Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nilai Guna Barang Sebagai Alat Pemuas Kebutuhan

Sesudah dibahas ihwal kebutuhan manusia, mulai dari perbedaan antara makna kebutuhan insan dan keinginan, penggolongan jenis kebutuhan manusia sampai faktor yang mensugesti kebutuhan manusia, kini akan dibahas ihwal nilai guna barang sebagai alat pemuas kebutuhan. sebelum mengulas nilai guna barang lebih detai, maka perlu dipahami makna alat pemuas kebutuhan berdasarkan ilmu ekonomi, Alat pemuas kebutuhan dalam ekonomi memiliki dua bentuk, yaitu barang dan jasa. Benda atau barang sanggup memdiberi manfaat atau nilai guna untuk insan apabila berada pada waktu, daerah maupun kondisi yang tepat. Apabila benda tidak berada pada waktu yang sempurna maka benda tersebut tidak memdiberi kegunaan yang semestinya atau bahkan tidak berkhasiat sama sekali, contohnya jas hujan atau payung akan bermanfaa untuk insan pada dikala terjadi hujan tepai jas hujan atau payung tidak bermanfaa ketika cuaca cerah dan sejuk. Barang atau benda dalam ekonomi memiliki beberapa jenis kegunaan yaitu kegunaan berdasarkan tempat, waktu dan sebagainya, untuk lebih lengkapnya antara lain sebagai diberikut:

6 Macam Nilai guna barang sebagai Alat Pemuas Kebutuhan



1) Kegunaan bentuk(form utility)
Artinya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya. misal: dari pohon kayu yang ada di hutan dirubah menjadi bentuk kursi, meja, lemari dan kebutuhan lainnya.

2) Kegunaan daerah (place utility)
Artinya, pertambahan kegunaan benda lantaran dipindahkan dari suatu daerah ke daerah lain. misal: kapal bahari akan berkhasiat di bahari daripada di daratan, baju astonot akan berkhasiat jikalau digunakan di bulan daripada di dunia.

3) Kegunaan waktu (time utility)
Artinya, kegunaan suatu benda akan bertambah jikalau digunakan pada waktu yang sempurna dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. misal : Payung akan berkhasiat jikalau digunakan pada dikala terik matahari atau dalam keadaan cuaca sedang hujan.

4) Kegunaan kepemilikan (ownership utility)
Artinya, kegunaan suatu benda gres terasa jikalau sudah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat. misal : Alat suntik akan berkhasiat jikalau dokter yang memakai dan sebuah dot akan berkhasiat untuk anak yang masih kecil (bayi) untuk menyusui

5) Guna dasar (Elementary Utility)
yaitu kegunaan benda lantaran benda itu ialah materi untuk membuat benda lain. Misalnya kain percak atau kain sisa sangat berkhasiat ditangan para orang-orang kreatif contohnya untuk membuat boneka dari kain percak, namun kain percak mungkin dianggap sampah bagi orangan yang tidak memiliki keahlian ihwal jait dan kreativitas lainnya.

6) Kegunaan Pelayanan (Service Utility)
Suatu benda dianggap memiliki kegunaan apabila benda tersebut sanggup memdiberi pelayanan. misal televisi memiliki kegunaan jikalau sanggup menyiaran program stasiun televisi.


Demikianlah pembahasan ihwal kegunaan barang sebagai pemuas kebutuhan manusia, agar artikel ini sanggup menjadi salah satu pecahan dalam rangkaian kesuksesan yang akan saudara capai.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Nilai Guna Barang Sebagai Alat Pemuas Kebutuhan"