pasar monopoli, diantaranya ialah sebagai diberikut:

  1. Perusahaan bisa melaksanakan penelitian dan pengembangan produk untuk meningkatkan jenis dan mutu produk sebab perusahaan mendapat keuntungan yang tinggi.
  2. Dapat meningkatkan daya saing perusahaan jika monopoli diperoleh sebab kemampuan efisiensi.
  3. Dapat lebih praktis mengontrol kepentingan orang banyak jika monopoli dilakukan oleh negara.
  4. Dapat meningkatkan penemuan (penemuan baru) jika monopoli tersebut berbentuk pemdiberian hak cipta dan hak paten sebab orang akan berlomba membuat penemuan baru.
  5. Dapat mendorong kemajuan teknologi terutama pada monopoli masyarakat. Untuk mendapat kepercayaan masyarakat, perusahaan akan berlomba memakai teknologi yang baik biar mutu produknya meningkat.


Disamping beberapa kelebihan pasar monopoli, sebagaimana yang dijelaskan di atas ternyata pasar monopoli mempunyai beberapa belum sempurnanya, adapun belum sempurnanya pasar monopoli antara lain sebagai diberikut:
  1. Jumlah produksi yang dijual bergantung pada cita-cita monopolis sehingga bisa menyulitkan konsumen.
  2. Bisa timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi sebab dibayar dengan harga rendah dan eksploitasi terhadap pembeli sebab penetapan harga jual yang tinggi.
  3. Konsumen tidak bisa berpindah ke perusahaan lain walaupun merasa dirugikan.
  4. Perusahaan lain susah memasuki pasar monopoli sehingga pemegang monopoli terus leluasa menguasai penjualan.
  5. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan, sebab keuntungan yang didapat monopolis (pemegang monopoli) terlalu besar dan diterima secara terus-menerus.

Untuk mengatasi keburukan monopoli, maka pemerintah dengan segenap kewenangannya sanggup melaksanakan langkah-langkah sebagai diberikut.
  1. Mengeluarkan undang-undang atau peraturan yang bisa mencegah timbulnya monopoli.
  2. Mengizinkan impor barang yang sama dengan yang diproduksi pemegang monopoli.
  3. Ikut memilih tinggi rendahnya harga.
  4. Menarik pajak yang tinggi kepada pemegang monopoli.
  5. Membuat perusahaan sejenis untuk menyaingi perusahaan pemegang monopoli.

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan dan belum sempurnanya pasar monopoli, gampang-gampangan apa yang sudah penulis bahas disini sanggup bermanfaa untuk mendukung kesuksesan berguru ekonomi anda. Sesudah menguasai pembahasan bahan kelebihan dan belum sempurnanya pasar monopoli ini dimasukankan kepada anda untuk memahami pasar oligopoli.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Monopoli"