Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Jenis Binatang Dan Flora Yag Hampir Punah?

Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah
1. Komodo
Komodo ialah reptil tertua yang pernah ada. Tubuhnya mirip biawak tetapi ukurannya lebih besar Komodo hidup di Pulau Komodo. Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur. Agar kelestariannya terjaga, komodo harus dijaga dari ancaman
yang mengganggunya.

2. Cendrawasih
Burung cenderawasih ialah binatang khas Papua. Burung ini mempunyai bulu dan bunyi yang indah. Bulunya berwarna-warni terutama pada belahan ujungnya yang panjang. Sekitar 30 jenis cendrawasih terdapat di Indonesia. Sebagian besar, yaitu sebanyak 28 jenis ditemukan di Papua. Sayang, jumlahnya dari tahun ke tahun semakin berkurang. Untuk menyelamatkannya dari kepunahan, pemerintah Indonesia menetapkan cendrawasih sebagai binatang yang dilindungi.

3. Badak Jawa
Badak Jawa ialah rino bercula satu. Badak ini dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon. Badak Jawa yang tersisa terancam punah oleh perburuan. Badak diburu untuk diambil culanya. Cula rino mempunyai nilai seni yang tinggi. Selain itu, kepercayaan cula rino sebagai obat tradisional juga memicu perburuan badak.

4. Orang utan
Pernahkah engkau melihat orang utan? Orang utan termasuk binatang yang dilindungi. Orang utan dilindungi di Taman Nasional Gunung Leuser, Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Pusat rehabilitasi orang utan Bohorok ialah salah satu pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Pusat rehabilitasi ini bertujuan untuk meliarkan orang utan yang tertangkap sekaligus melestarikannya.

5.Elang Bondol
Elang Bondol termasuk binatang yang dilindungi. Elang Bondol ialah jenis burung laut. Burung ini mempunyai paruh yang bengkok, runcing, dan sangat kokoh
mempunyai penglihatan yang tajam. Tempat pertolongan Elang bondol terdapat di Cagar alam Pulau Rambut. Cagar alam ini terletak di deretan Kepulauan Seribu.

6. Jalak Bali
Jalak Bali ialah burung yang dikenal sebab keindahan bulu dan suaranya. Burung ini banyak ditangkap untuk dijadikan binatang peliharaan. Akibatnya, keberadaan Jalak Bali di alam bebas semakin langkat. Pembukaan hutan juga mengakibatkan Jalak Bali kehilangan habitatnya. Oleh sebab itu, Jalak Bali harus dilindungi semoga tidak punah.

7. Buaya
Buaya termasuk binatang yang dilindungi sebab semakin langka. Hewan ini banyak diburu untuk diambil kulitnya. Kulit buaya sangat cantik untuk dijadikan tas, ikat pinggang, sepatu, maupun asesoris lainnya. Untuk melestarikannya, di Papua didirikan kawasan penangkaran buaya

8. Gajah
Tentu engkau sudah tidak abnormal lagi dengan binatang berjulukan gajah. Gajah diburu untuk diambil gadingnya. Gading gajah ini harganya mahal. Saat ini, keberadaan binatang ini cukup langka. Untuk menyelamatkannya dari kepunahan, pemerintah menetapkan gajah sebagai binatang yang dilindungi.

9. Bunga Rafflesia
Bunga Rafflesia dikenal juga dengan sebutan bunga bangkai. Bunga ini mengeluarkan amis kedaluwarsa menyengat. Bau kedaluwarsa yang dikeluarkannya akan menarikdanunik serangga untuk hadir. Serangga yang terperangkap lalu menjadi makanannya. Bunga Rafflesia tumbuh menumpang pada tumbuhan lain.

10. Pohon Eboni
Pohon eboni tumbuh di pedalaman hutan Indonesia, terutama di Pulau Sulawesi. Pohon eboni ini ialah tumbuhan keras yang berwarna hitam. Tingginya mencapai 7–10 meter. Warna kayunya yang hitam banyak dimanfaatkan untuk ukiran, hiasan, dan patung-patung kayu. Saat ini, jumlahnya semakin berkurang. Oleh sebab itu, tumbuhan ini perlu dilindungi. Selain itu, masih banyak tumbuhan lain yang perlu dilindungi, di antaranya pohon jati, cendana, anggrek hitam, dan lain-lain.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Jenis Binatang Dan Flora Yag Hampir Punah?"