Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Macam-Macam Dan Pola Gerak Dalam Fisika

Dalam acara kita sehari-hari, kita tidak pernah terlepas dari yang namanya gerak. Kita berangkat dan pulang sekolah dikatakan bergerak. Menulis, berjalan, berlari, bersepeda, olahraga dan acara lainnya tidak lepas dari gerak. Lalu apa yang dimaksud dengan gerak itu? Bilamanakah suatu benda dikatakan bergerak? Dan ada berapa jenis gerak dalam fisika? Untuk menjawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak baik-baik klarifikasi diberikut ini.

Pengertian Gerak
Gerak didefinisikan sebagai perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Titik pola ialah titik kawasan pengamatan. Untuk lebih memahami terkena titik pola perhatikan gambar ilustrasi diberikut ini.
Pada suatu hari sodik berangkat dari rumah menuju ke pasar untuk membeli buah-buahan. Jika kita tinjau gambar ilustrasi di atas, terdapat dua titik pola yaitu rumah sebagai titik pola 1 dan pasar sebagai titik pola 2. Jika kita memakai rumah sebagai titik acuan, maka sodik dikatakan bergerak menjauh dari titik pola sedangkan jikalau kita menganggap pasar sebagai titik pola maka sodik dikatakan bergerak mendekati titik acuan.

Macam-Macam Gerak
Di dalam ilmu fisika, jenis gerak ada beberapa macam ditinjau dari segi posisi partikel, titik pola dan bentuk lintasannya. Untuk lebih memahami macam-macam gerak, perhatikan skema diberikut ini.

Bagan Macam-Macam Gerak dalam Fisika
 kita tidak pernah terlepas dari yang namanya Pengertian, Macam-Macam dan misal Gerak dalam Fisika

Jenis Gerak Berdasarkan Posisi Partikel

Berdasarkan posisi tiap-tiap partikel atau titik dalam suatu benda, jenis gerak dibedakan menjadi 2, yaitu: 

#1 Gerak Translasi 
Gerak translasi yaitu gerakan yang berafiliasi dengan berpindahnya suatu benda dari satu kawasan ke kawasan yang lain, di mana setiap partikel atau titik dalam benda selama selang waktu yang tertentu menempuh jarak dan bentuk lintasan yang sama. Untuk lebih terang terkena gerak translasi perhatikan ilustrasi diberikut ini.

  kita tidak pernah terlepas dari yang namanya Pengertian, Macam-Macam dan misal Gerak dalam Fisika
Perhatikan gambar di atas, posisi partikel A, B dan C dari posisi awal ke posisi simpulan selama selang waktu tertentu menempuh jarak s yang sama dalam lintasan yang lurus. Untuk lintasan yang berbentuk garis lengkung perhatikan gambar diberikut.

  kita tidak pernah terlepas dari yang namanya Pengertian, Macam-Macam dan misal Gerak dalam Fisika
Ketiga posisi partikel dari posisi 1 ke posisi 2 dan seterusnya menempuh jarak dan bentuk lintasan yang sama. 

#2 Gerak Rotasi 
Gerak rotasi atau gerak putar yaitu gerakan suatu benda dimana setiap titik atau posisi partikel pada benda memiliki jarak yang tetap terhadap suatu sumbu tertentu. Untuk lebih terang terkena gerak rotasi perhatikan ilustrasi diberikut:

  kita tidak pernah terlepas dari yang namanya Pengertian, Macam-Macam dan misal Gerak dalam Fisika
Pada gambar ilustrasi di atas, posisi partikel A dan B di setiap lintasan putar selalu tetap terhadap sumbu putar yaitu sebesar rA dan rB.

Jenis Gerak Berdasarkan Titik Acuan
Berdasarkan titik acuannya, jenis gerak dibedakan menjadi 2, yaitu: 

#1 Gerak Semu 
Gerak tiruan yaitu gerak suatu benda yang sebetulnya membisu tetapi seperti tampak bergerak. Gerak tiruan ini biasanya terjadi apabila seorang pengamat berada pada kawasan yang bergerak dengan kecepatan tinggi. 

#2 Gerak Relatif 
Gerak relatif maksudnya yaitu suatu benda dikatakan bergerak apabila diamati dari titik pola tertentu, namun belum tentu bergerak jikalau diamati pada titik pola yang lain.

Jenis Gerak Berdasarkan Bentuk Lintasan
#1 Gerak Lurus 
Gerak lurus yaitu gerak suatu benda dengan lintasan berupa garis lurus. Berdasarkan besar kecepatannya linearnya, gerak lurus dibedakan menjadi 2, yaitu: 

A. Gerak Lurus Beraturan (GLB) 
Gerak lurus beraturan atau GLB yaitu gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan konstan (tetap). 

B. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) 
Gerak lurus berubah beraturan yaitu gerak suatu benda pada lintasan yang lurus dengan kecepatan yang berubah-ubah secara beraturan. GLBB menurut nilai percepatan dibedakan menjadi 2, yaitu: 

1) Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat 
GLBB dipercepat yaitu gerak benda pada lintasan yang lurus dengan percepatan yang selalu bertambah selama selang waktu tertentu.

2) Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat 
GLBB diperlambat yaitu gerak benda pada lintasan yang lurus dengan percepatan yang selalu berkurang selama selang waktu tertentu.

Sedangkan menurut aplikasi atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari, GLBB terdiri atas 3 macam, yaitu: 

1) Gerak Jatuh Bebas (GJB) 
Gerak jatuh bebas atau GJB yaitu gerak suatu benda dari ketinggian tertentu secara bebas lurus menuju sentra gravitasi bumi tanpa ada campur tangan gaya lain selain gaya gravitasi bumi. 

2) Gerak Vertikal ke Bawah (GVB) 
Pengertian gerak vertikal ke bawah atau GVB hampir sama dengan pengertian gerak jatuh bebas (GJB) bedanya yaitu kalau pada GJB tidak ada dampak gaya lain selain gaya gravitasi sedangkan pada GVB ada dampak atau campur tangan gaya lain, misalkan gaya lempar seseorang dan sebagainya. 

3) Gerak Vertikal ke Atas (GVA) 
Gerak vertikal ke atas yaitu gerak suatu benda ke arah atas lurus menjauhi sentra gravitasi bumi. Gerak GVA spesialuntuk sanggup terjadi dengan disengaja alias ada dampak gaya lain yang lebih besar dari gaya gravitasi bumi. 

#2 Gerak Parabola 
Gerak parabola yaitu gerak suatu benda yang membentuk lintasan parabola (setengah lingkaran). Menurut Galileo, gerak parabola sanggup terjadi alasannya hasil perpaduan antara gerak lurus beraturan pada sumbu horizontal dan gerak lurus berubah beraturan pada sumbu vertikal. 

#3 Gerak Melingkar 
Gerak Melingkar yaitu gerak suatu benda yang lintasannya berupa bulat mengelilingi suatu titik tetap (sumbu putar). Berdasarkan besar kecepatan sudutnya, gerak melingkar dibedakan menjadi 2 yaitu: 

A. Gerak Melingkar Beraturan (GMB) 
Gerak melingkar beraturan atau GMB yaitu gerak suatu benda yang lintasannya berupa bulat dengan kecepatan sudut tetap. 

B. Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) 
Gerak melingkar berubah beraturan atau GMBB yaitu gerak suatu benda yang lintasannya berupa bulat dengan kecepatan sudut tetap berubah-ubah secara beraturan. 

misal Gerak

No.
Jenis Gerak
misal Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari
1
Gerak Translasi
Gerakan penghapus saat dipakai untuk memmembersihkankan papan tulis
2
Gerak Rotasi
Gerakan CD dalam alat CD Player
3
Gerak Semu
Gerakan matahari yang seperti mengelilingi bumi padahal sebaliknya
4
Gerak Relatif
Misalnya seseorang yang sedang naik kereta api. Orang tersebut dikatakan bergerak apabila titik acuannya yaitu stasiun tetapi dikatakan membisu apabila acuannya yaitu kereta api.
5
Gerak Lurus
Seorang pemain bola basket yang melakukan Chest Pass bola kepada rekannya.
6
Gerak Parabola
Seorang pemain bola basket yang melaksanakan tembakan 3 point ke arah keranjang bola.
7
Gerak Melingkar
Gerakan jarum jam analog
8
Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Seseorang yang mengendarai sepeda motor pada jalan raya yang lurus dengan kecepatan tetap.
9
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Seseorang yang mengendarai sepeda motor pada jalan raya yang lurus kemudian ia menambah dan mengurangi kecepatannya secara berkala
10
Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
Putaran roda sepeda motor pada contoh nomor 8
11
Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
Putaran roda sepeda motor pada contoh nomor 9
12
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat
Seseorang yang sedang mengendarai sepeda di jalan turunan lurus tanpa pengereman
13
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat
Seseorang yang sedang mengendarai sepeda di jalan tanjakan lurus
14
Gerak Jatuh Bebas (GJB)
Buah kelapa jatuh dari pohonnya
15
Gerak Vertikal ke Bawah (GVB)
Seseorang yang melemparkan suatu benda dari atap gedung secara lurus ke bawah
16
Gerak Vertikal ke Atas (GVA)
Seseorang yang melemparkan suatu benda ke atas secara lurus

Demikianlah artikel tentang pengertian gerak, macam-macam gerak dan contoh gerak secara fisika dalam kehidupan sehari-hari. Semoga sanggup bermanfaa untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan hingga jumpa di artikel diberikutnya.

Sumber https://www.fisikabc.com/

Post a Comment for "Pengertian, Macam-Macam Dan Pola Gerak Dalam Fisika"