Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Konsep Mekanika, Kinematika Dan Dinamika Dalam Fisika

Dalam artikel wacana pengertian, macam-macam dan contoh gerak dalam fisika sudah dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan gerak yaitu perubahan kedudukan suatu benda terhadap titik contoh tertentu. Lalu pertanyaanya kini adalah apa hubungannya antara gerak dengan konsep mekanika, kinematika dan dinamika yang akan dibahas dalam artikel ini?
macam dan contoh gerak dalam fisika sudah dijelaskan Pengertian dan Konsep Mekanika, Kinematika dan Dinamika dalam Fisika
Perhatikan ilustrasi pohon kelapa di atas. Pernahkah kalian melihat atau setidaknya mendengar suara saat buah kelapa yang sudah bau tanah jatuh dari pohonnya? Lalu apa yang menjadikan buah kelapa tersebut jatuh dari pohonnya? Jika kalian menjawaban karna sudah masak/tua itu jawabanan yang benar tapi belum tepat. Dan kalau kalian menjawaban lantaran gravitasi bumi, itu jawabanan yang benar dan tepat.

Buah kelapa yang jatuh dari pohonnya ialah salah satu contoh gerak, yaitu gerak jatuh bebas (GJB). Nah dalam fisika gerak jatuhnya buah kelapa dari pohonnya itu dipelajari dalam kajian ilmu mekanika. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa:
Mekanika yaitu salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari wacana gerak benda.

Tidak spesialuntuk gerak jatuh bebas menyerupai pada contoh di atas saja yang dipelajari dalam ilmu mekanika tetapi tiruana jenis gerak, menyerupai gerak tiruan, gerak relatif, gerak lurus, gerak melingkar, gerak parabola dan sebagainya. kemudian apa hubungannya mekanika dengan kinematika dan dinamika?

Kinematika dan dinamika yaitu dua cabang ilmu fisika yang masuk dalam ruang lingkup mekanika. Perhatikan diagram diberikut ini.

macam dan contoh gerak dalam fisika sudah dijelaskan Pengertian dan Konsep Mekanika, Kinematika dan Dinamika dalam Fisika
Kinematika yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana gerak suatu benda tanpa memperdulikan penyebab terjadinya gerakan benda tersebut.

Sedangkan Dinamika yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana gerak suatu benda dengan memperhatikan penyebab terjadinya gerakan pada benda tersebut.

Pada contoh kasus buah kelapa jatuh dari pohon di atas, dalam kinematika, yang dikaji yaitu kecepatan buah kelapa yang jatuh dari ketinggian pohon serta waktu yang dibutuhkan buah untuk hingga di tanah tanpa memperhatikan perlambatan yang disebabkan oleh kendala udara. Sedangkan dalam dinamika yang dikaji yaitu kecepatan buah kelapa jatuh dari pohonnya dengan memperhitungkan perlambatan yang disebabkan kendala udara.

Faktor utama yang menjadikan buah kelapa jatuh dari pohonnya dalah gravitasi bumi. Dalam fisika gravitasi bumi yaitu jenis gaya yang besarnya sekitar 9,8 m/s2. Jadi sanggup dapat dikatakan bahwa yang menjadikan suatu benda bergerak yaitu gaya.

Gaya yaitu suatu tarikan atau dorongan. Komponen gaya inilah yang menjadi pembeda suatu kejadian gerak, apakah termasuk dalam kajian kinematika atau dinamika gerak. Untuk lebih paham, perhatikan bagan diberikut ini

macam dan contoh gerak dalam fisika sudah dijelaskan Pengertian dan Konsep Mekanika, Kinematika dan Dinamika dalam Fisika

Berdasarkan bagan di atas, dalam kinematika yang biasanya dikaji berkaitan dengan perpindahan, kecepatan dan percepatan gerak suatu benda dengan mengabaikan gaya atau penyebab terjadinya gerak. Sedangkan dalam dinamika, yang dikaji yaitu gerak benda tanpa mengabaikan gaya yang menjadikan benda tersebut bergerak, baik itu gaya gravitasi, gaya dorong, gaya gesek maupun gaya hambat udara.
Untuk lebih memantapkan lagi pemahan kalian terkena perbedaan kinematika dan dinamika, perhatikan contoh diberikut:
macam dan contoh gerak dalam fisika sudah dijelaskan Pengertian dan Konsep Mekanika, Kinematika dan Dinamika dalam Fisika
Dua lembar kertas dengan berat yang sama dijatuhkan dari ketinggian yang sama dengan keadaan kertas pertama lembaran utuh sedangkan kertas kedua diremas membentuk bulatan. Sesudah selang waktu t sekon, ternyata kertas kedua lebih cepat hingga ke tanah dari pada kertas pertama.

Pada kasus kertas jatuh di atas, dinamika dapat menunjukan mengapa kertas yang diremas kecepatannya lebih besar daripada selembar kertas utuh walaupun beratnya sama lantaran mempertimbangkan hambatan udara yang dialami masing-masing kertas.
Inspirasi: http://hedisasrawan.blogspot.co.id
Sedangkan dalam kinematika spesialuntuk menghitung secara kasatmata kecepatan kedua kertas tersebut walaupun hasil dan kesimpulannya tidak sama. Namun asal kalian tahu, kalau kedua kertas dijatuhkan dalam ruang hampa udara (tidak ada kendala udara), kecepatan kedua kertas akan sama dan datang di tanah secara bersamaan.

Demikianlah artikel wacana definisi dan konsep wacana mekanika, kinematika dan dinamika dalam ilmu fisika. Semoga sanggup bermanfaa untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan hingga jumpa di artikel diberikutnya.

Sumber https://www.fisikabc.com/

Post a Comment for "Pengertian Dan Konsep Mekanika, Kinematika Dan Dinamika Dalam Fisika"