Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Latihan Analisis Dan Perhitungan Aturan Gossen 1

Dalam pembahasan sebelumnya  sudah dipaparkan wacana analisis suara aturan gossen 1, untuk memperdalam pemahaman wacana aturan gossen 1 maka dalam pembahasan ini akan dipaparkan perihal  penerapan wacana aturan gossen 1 dalam kehidupan insan sehari-hari, yang dikemas dalam bentuk soal dan pembahasannya, sehingga penulis memdiberi artikel ini judul Soal tes analisis dan perhitungan aturan gossen 1.


Hukum gossen 1 sebagaimana sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, pada  pada dasarnya berbunyi bahwa Jika  insan melaksanakan pemenuhan suatu kebutuhan tertentu secara  terus menerus maka tingkat kenikmatannya semakin usang semakin menurun hingga terjadi kebosanan atau titik jenuh (tingkat kenikmatan nol).  Berdasarkan suara aturan gossen 1 maka sanggup disimpulkan bahwa kalau insan melaksanakan konsumsi suatu barang atau jasa secara terus-menerus maka tingkat kenikmatan dari barang atau jasa tersebut akan mengalami penurunan, untuk lebih gampangnya pahami baik-baik ilustrasi diberikut ini :

Pada hari ahad pagi ilham  melaksanakan acara lari pagi, ilham  lari pagi menelusuri tempat diperkampungannya mulai pukul 06.00 wib hingga dengan pukul 08.000 wib. Pada ketika akan mulai lari pagi ide belum makan pagi (sarapan) sehingga setelah akhir lari pagi terasa sangat lapar. Sesudah hingga dirumah ide eksklusif pergi ke dapur segera mengambil satu mangkuk bubur ayam yang sudah dihidangkan ibunya dimeja makan. Karena rasa lapar yang sangat besar maka ide memutuskan untuk mengambil satu mangkuk bubur ayam kembali, setelah habis mangkuk yang kedua ternyata rasa lapar masih dirasakan ide hingga ahirnya ide menghabiskan 5 mangkuk bubur ayam. Ketika makan bubur ayam mangkuk yang pertama tingkat kepuasan total yang dirasakan ide sebesar 30 util, mangkuk kedua naik menjadi 45 util, mangkuk ketiga naik menjadi 55 util, namun pada mangkuk yang ke empat tingkat kenikmatan mulai berkurang yaitu sebesar 50 util, mangkuk ke lima 40 util.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, buatlah perhitungan Marginal utility (MU) dan gambarlah kurva aturan gossen 1 yang sesuai dengan ilustrasi tersebut!


PEMBAHASAN:
Untuk mempergampang dalam mengetahui nilai Marginal utility (MU)  maka langkah pertama yaitu dengan membuat tabel menurut ilustrasi di atas.
Tabel yang dpat dibentuk yaitu sebagai diberikut:

 untuk memperdalam pemahaman wacana aturan gossen  SOAL LATIHAN ANALISIS DAN PERHITUNGAN HUKUM GOSSEN 1

Nilai marginall utility sanggup dihitung dengan rumus MU = TU (n) – TU (n-1) secara teknis perhitungannya yaitu sebagai diberikut:
MU bubur ayam mangkuk pertama = 30 – 0 yaitu sebesar 30
MU bubur ayam mangkuk kedua = 45-30 yaitu sebesar 15
MU bubur ayam mangkuk ketiga = 55-45 yaitu sebesar 10
MU bubur ayam mangkuk keempat = 50-55 yaitu sebesar -5
MU bubur ayam mangkuk ke lima = 40-50 yaitu sebesar -10

Berdasarkan Nilai MU yang sudah dihitung maka terlihat nilai MU paling tinggi ada pada ketika ide makan bubur ayam mangkuk yang pertama dan nilai MU terkecil ada ketika ide makan bubur ayam pada mangkuk kelima, Hal ini berarti ketika makan bubur ayam pada mangkuk yang pertama tingkat kepuasan ide sangat tinggi alasannya pada ketika makan bubur ayam mangkuk pertama ide sangat lapar sedangkat pada ketika makan bubur ayam mangkuk kelima ide sudah kenyang sehingga bubur ayam yang dimakan tingkat kenikmatannya kecil. Sesudah diketahui Nilai MU maka baik kurva TU maupun Kurva MU sanggup digambarkan sebagai diberikut:


Dalam Kurva TU terlihat bahwa pada awalnya kurva membuktikan adanya peningkatan kepuasan total hingga pada titik puncaknya yaitu 55 util, setelah mencapai klimaks maka kurva TU bergerak menurun yang berarti terjadi penurunan tingkat kepuasan atau kenikmatan makan bubur ayam. Sedangkan kurva MU memiliki nilai tertinggi pada ketika makan bubur ayam mangkuk pertama setelah itu terjadi penurunan tingkat kepuasan tanggapan penambahan konsumsi bubur ayam, jadi semakin bubur ayamnya ditambah maka tingkat kepuasan yang didapat semakin berkurang.

Demikianlah pemaparan terkait teladan perhitungan dan analisis kurva aturan gossen 1 yang biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari insan sebagai konsumen, biar artikel ini sanggup bermanfaa bagi saudara. Salam sukses bagi saudara, silahkan baca artikel lainya dalam blog ekonomi kontekstual

Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Soal Latihan Analisis Dan Perhitungan Aturan Gossen 1"