Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerapan Aturan Gossen 2 Dalam Kehidupan Manusia

Sesudah memahami aturan gossen 1 dalam artikel analisis aturan gossen 1 dan memahami perhitungan dan kurva aturan gossen 1, maka dalam peluang ini akan dibahas penerapan aturan gossen 2 dalam kehidupan manusia. Hukum gossen yang kedua ialah penyempurnaan dari aturan gossen 1, mengapa dikatakan penyempurnaan? Hal ini alasannya ialah pada aturan gossen 1 dikatakan bahwa insan akan berusaha memenuhi satu jenis kebutuhannya secara terus-menerus, namun pada kenyataannya insan memiliki berguaka ragam kebutuhan sehingga setiap insan niscaya akan berusahan untuk memenuhi setiap barang atau jasa yang menjadi kebutuhannya bukan spesialuntuk satu jenis kebutuhan melainkan majemuk jenis sanggup dua maupun lebih dari dua kebutuhan.


Meskipun Hukum gossen 2 sanggup dikatakan aturan gossen yang sudah sempurna, namun bukan berarti aturan gossen 1 tidak berlaku, aturan gossen 1 tetap berlaku. Kapan berlakunya? Hukum gossen 1 berlaku ketika insan berusaha memenuhi kebutuhannya pada satu jenis kebutuhan saja. Misalnya ketika saudara sangat menginginkan sate ayam, spesialuntuk menginginkan sate ayam tidak menginginkan bakso atau mi ayam, maka saudara akan membeli sate ayam untuk memenuhi kebutuhan saudara, nah pada ketika makan lima tusuk sate ayam pertama kalinya tentunya saudara akan mencicipi kenikmatan yang besar, namun apabila saudara makan seratus tusuk bahkan lebih maka rasa nikmatnya sudah berkurang bahkan menjadi nol, itulah salah satu pola berlakunya aturan gossen 1.

Hukum Gossen 2 berbunyi  bahwa insan akan berusaha memenuhi majemuk kebutuhannya Sedapat-dapatnya hingga pada tingkat intensitas yang sama. Hukum gossen 2 disebut juga aturan Guna Horizontal alasannya ialah mengulas pemuasan terhadap bermacam-macam  barang, sedangkan aturan gossen 1 disebut aturan guna vertikal alasannya ialah spesialuntuk membehas pemuasan satu macam barang.  Maksud aturan gossen 2 kurang lebih bahwa intinya insan memiliki kebutuhan yang majemuk sehingga insan akan berusaha memenuhi kebutuhan yang majemuk tersebut dengan barang-barang atau jasa yang majemuk juga sesuai dengan kebutuhannya hingga pada intensitas yang sama atau seimbang. Intensitas yang sama mengandung arti bahwa apabila salah satu kebutuhan sudah terpenuhi atau terpuaskan maka insan akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan lainnya hingga tiruana kebutuhannya terpenuhi dengan tingkat kepuasan yang seimbang. Sebagai pola aturan gossen 2 yang terjadi dalam kehidupan insan salah satunya sebagai diberikut:

Misalkan Firman ingin membeli sepatu dan tas,  alasannya ialah firman ingin memenuhi kedua barang tersebut dengan intensitas yang sama maka kombinasi yang tepat ialah sebagai diberikut:

memahami perhitungan dan kurva aturan gossen  PENERAPAN HUKUM GOSSEN 2 DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Nilai Marginal sanggup dihitung dengan rumus MU = delta TU atau TU (n)- TU (n-1), jadi perhitungan nilai MU berdasarka tabel ialah sebagai diberikut:




Perhitungan MU pada Kombinasi 1:
Tas = 50 -0 kesudahannya 50 atau alasannya ialah sama dengan TU maka sanggup diabaikan
Sepatu = 13-0 hasinya 13
Perhitungan MU pada Kombinasi 2
Tas = 40-50 kesudahannya 10
Sepatu = 18-13 hasinya 5
Perhitungan MU pada Kombinasi 3
Tas = 31-40 hasinya 9
Sepatu =  24-18 kesudahannya 6
Perhitungan MU pada Kombinasi 4
Tas = 24 -31 kesudahannya 7
Sepatu = 31-24 kesudahannya 7
Perhitungan MU pada Kombinasi 5
Tas 18-24 = 6
Sepatu = 40 – 31 kesudahannya 9
Perhitungan MU pada Kombinasi 6
Tas = 13- 18 hasinya 6=5
Sepatu = 50-40 hasinya 10
(Nilai MU dalam aturan gossen 2 bernilai mutlak artinya tidak ada nilai negatif )

Berdasarkan  data pada tabel dan kurva di atas, terlihat bahwa tiruana kebutuhan sanggup terpenuhi pada titik mana pun dan tingkat kepuasan yang didapat juga sama. Apabila digambarkan dalam kurva, maka kurva yang terbentuk ialah sebagai diberikut:

memahami perhitungan dan kurva aturan gossen  PENERAPAN HUKUM GOSSEN 2 DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Demikianlah pembahasan Penerapan Hukum Gossen 2 dalam kehidupan manusia, agar artikel yang disajikan dalam blog ekonomi kontekstual pada peluang ini sanggup membuat saudara memahami wacana aturan gossen 2. Apabila ada pertanyaan atau masukan silahkan tuliskan dalam kotak komentar dibawah ini.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Penerapan Aturan Gossen 2 Dalam Kehidupan Manusia"